√ Tips Menyenangkan Buat Upgrade Kemampuan Bahasa Inggris ke Level yang Lebih Tinggi - Kang Yusuf
Salis Nur
Salis Nur Hi, I'm Salis. I have interest on crochetting and postcrossing. I crochet many things, bags, clothes, hats, and many more.

Tips Menyenangkan Buat Upgrade Kemampuan Bahasa Inggris ke Level yang Lebih Tinggi

Daftar Isi [Tampil]

    Bahasa Inggris itu gampang-gampang susah. Kelihatannya gampang dipelajari, tapi begitu dipraktekkan susahnya ampun-ampunan. Apalagi kalau belajarnya cuma sendiri alias nggak ada teman. Wah, makin-makin deh itu susahnya. Mimpi buat sekadar nonton serial berbahasa Inggris kesukaan tanpa teks terjemahan jadi tinggal angan saja.

    Bahasa Inggris memang menjadi ketakutan tersendiri bagi sebagian besar orang Indonesia. Deretan tenses, aturan kata kerja, dan grammar yang rumitnya melebihi status hubungan kamu gulungan benang ruwet bikin semangat patah duluan sebelum memulai. Tapi eh tapi, ada loh cara-cara gampang sekaligus menyenangkan buat belajar bahasa internasional ini. apa saja itu? Simak artikel ini sampai bawah ya.

    Bisa karena biasa

    Pikiran, Otak, Pola Pikir, Persepsi, Intelijen

    Pernah dengar ungkapan ala pesantren yang mengatakan ‘al-biyasa u minal kulina’? Ungkapan tersebut sebenarnya berasal dari pepatah Jawa yang berbunyi ‘jalaran bisa saka kulina’. Tapi kita tidak akan membahas lebih jauh mengenai asal usul pepatah tersebut, melainkan maknanya yang tidak lain dan tidak bukan : bisa karena terbiasa.

    Biasakanlah dirimu dengan bahasa Inggris. Mulai dari hal-hal kecil seperti mengganti pengaturan bahasa di ponsel, memenuhi playlist pemutar musik dengan lagu-lagu bahasa Inggris, atau sekedar follow artis-artis Hollywood di sosial media. Kesannya sepele memang. Tapi dengan langkah-langkah yang sepele tersebut, akan membiasakan kita terhadap bahasa yang ingin dipelajari.

    Subtitle bahasa Inggris


    Netflix, Peliculas, Youtube, Digital, Video, Film

    Suka menonton film? Atau serial televisi yang tayang di Netflix? Bagus. Dengan begitu kamu menjadi satu tingkat lebih dekat dengan bahasa Inggris. Tayangan-tayangan berbahasa Inggris yang kamu konsumsi, secara tidak langsung bisa mengajarimu lebih fasih dalam hal listening.  

    Nah, biar tingkatannya lebih naik lagi, ganti subtitle bahasa Indonesia menjadi subtitle bahasa Inggris. Kamu akan menambah kosakata baru sekaligus belajar cara pelafalan ketika menonton tayangan favorit.

    Film atau serial dengan genre khusus seperti aksi atau kriminal mungkin akan menyulitkanmu. Supaya mudah, tontonlah film-film animasi yang ceritanya dekat dengan kehidupan sehari-hari. tidak hanya itu, karena ditujukan untuk anak-anak, bahasa yang digunakan pun ringan dan gampang diingat.

    Bahasa Inggris untuk anak-anak

    Anak Laki Laki, Anak Anak, Bahagia, Duduk

    Baiklah, penulis tahu benar bahwa kamu yang sedang membaca artikel ini bukan lagi anak-anak. Usiamu mungkin sudah cukup dewasa. Tapi ketika sampai pada poin ini, kamu mungkin bertanya, kenapa harus bahasa Inggris untuk anak-anak? Jawabannya adalah : karena kamu pemula, beginner. An absolute beginner alias pemula banget.

    Bahasa ibu orang Indonesia adalah sesuai daerahnya masing-masing. Seiring waktu, kita menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Lalu ujug-ujug pengen pintar ngomong pakai bahasa Inggris? Ohoho tidak semudah itu Ferguso. Kamu harus mempelajari struktur kalimat, perbendaharaan kata, bentuk waktu, grammar, beserta printilan-printilannya.

    Banyak banget, susah!

    Nah maka dari itu gunanya bahasa Inggris untuk anak-anak. Kamu akan belajar seperti bayi yang diajari bicara sama ibunya. Kalimat-kalimat sederhana, ungkapan-ungkapan umum dalam sehari-hari, dan hal-hal dasar lainnya yang mudah diingat.

    Meniru atau shadowing

    Domba, Mengembik, Komunikasi, Berkomunikasi, Berbicara

    Kamu sudah pintar struktur kalimat, paham aturan-aturan dasar berbahasa Inggris, mulai mengenal bentuk waktu, sayangnya masih belepotan ketika disuruh bicara. Percuma dong belajarnya selama ini kalau nggak bisa ngomong pakai bahasa Inggris.

    Eits, nggak gitu caranya kalau mau lancar. Satu langkah belajar biar bahasa Inggrismu makin up levelnya, kamu harus meniru cara bicara. Ini penting supaya bibir dan lidahmu terbiasa. Selain itu, meniru cara bicara ini juga wajib banget dilakukan biar pelafalanmu makin oke.

    Di Youtube, ada banyak video maupun podcast yang bisa membantumu berlatih speaking. Untuk berlatih, pertama-tama kamu dengarkan terlebih dahulu media yang kamu gunakan, pause video atau podcast, lalu kamu tirukan. Begitu sampai kamu merasa nyaman dengan cara pengucapanmu sendiri.

    Konsisten

    Buku Catatan, Tempat Kerja, Meja Tulis, Iphone

    Ini adalah hal tersulit dari semua hal yang bisa kamu lakukan biar cas cis cus ngomong pakai bahasa Inggris, yakni konsisten belajar. Kenapa sulit? Karena kamu belajarnya otodidak, nggak ada teman, nggak ada guru. Nggak bakal ada yang ngingetin kamu buat belajar setiap hari selain dirimu sendiri. Luangkan waktu khusus untuk belajar setiap hari. Nggak perlu banyak-banyak, cukup setengah sampai satu jam cukup. Tapi harus disiplin.

    Tips supaya belajarmu nggak berhenti di tengah jalan, beri hadiah pada dirimu sendiri setelah menyelesaikan satu periode belajar. Misalnya, kamu akan belajar selama tiga bulan. agar tidah patah semangat, seminggu sekali kamu membeli barang tertentu yang kamu inginkan sebagai reward. Kalau kamu melewatkan satu hari tidak belajar, kamu harus menahan diri untuk menunda membeli barang tersebut.

    Nah, kamu punya tips apa dalam belajar bahasa Inggris? Jangan sungkan buat share di kolom komentar ya. Selamat belajar!

     

    Salis Nur
    Salis Nur   Hi, I'm Salis. I have interest on crochetting and postcrossing. I crochet many things, bags, clothes, hats, and many more.
    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Hosting Indonesia DomaiNesia