Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Bisnis Waralaba/ Franchise yang Menguntungkan Saat Ini

Daftar Isi [Tampil]

Mari cari tahu mengenai Jenis Bisnis Waralaba/ Franchise yang Menguntungkan Saat Ini. Berbisnis tentunya sangatlah menjanjikan jika Anda mampu mencari tahu lebih dalam mengenai kebutuhan pasar dengan keadaan konsumtif di masyarakat yang ada. Pastinya terdapat banyak jenis usaha dan bisnis waralaba yang sangat menguntungkan bahkan menjanjikan disetiap tahunya.

Pada pembahasan kali ini Kang Yusuf ingin berbagi beberapa bisnis atau usaha waralaba/franchise yang menjanjikan dan menguntungkan yang bisa Anda jadikan sebagai gambaran untuk memulai bisnis baik itu sendiri, kelompok, bahkan secara untuk keluarga Anda dirumah.

Perlunya Anda mempelajari beberapa tips didalam mencari jenis waralaba yang cocok untuk bisnis usaha Anda. Terutama di negara Indonesia ini merupakan wilayah yang mana masyarakatnya bersifat konsumtif sekali.

Sehingga berbisnis franchise bisa dijadikan sebuah peluang bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan sekali bagi Anda. Nah sebelum Anda mengerti apa saja jenis bisnis waralaba yang menguntungkan saat ini. Alangkah baiknya Anda mengerti sejenak mengerti penjelasan waralaba dan sejarahnya.

Mengenal Waralaba

Waralaba (bahasa Inggris: franchising; bahasa Prancis: franchise yang aslinya berarti hak atau kebebasan) adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Berdasarkan perundang-undangan di Indonesia.

Waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.


Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia waralaba adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pewaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan.

Dimana untuk melaksanakan bisnis dengan merk, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu. Istilah waralaba berasal dari gabungan kata wara yang artinya lebih, dan laba artinya keuntungan.

Mengenal Sejarah Waralaba/ Franchise

Mengenal Bisnis Waralaba Franchise yang Menguntungkan Saat Ini
Mengenal Bisnis Waralaba Franchise

Waralaba diperkenalkan pertama kali pada tahun 1850-an oleh Isaac Singer, pembuat mesin jahit Singer, ketika ingin meningkatkan distribusi penjualan mesin jahitnya. Walaupun usahanya tersebut gagal, tetapi dialah yang pertama kali memperkenalkan format bisnis waralaba ini di AS.

Kemudian, caranya ini diikuti oleh pewaralaba lain yang lebih sukses, John S Pemberton, pendiri Coca Cola. Namun, menurut sumber lain, yang mengikuti Singer kemudian bukanlah Coca Cola, melainkan sebuah industri otomotif AS, General Motors Industry pada tahun 1898.

Contoh lain di Amerika Serikat, sebuah sistem telegraf yang telah dioperasikan oleh berbagai perusahaan jalan kereta api, tetapi dikendalikan oleh Western Union serta persetujuan eksklusif antar pabrikan mobil dengan penjual.

Waralaba saat ini lebih didominasi oleh waralaba rumah makan siap saji. Kecenderungan ini dimulai pada tahun 1919 ketika A&W Root Beer membuka restoran cepat sajinya. Pada tahun 1935, Howard Deering Johnson bekerjasama dengan Reginald Sprague untuk memonopoli usaha restoran modern.

Gagasan mereka adalah membiarkan rekanan mereka untuk mandiri menggunakan nama yang sama, makanan, persediaan, logo dan bahkan membangun desain sebagai pertukaran dengan suatu pembayaran.

Dalam perkembangannya, sistem bisnis ini mengalami berbagai penyempurnaan terutama pada tahun l950-an yang kemudian dikenal menjadi waralaba sebagai format bisnis (business format) atau sering pula disebut sebagai waralaba generasi kedua.

Perkembangan sistem waralaba yang demikian pesat terutama di negara asalnya, AS, menyebabkan waralaba digemari sebagai suatu sistem bisnis diberbagai bidang usaha, mencapai 35 persen dari keseluruhan usaha ritel yang ada di AS.

Sedangkan di Inggris, berkembangnya waralaba dirintis oleh J. Lyons melalui usahanya Wimpy and Golden Egg, pada tahun 60-an.

