Jangan Tunggu Sampai Kerutan Muncul, Rawat Kulitmu Mulai Sekarang Agar Senantiasa Sehat dan Awet Muda

Pada umumnya, orang yang telah memasuki usia tiga puluh tahun perlahan-lahan akan mengalami penuaan pada tubuhnya. Penuaan merupakan proses alami yang terjadi secara bertahap sebagai akibat dari metabolisme yang menurun. Seiring umurmu bertambah, kamu mungkin akan mulai membutuhkan kacamata baca, mudah lelah, dan rentan terhadap beberapa penyakit. Namun, yang paling mudah dilihat dari penuaan adalah kulit. Kulitmu akan memunculkan kerutan-kerutan serta kehilangan elastisitasnya.

Apakah penuaan dapat dicegah? Sayangnya tidak. Hingga detik ini tidak ada teknologi atau obat yang bisa menghentikan penuaan. Kabar baiknya, penuaan dapat diperlambat dengan melakukan sejumlah kiat. Tapi yang perlu diingat, diperlukan komitmen jangka panjang dan konsistensi dalam menerapkan kebiasaan-kebiasaan di bawah ini agar kulit terlihat awet muda secara alami. Apa saja itu?

Gunakan pelembab untuk kulit

Krim, Lotion, Tangan, Tabir Surya, Spa, Kulit

Kulit yang kering akan mempercepat timbulnya garis-garis kerutan terutama di sekitar mata. Adanya pelembab dapat mempertahankan keberadaan minyak alami kulit serta membuat kulit tetap terhidrasi. Gunakan pelembab yang sesuai dengan tipe kulitmu sehabis mandi dan setelah mencuci tangan.

Aplikasikan tabir surya

Tabir Surya, Perawatan Kulit, Perlindungan, Lotion

Tabir surya dapat menjadi perisai yang ampuh untukmu saat harus beraktivitas di luar ruangan. Aplikasikan pada kulit setiap dua jam sekali. Kamu harus menggunakan paling tidak tabir surya dengan kandungan SPF 15 atau lebih.

Hindari paparan sinar matahari berlebih

Payung Penahan Matahari, Perlindungan Matahari

Sinar matahari yang terik dapat menembus kulit sampai ke lapisan epidermis. Ini menyebabkan kulit mengalami sunburn, hiperpigmentasi, dan penuaan dini lebih cepat dari yang kamu bayangkan. Gunakan topi lebar atau payung serta pakaian lengan panjang untuk melindungimu dari jahatnya sinar ultraviolet.

Makan makanan bergizi

Sayur Sayuran, Wortel, Makanan, Sehat, Diet, Hijau

Perawatan dari dalam adalah koentji. Jaga asupan nutrisimu dengan pola makan gizi cukup dan seimbang. Kurang-kurangi makanan yang banyak mengandung gula, gorengan, dan junk food. Sebagai gantinya, mulailah perbanyak konsumsi buah dan sayur, daging merah, ikan laut, serta produk makanan bergizi lainnya. Makanan tersebut tidak hanya membuat kulitmu awet muda, tapi juga menyehatkan tubuhmu secara keseluruhan.

Olahraga teratur

Jogging, Kebugaran, Pelari, Gerakan, Cocok, Menjalankan

Jarang berolahraga bikin kadar gula dalam badanmu cenderung tinggi. Kadar gula darah yang tinggi menimbulkan banyak masalah kesehatan. Salah satunya, gula dapat merusak kolagen yang terdapat pada kulit. Fungsi utama kolagen adalah menjaga elastisitas kulit agar tetap kenyal dan kencang.  Kebayang dong kalau kolagennya rusak, bakal seperti apa rupa kulitmu? Nah, kalau tidak ingin wajahmu seperti zombie karena aging, sebaiknya bangun kebiasaan olahraga minimal 30 menit sehari mulai dari sekarang.

Tidur cukup

Bayi, Gadis, Tidur, Anak, Balita, Potret, Manis, Putri

Masalah utama yang langsung terasa kalau kamu kurang tidur adalah kulit pucat dan mata bengkak. Kalau dibiarkan terus menerus, lama kelamaan bakal timbul lingkaran hitam di bawah mata yang nggak mudah dihilangkan, kulit kusam, dan keriput. Nggak mau kan disangka udah tua padahal umur masih muda? Maka dari itu penuhi kebutuhan tidurmu. Kebutuhan tidur tiap orang berbeda-beda. Namun rata-rata orang dewasa memerlukan tidur berkualitas selama 7 sampai 8 jam setiap harinya.

Berhenti merokok

Kamar Non-Perokok, Berhenti Merokok, Homo, Asap Rokok

Orang yang merokok mengalami penuaan dini lebih cepat dibandingkan yang tidak. Zat-zat beracun pada rokok dapat menghambat aliran darah ke wajah. Garis-garis kerutan akan semakin terlihat jelas. Tak hanya itu, rokok juga menimbulkan berbagai macam penyakit mematikan yang sulit disembuhkan. Maka tidak heran kalau perokok tidak hanya terliihat lebih tua dari usianya, tapi juga lebih cepat ajalnya.

Mengelola stres

 Stres, Kelelahan, Pria, Orang, Tanggal, Memancing

Stres yang tidak terkelola dengan baik dapat menyebabkan proses peradangan tanpa disadari. Stres juga disebut-sebut sebagai biang kerok dari penyakit kardiovaskular (penyakit yang berhubungan dengan jantung). Kalau kamu sering merasa stres, cobalah untuk melakukan sesi relaksasi.

Sejatinya, penuaan merupakan proses alami yang tidak dapat dihindari. Penuaan tidak hanya terjadi pada kulit, melainkan di seluruh bagian tubuh, bahkan otak sekalipun. Kiat-kiat di atas merupakan usaha agar kamu dapat tetap sehat dan aktif dalam waktu yang lebih lama. Mulailah lakukan kebiasaan-kebiasaan baik sebagai bagian dari bentuk investasi kesehatan. Hei, investasi tidak melulu soal bisnis, bukan?

Kamu punya tips lain seputar mencegah penuaan dini? Jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar ya.