Cara Bisnis Usaha Frozen Food di GoFood/ GoBiz


Yuk cari tahu bagaimana cara bisnis usaha frozen food di gojek yaitu GoFood/ GoBiz. Cara jualan frozen food di Gojek/Gobiz. Perlu Anda ketahui bahwa bisnis frozen food saat ini sedang booming dan dibutuhkan banyak orang.

Sebab jenis usaha makanan beku atau frozen food ini terbilang menjanjikan dan tahan lama. Setiap orang membutuhkan makanan sehat dan bergizi. Pada umumnya makanan beku frozen food ini memiliki kandungan makanan yang baik untuk di konsumsi bagi banyak orang.

Bisnis usaha frozen food ini sedang banyak dicari dan diminati oleh orang banyak, terutama ibu-ibu atau wanita karier. Selain sebagai konsumsi keluarga, usaha frozen food bisa dijadikannya sebagai penghasilan tambahan yang menjanjikan.

Karena usaha frozen food atau makanan beku ini bersifat awet atau tahan lama. Sehingga dapat disimpan kedalam freezer atau lemari pendingin lebih dari 1-2 bulan. Dan juga varian dari usaha frozen food ini cukup banyak dan beraneka ragam, sehingga banyak peminatnya terutama anak-anak sekolahan.

Frozen Foods

Mengenai lebih detail apa itu frozen food. Frozen Foods diartikan kedalam bahasa Indonesia sebagai Makanan Beku. Frozen Food atau makanan beku adalah makanan yang dibekukan dengan tujuan untuk mengawetkan makanan hingga siap dimakan.

Sejak zaman dahulu, petani, nelayan, dan pemburu telah mengawetkan hasil usaha mereka di bangunan yang tidak terhangatkan ketika musim dingin. Sumber dari Wikipedia.

Bisnis Usaha Frozen Food

Dengan semakin banyak dan tingginya sifat konsumtif di masyarakat Indonesia, sehingga beberapa produsen Frozen Food membuka bisnis frozen foods ini. Ini merupakan sebuah peluang bisnis dan usaha frozen food yang menjanjikan.

Adapun jenis kemitraan yang ditawarkan dari bisnis frozen food itu terdapat beberapa macam, seperti menjadi Agen, Reseller, dan Dropshipper. Adapun kisaran harganya itu antara 8-15jutaan untuk menjadi Agen Frozen Food ini.

Bisnis frozen foods ini dikatakan sangat menjanjikan sekali sebab banyaknya pesanan dengan harga jual yang tidak begitu tinggi. Selain harganya terjangkau, usaha frozen food ini memiliki jenis produk yang beaneka ragam dan bersifat awet/tahan lama.

Usaha Frozen Food Bersama GoFood

Tentunya dengan adanya platform digital ini pastinya memberikan banyak keuntungan bagi pelaku usaha frozen food ini. Nah mengenal GoFood, GoFood merupakan sebuah fitur layanan food delivery layaknya delivery order di sebuah rumah makan.

Hanya dengan menggunakan smartphone dan membuka fitur GoFood di dalam aplikasi Gojek, konsumen bisa memesan makanan dari restoran yang sudah bekerja sama dengan Gojek. Makanan akan dipesan dan diantar langsung oleh Gojek.

Singkatnya, layanan ini sangat mirip dengan layanan delivery order dari sebuah restoran. Bagi pengusaha kuliner, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang memiliki budget terbatas untuk mengembangkan layanan delivery order, GoFood bisa menjadi solusi alternatif yang sangat membantu.

Pengusaha UMKM bisa memiliki layanan deliver order tanpa harus menyiapkan armada. Dengan begitu, pengusaha tidak perlu meng-hire atau menggaji SDM untuk delivery. Lebih ekstrim lagi, pengusaha bahkan tidak perlu memiliki store atau toko untuk berjualan. GoFood juga memungkinkan pangsa pasar semakin meluas.

Bayangkan saja, saat ini ada lebih kurang 200 ribu armada roda dua Gojek di Indonesia yang bisa dimanfaatkan sebagai armada layanan food delivery! Syaratnya pun cukup mudah, tinggal bekerja sama dengan Gojek sehingga menu atau produk kuliner yang dijual bisa masuk ke dalam menu pilihan di fitur GoFood.

