Santapan Bergizi Paling Mudah Dibuat Untuk Kamu yang Mageran

Generasi milenial zaman sekarang identik dengan gawai, kasur, dan rebahan. Kebanyakan dari mereka senang melakukan aktivitasnya di atas kasur. Mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur lagi, kegiatan-kegiatan yang tidak perlu mobilitas rasa-rasanya lebih nyaman diselesaikan di kasur tersayang. Terlebih, ada anjuran pemerintah agar tetap di rumah demi mengurangi tingkat penularan virus Corona di masa pandemi. Tanpa pandemi saja badan sudah amat lengket dengan kasur, tambah lagi ada wabah virus Covid-19. Ibarat kata, kini kasurku adalah duniaku~~

Tapi meskipun sebagian besar aktivitas harianmu di kasur, kamu tetap harus makan makanan dengan gizi yang cukup agar kesehatan badanmu tetap terjaga. Lagipula, mengolah bahan makanan bergizi nggak sulit kok. Cuma perlu waktu 10 sampai 15 menit, hidangan sehat sudah tersedia. Nggak percaya? Coba baca artikel ini sampai bawah ya.

Sereal dan susu

Sereal, Piala, Muesli, Mug, Secangkir Muesli, Gandum

Kebangetan namanya kalau sampai kamu nggak bisa bikin hidangan satu ini. Sereal dan susu merupakan makanan terpraktis dibuat namun tetap bergizi untuk dimakan. Sereal umumnya diproduksi dari gandum dan jagung. Dengan beragam rasa yang bisa kamu pilih sesuka hati, sereal menyediakan kalori dalam jumlah yang tidak berlebihan sebagai sumber energi. Penyajiannya pun nggak sulit. Tinggal tuangkan susu atau yogurt, dan voila, makananmu sudah siap untuk disantap. Sst, sereal juga menu yang tepat buat kamu yang sedang menjalani program diet loh.

Olahan telur

Roti, Ham, Max Ketat, Telur, Goreng, Kuning Telur

Telur merupakan produk hewani yang dapat dikonsumsi selain daging dan susu. Kandungan nutrisinya lumayan lengkap. Sebut saja vitamin A, D, B6, dan B12, beberapa mineral, serta sejumlah lemak. Cara pengolahannya juga tergolong mudah. Tinggal disesuaikan saja sama seleramu. Telur bisa diolah menjadi hidangan telur mata sapi, telur orak arik (scrambled egg), telur rebus, atau telur dadar (omelet). Selain mudah, telur juga nggak perlu waktu lama untuk dimasak. Selesai masak, makan, lanjut rebahan lagi deh.

Roti tawar

Roti Bakar, Makan, Sarapan, Roti Tawar, Makanan, Roti

Roti tawar biasanya terbuat dari tepung gandum atau tepung terigu, karena itu kandungan karbohidratnya lumayan tinggi. Dua buah roti tawar cukup memberimu tenaga untuk rebahan dari pagi sampai siang. Buat kamu yang doyan, roti tawar dapat dimakan begitu saja tanpa pengolahan lebih lanjut. Tapi kalau nggak mau rasanya hambar, sedikit usaha di dapur bisa menambah cita rasa roti tawarmu. Oleskan saja mentega atau margarin lalu panggang dengan api kecil di atas wajan anti lengket. Taraa~~ roti panggang kilat siap dihidangkan. Mau lebih praktis lagi? Oleskan saja selai kesukaanmu. Nggak perlu repot pakai kompor sama wajan segala.

Aneka macam buah

Jeruk Keprok, Jeruk, Buah, Kitab-Kitab Clementine

Jika kamu terlalu malas untuk mengolah apapun untuk dimakan, buah bisa menjadi alternatif yang menyenangkan. Rasanya yang enak sangat pas apabila dijadikan camilan. Kalori yang terkandung dalam buah tidak terlalu banyak sehingga cocok untuk kamu yang sedang diet. Selain itu, rasa manis pada buah tidak akan menimbulkan diabetes sehingga cenderung aman untuk dikonsumsi. Buah mengandung berbagai macam vitamin, mineral, lemak, karbohidrat, serat, serta protein yang sangat penting untuk mendukung metabolisme tubuh. Kamu bisa menyantap beberapa jenis buah secara langsung seperti apel dan jambu. Beberapa yang lain hanya perlu dikupas sebelum dimakan. Jeruk, pisang, dan salak adalah sebagian kecil contohnya. Sementara yang lain tinggal dikupas dan diiris agar lebih mudah dikonsumsi seperti pepaya dan melon.

Pecel sayur

Atas Tampilan, Kemangi, Tumbuhan, Mangkuk, Closeup

Kalau jenis makanan di atas masih dirasa terlalu praktis, kamu bisa coba menu yang satu ini : pecel sayur. Pecel sayur adalah olahan berupa rebusan dari beberapa jenis sayuran yang disajikan dengan sambal kacang dan gula jawa. Sambal untuk pecel biasanya sudah dijual dalam bentuk padat, tinggal diseduh dengan air panas supaya cair. Untuk sayurnya, kamu bisa merebus kacang panjang, bayam, sawi putih, brokoli, atau sayur-sayuran yang lain. Pilih saja jenis sayur yang kamu sukai. Setelah sayuran selesai direbus, tiriskan airnya lalu campurkan dengan seduhan sambal pecel. Waktu pengolahannya juga sebentar, paling lama lima belas menit, jauh lebih pendek dibandingkan dengan panjang waktu rebahanmu di kasur.

Bagaimana? Cukup mudah dan simpel bukan? Menghabiskan waktu sepanjang hari di kasur sambil main gawai memang menyenangkan. Tapi bukan berarti kamu lantas mengabaikan kebutuhan tubuhmu seenaknya dan makan sembarangan. Jaga dan rawat badanmu dengan makanan bergizi seimbang, serta imbangi dengan olahraga minimal setengah jam setiap hari. Dengan begitu, kamu dapat hidup sehat sampai tua. Sampai jumpa di tulisan berikutnya ya.