Rekomendasi Masjid Dengan Arsitektur Unik di Indonesia, Cocok untuk Wisata Religi

Daftar Isi [Tampil]

Menjadi negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, maka tak heran jika kita sering menemui bangunan masjid kemanapun kita pergi. Fungsi utama masjid adalah sebagai tempat beribadah umat muslim sekaligus sebagai pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al-Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.

Pada umumnya, konsep desain masjid adalah sebuah bangunan dengan satu ruang besar dan sebuah ruang kecil di arah kiblat sebagai tampat pengimaman salat. Seiring berjalannya waktu, desain masjid kian beragam, unik, serta menyesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Dengan bentuk bangunan yang lebih menarik, tak jarang masjid menjadi tujuan wisata religi bagi sebagian orang.

Nah di bawah ini terdapat rekomendasi masjid dengan desain yang ciamik, cocok untuk wisata religi bersama keluarga.

Masjid An-Nurumi, Yogyakarta

https://ksmtour.com/media/images/articles17/masjid-permen-yogyakarta.jpg
Gambar dari KSMTOUR

Sering bepergian melalui Jalan Raya Jogja - Solo? Kalau ya, pasti tidak asing dengan bangunan masjid berkubah warna-warni di pinggir jalan ini. Masjid An-Nurumi, atau beberapa orang menyebutnya masjid Kremlin, terletak di Jalan Solo Km 15, Candisari, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Bangunan yang corak atasnya cerah layaknya permen ini memang terlalu mencolok untuk tidak di perhatikan. Arsitektur atas masjid menyerupai bangunan khas Rusia. Ukurannya tidak terlalu besar, namun sering dijadikan tempat beristirahat oleh para pelawat.

Masjid Agung Tuban, Jawa Timur

https://qoobah.co.id/wp-content/uploads/2018/11/0hjQwQ7TQpNX5KKBovCMBKKXB-NhF5RCZ9Lh5kYBpGa0pvGnUtIR0tS2Z6a0xuG3IgJB15EWYtLk9gHnEucR4t.jpg
Gambar via Qoobah

Dilihat dari kejauhan, masjid ini seperti istana yang megah dalam negeri dongeng 1001 malam. Bangunan ini terdiri dari 2 bagian, yakni serambi dan ruang salat utama. Sekilas masjid ini terlihat seperti Masjid Raya Baiturrahman di Aceh.

Tak jauh dari masjid, terdapat sebuah makam milik salah satu Wali Sanga, yakni makam Sunan Bonang. Para pengunjung makam sering mampir ke masjid usai berziarah. Namun di masa pandemi ini, pemerintah setempat memberlakukan protokol kesehatan yang ketat untuk mengurangi laju penularan virus Corona.

Masjid As-Safinatun Najah, Semarang

https://i.ytimg.com/vi/IKaeDEANQOg/maxresdefault.jpg
Gambar via Youtube

Kesan pertama masjid ini mengingatkan kita akan cerita Nabi Nuh AS dan bahteranya. Berbentuk seperti kapal, masjid ini memiliki 3 lantai di dalamnya. Lantai pertama digunakan sebagai aula, toilet, dan tempat wudu. Jamaah dapat melaksanankan salat di lantai 2 masjid. Sedangkan lantai 3 difungsikan sebagai perpustakaan. Berjarak 45 menit dari pusat kota Semarang, para wisatawan sering kali mengunjungi masjid ini untuk berwisata religi.

Masjid Raya Sumatera Barat, Padang

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/6d/Mesjid_Raya_Sumatra_Barat.jpg
Sumber gambar : Wikipedia

Masjid ini dibangun pada tahun 2005 dan selesai pada 2019, dua tahun lalu. Arsitektur bangunan, terutama atap terinspirasi dari bentuk bentangan kain ketika empat kabilah suku Quraisy di Mekkah berbagi kehormatan memindahkan batu Hajar Aswad. Bentuk ujung atap yang lancip tersebut juga mempresentaikan bentuk rumah adat suku Minang, rumah gadang. Menelan biaya sekira Rp 330 miliar, Masjid Raya ini kini menjadi ikon atau landmark provinsi Sumatera Barat

Masjid Tiban, Malang

https://portalmadura.com/wp-content/uploads/2021/04/4-Fakta-Masjid-Tiban-Malang-yang-Jarang-Diketahui.jpg
Masjid Tiban via Portal Madura

Unik dan bernilai seni tinggi. Setidaknya itulah yang terlintas di kepala saat mengunjungi Masjid Tiban di Malang. Dengan dinding yang dihiasi keramik biru, konon katanya masjid ini dibangun tanpa pengarahan dari arsitek loh. Berdiri megah dan anggun, masjid ini memiliki total 10 lantai. Lantai pertama digunakan sebagai ruang salat dan aktifitas keagaman lainnya. Sedangkan lainnya berfungsi sebagai dapur, tempat tinggal pengurus masjid dan para santri, kios milik santri, dan bahkan kebun binatang mini. Maka tak heran kalau masjid Tiban ini sering menjadi destinasi wisata religi para pelancong.

Masjid Amirul Mukminin, Makassar

https://i.ytimg.com/vi/GUtykZCjc80/maxresdefault.jpg
Masjid Apung via Okezone

Masjid Amirul Mukminin dibangun di atas permukaan laut, menjadikannya masjid apung pertama di Indonesia. Masjid ini berada di dekat pantai Losari di kota Daeng. Diresmikan oleh mantan wakil presiden Jusuf Kalla, wisatawan yang berkunjung ke pantai sering kali mampir ke masjid ini untuk beribadah atau sekadar beristirahat. Penopang masjid ini berupa beton yang didorong ke dasar laut. Barulah di atasnya dibangun masjid yang dikonsep menyerupai rumah panggung.

Jika berkunjung ke masjid apung ini, waktu terbaiknya adalah di sore hari menjelang malam. Pemandangan matahari terbenam dari masjid akan menjadi salah satu kenangan yang tak terlupakan seumur hidup.