Bisnis waralaba tidak mengenal diskriminasi. Pemberi waralaba dalam menyeleksi calon mitra usahanya berpedoman pada keuntungan bersama, tidak berdasarkan SARA.

Apa Perbedaan Franchise dan Waralaba?

Berikut ini adalah perbedaan dari Franchise dan Waralaba. Kata lain yang ada di dalam bisnis waralaba dan franchise adalah franchising, sama artinya pewaralabaan, franchisor adalah pewaralaba (yang mempunyai usaha waralaba), sedangkan franchisee adalah orang yang menjalankan usaha waralaba dari franchisor

Jenis-jenis Waralaba

Perlu Anda mempelajari beberapa jenis waralaba/ franchise. Waralaba itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu;

  1. Waralaba luar negeri, cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih jelas, merek sudah diterima diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi.
  2. Waralaba dalam negeri, juga menjadi salah satu pilihan investasi untuk orang-orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki pengetahuan cukup peranti awal dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba.

Kategori Waralaba/ Franchise

Berikut ini adalah beberapa katagori mengenai Waralaba/ franchise, yuk simak katagori waralabanya dibawah ini,
  1. Otomotif
  2. Business Services
  3. Furniture, Konstruksi, Properti
  4. Jasa Pendidikan & Pelatihan
  5. Hiburan & Hobi
  6. Penginapan & Travel
  7. Komputer, Internet, & Teknologi
  8. Makanan & Minuman
  9. Laundry & Jasa Kebersihan
  10. Kesehatan & Kecantikan
  11. Anak & Balita
  12. Retail
  13. dll

Tips untuk Memulai Bisnis Waralaba/ Franchise

Tips Memulai Bisnis Waralaba Franchise yang Menguntungkan Saat Ini
Tips Memulai Bisnis Waralaba Franchise yang Menguntungkan

Berikut ini adalah beberapa tips dan langkah sebelum Anda memulai bisnis waralaba/franchise.

1. Pilih yang Sesuai dengan Passion

Bisnis franchise terdiri dari berbagai bidang, mulai dari kuliner hingga tempat cuci mobil.

Untuk memastikan bisnis ini berjalan dengan lancar, pilihlah bisnis yang sesuai dengan minat.

Dengan begitu, bisnis ini akan dijalani dengan sepenuh hati sehingga kamu akan lebih bersemangat dalam memajukan usaha.

2. Cari Lokasi yang Strategis

Lokasi yang strategis merupakan salah satu faktor penting dalam maju tidaknya bisnis yang kamu geluti. Untuk itu, sesuaikan lokasi bisnismu dengan target pasar yang sesuai.

Sebagai contoh, jika target pasarnya adalah mahasiswa, maka pilihlah lokasi di sekitar area kampus dan kost-kostan.

3. Siapkan Modal yang Cukup

Modal harus disiapkan untuk bisnis franchise cukup bervariasi, tergantung bisnis yang dipilih.
Namun, sebenarnya besar dan kecil modal yang dibutuhkan tidak memengaruhi kesuksesan bisnis ini.

Faktor penting yang dapat membuat bisnis ini sukses adalah inovasi serta kreativitas franchisor.
Maka dari itu, persiapkan saja modal sesuai dengan jenis bisnis yang sesuai dengan kekuatan finansial.

4. Pelajari Terlebih Dahulu Bisnis Waralaba yang Dipilih

Sebelum memulai bisnis, penting sekali untuk mempelajari bagaimana ketentuan pembayaran serta sistem bisnis dari brand yang dipilih.

Intinya, semakin baik dan ketat sebuah sistem dari brand, maka semakin layak dipilih.

Selain itu, kamu juga harus memerhatikan bagaimana sistem pembayarannya karena jika sampai tidak dipelajari terlebih dahulu, bisa-bisa kamu malah merugi.

Bisnis Waralaba Menjanjikan dan Menguntungkan Saat Ini

Jenis Bisnis Waralaba Franchise yang Menguntungkan Saat Ini
Bisnis Waralaba yang Menguntungkan Saat Ini

Yuk simak beberapa jenis bisnis waralaba/franchise yang menguntungkan saat ini. Jika Anda kelola dengan sebaik mungkin bisa jadi bisnis waralaba ini sangat menguntungkan sekali loh.