Fitur GoFood yang dikembangkan Gojek jelas menguntungkan semua pihak. Bagi konsumen, bisa dimudahkan dalam hal memesan makanan. Bagi Gojek, bisa menambah pemasukan dengan banyaknya order yang masuk via GoFood. Sedangkan bagi pengusaha UMKM, ada potensi kenaikan omset dari layanan food delivery.

Peningkatan omset dari layanan GoFood sudah dirasakan oleh Mie Aceh Seulawah yang diajak bekerja sama dengan Gojek. Ke depannya, layanan semacam GoFood akan semakin penting dalam era digitalisasi, dimana masyarakat semakin menutut layanan yang praktis dan cepat.

Bahkan ada kecenderungan para pengusaha akan berlomba untuk bisa bekerjasama dengan penyedia platform seperti Gojek untuk mendongkrak omset bisnisnya. Saat ini, multiplier effect dari bisnis Gojek dirasa cukup besar untuk pengembangan ekonomi kerakyatan. Karena itu, kebijakan pelarangan menjadi kontradiktif dengan cita-cita penguatan ekonomi kerakyatan.

Cara Bisnis Usaha Frozen Food di Gojek

Cara Bisnis Usaha Frozen Food di Gojek

Mengenai cara bisnis usaha jualan frozen food di Gojek. Terlebih dahulu harus mendaftarkan bisnis Anda di GoBiz.  Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana sih Cara Daftar GoFood, silahkan bisa menyimak beberapa langkah dibawah ini dengan seksama ya.

Oia sebelum Anda mengisi formulir pendaftaran secara online, Anda nanti dimohon untuk mempersiapkan 3 dokumen berikut,
  1. KTP Pemilik Outlet
  2. NPWP Pemilik Outlet
  3. Fotokopi halaman pertama buku tabungan pemilik
Selanjutnya langkah untuk pendaftaran mitra usaha GoFood Online

  • Pendaftaran Mitra Usaha Gojek dapat dilakukan melalui aplikasi GoBiz atau dengan mengunjungi http://gobiz.co.id/daftar-gofood
  • Setelah mengunjungi website tersebut, pilih kategori pendaftaran GoFood yang Anda inginkan.
Berikut ini beberapa kategori untuk pendaftaran GoFood:

a. Daftar akun GoFood baru - perorangan
Untuk badan usaha perorangan yang belum pernah memiliki akun GoFood

b. Daftar akun GoFood baru - perusahaan
Untuk badan perusahaan yang belum pernah memiliki akun GoFood

c. Penambahan cabang baru
Untuk badan usaha perorangan/perusahaan yang sudah memiliki akun Gofood dan hanya ingin mendaftarakan outlet/gerai baru

3. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi dan mengirimkan kelengkapan data restoran Anda, seperti:

1. Data perusahaan/Pemilik
Silakan isi nama restoran Anda

2. Data Personal
Isi informasi data lengkap, *pada bagian NPWP,  jika tidak memiliki NPWP bisa diisi dengan No. KTP dan Foto KTP

Sebelum Anda upload data pribadi seperti foto KTP dan NPWP, pastikan terlebih dahulu hal-hal berikut:

Foto identitas yang dilampirkan masih berlaku saat ini, tidak boleh terpotong di sisi manapun, harus terbaca dengan jelas dan tidak buram
Ukuran foto maksimal 3 MB

3. Data Pembayaran
Pastikan nama yang tertera di buku tabungan dan di KTP merupakan satu nama, jika pemilik berbeda mohon lampirkan Surat Kuasa

4. Data outlet
Mohon pastikan nomor yang tertera adalah nomor HP aktif, contoh: 082377754543 dan alamat e-mail aktif.

5. Syarat dan ketentuan
Pastikan Anda sudah menyetujui syarat dan ketentuan GoFood/GoBiz dengan mencetang pada cek box yang tersedia, kemudian klik `Submit`.

Setelah semua data lengkap, tim GoBiz akan melakukan proses verifikasi dan mengirimkan Perjanjian Kerja Sama secara online. Perjanjian Kerja Sama ini harus Anda tanda tangani dan dikirimkan kembali.

Sedangkan untuk proses verifikasi dan pembuatan outlet restoran Anda di aplikasi akan memakan waktu proses maksimal 7 sampai 14 hari kerja.


Penutup

Cara Usaha Frozen Food di Gojek

Sekian deh artikel dari Kang Yusuf yang berjudulkan Cara Bisnis Usaha Frozen Food di Gojek. Semoga berguna dan bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi ini ya.