Bisnis Waralaba Fantastic Frozen Food (Rp9-13 juta)

Fantastic frozen foods kini hadir untuk memajukan sektor bisnis kuliner yaitu bisnis makanan beku atau lebih Anda kenal dengan frozen foods.

Bisnis frozen foods ini terbilang menjanjikan dan sangat direkomendasikan bagi Anda yang sebagai karyawan atau usia pensiun yang ingin berbisnis untuk memenuhi kebutuhan dirumah dan keluarga.

Aneka jenis frozen beraneka ragam, bervariasi, tentunya sehat tanpa bahan pengawet.
Untuk info lebih lanjut, silahkan Anda hubungi kontak kami ya.

Bisnis Waralaba Galaxy Pertamini (Rp9 Juta)

Berminat untuk membangun bisnis SPBU namun modalnya bikin dompet menjerit?

Mungkin, Galaxy Pertamini bisa menjadi alternatif yang bersahabat dengan keuanganmu.
Sebenarnya, bisnis ini hampir sama dengan kios bensin eceran, namun yang membedakan adalah ketersediaan booth serta peralatan pengisian selayaknya SPBU.

Dengan investasi sebesar Rp9 juta, berikut adalah spesifikasi dari booth yang kamu beli:
  1. Ukuran 68x68x215 cm
  2. Kapasitas BBM 219 liter (drum)
  3. Selang sepanjang 3,5 meter
  4. 1 buah alat ukur
  5. listrik 30 watt

Bisnis Waralaba Khun Thai Tea (Rp15 Juta)

Mengingat masyarakat Indonesia sangat menggemari minuman Thai tea, membuka gerai Khun Thai Tea bisa menjadi ladang bisnis yang menjanjikan.

Franchise yang satu ini semenjak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017 menargetkan untuk membangun 50 outlet dan berkerja sama dengan franchise lainnya di Indonesia.

Terdapat 2 jenis franchise yang bisa dipilih, yakni franchise standar dan master franchise dengan hak dagang yang berbeda, meliputi
  1. fasilitas kios,
  2. counter,
  3. toko in-lin, hingga
  4. keuntungan lainnya.

Bisnis Waralaba The Quick Clean (Rp14 Juta)

Mengingat kehidupan masyarakat yang semakin cepat dan sibuk, jasa mencuci tas dan sepatu menjadi salah satu bisnis yang harus diperhitungkan.

The Quick Clean sendiri merupakan franchise laundry tas dan sepatu dengan jargon ‘membersihkan sepatu dan tas pelanggan 25-30 menit aja.

Jika kamu tertarik untuk menekuni bisnis ini, cukup siapkan Rp15 juta untuk mendapatkan booth serta peralatan yang dibutuhkan.

Bisnis Waralaba Sabana Fried Chicken (Rp16,7 Juta)

Franchise yang satu ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat karena rasanya yang nikmat dan harganya yang bersahabat.

Dengan modal Rp16 juta-an, kamu akan dibimbing dan dipantau perkembangan bisnisnya selama 3 bulan. Jika bisnisnya sukses, potensi omzet yang bisa kamu dapatkan mencapai hingga Rp20 juta setiap bulannya, lho.

Bisnis Waralaba Auto Clean Waterless Indonesia (Rp30 Juta)

Cuci mobil tanpa air? Memangnya bisa?
Auto Clean Waterless Indonesia adalah salah bisnis waralaba yang memungkinkan hal tersebut lho.
Alih-alih menggunakan air, mereka menggunakan cairan pembersih khusus yang tentunya dapat membersihkan mobil dengan baik.
Dengan investasi sebesar Rp30 juta, kamu akan mendapatkan
  1. peralatan lengkap cuci mobil,
  2. printer mini untuk kasir,
  3. pelatihan selama 4 hari, dan
  4. perangkat lunak untuk menyimpan data pelanggan, informasi laba, stob barang, dan lain-lain.

Bisnis Waralaba Churros Delicio (Rp35 Juta)

Tertarik untuk menggeluti bisnis waralaba di bidang kuliner yang uni? Churros Delicio yang merupakan jajanan asli Spanyol bisa menjadi pilihan!

Rasanya yang unik dan lezat membuat bisnis yang didirikan pada tahun 2015 oleh Cahyo Adhi Wibowo ini mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat.

Dibuat dengan cara sederhana, yakni cukup digoreng lalu ditaburi gula halus atau bubuk cinnamon, harga yang ditawarkan sangatlah bersahabat, mulai dari Rp8-15 ribu satunya.

Terdapat dua jenis franchise yang bisa dipilih.
Untuk investasi sebesar Rp35 juta, kamu akan mendapatkan tipe mini booth sedangkan dengan Rp50 juta, kamu bisa mendapatkan tipe mini island.


Bisnis Franchise Indomaret

Indomaret merupakan salah satu mini market yang cukup menjamur di Indonesia. Setiap beberapa meter, pastinya Anda akan menemukan Indomaret di pinggir jalan. Hal ini terbilang wajar, karena Indomaret menjual barang serta kebutuhan sehari-hari yang memang dibutuhkan banyak orang.

Untuk franchise Indomaret sendiri, Anda diminta untuk menyiapkan dana investasi senilai minimal Rp394 juta.

Syarat lainnya yang harus dipenuhi diantaranya, Anda harus warga negara Indonesia, fokus ingin mengembangkan bisnis Indomaret, serta memiliki perizinan lokasi yang hendak dijadikan tempat usaha.

Kelebihan dari franchise ini adalah promosinya yang berskala nasional serta memiliki brand yang cukup kuat di mata para pelanggan.

Namun, kekurangannya sendiri adalah jumlah gerainya yang terlalu banyak sehingga kompetisi yang terjadi antar toko semakin sulit.

Bisnis Franchise Depo Air Minum Isi Ulang Biru

Air adalah kebutuhan utama setiap orang. Bahkan, menurut para ahli, manusia dianjurkan paling tidak minum delapan gelas air setiap harinya.

Tujuan utamanya adalah untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Untuk itulah, banyak air kemasan yang beredar di pasaran.

Air minum isi ulang merupakan alternatif yang lebih murah dibanding harus membeli air kemasan galon secara berkala.

Salah satu gerai yang menyediakan jasa ini adalah Depo Air Minum Isi Ulang Biru. Menggunakan teknologi canggih, Depo Air Minum Isi Ulang Biru menyediakan air isi ulang berkualitas prima untuk para pelanggannya.

Gerai Depo Air Minum Isi Ulang Biru sendiri dapat berfungsi ganda, yakni sebagai tempat diprosesnya air isi ulang itu sendiri sekaligus sebagai tempat penjualan.

Bahan baku airnya berasal dari air pegunungan yang diangkut menggunakan mobil tangki. Lokasinya yang dekat dengan perumahan warga jadi salah satu strategi Depo Air Minum Isi Ulang Biru untuk memudahkan mereka melakukan isi ulang.

Depo Air Minum Isi Ulang Biru sendiri dimulai dari tahun 2002 di Surabaya yang pada mulanya merupakan milik pribadi. Setahun setelahnya, gerai kedua lahir dan dioperasikan di Jakarta.

Adanya pembukaan gerai kedua ini yang menjadi cikal bakal lahirnya bisnis franchise Depo Air Minum Isi Ulang Biru.

Jika Anda tertarik untuk menjadi mitranya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Depo Air Minum Isi Ulang Biru memberikan kesempatan baik untuk perorangan maupun badan usaha yang memang berkomitmen untuk menyediakan air minum bersih sekaligus terjangkau untuk masyarakat.

Anda pun harus memiliki lokasi dengan lahan parkir yang minimal dapat membuat tiga mobil. Selain itu, Anda harus menyiapkan modal investasi sebesar Rp443.115.000 dengan kontrak franchise yang berlaku selama 10 tahun.

Bisnis Franchise Bambu Spa

Di era modern ini, para perempuan semakin menyadari bahwa mereka butuh untuk merawat dirinya sendiri karena kesibukannya setiap hari. Karena tidak memiliki waktu, pada akhirnya para perempuan ini lebih memilih untuk pergi ke salon. Atas dasar inilah Bambu Spa hadir untuk memanjakan perempuan.

Bisnis franchise yang satu ini hadir dengan menawarkan sistem bisnis yang cukup unik. Jika Anda tertarik dengan bisnis perawatan dan kecantikan, Bambu Spa menawarkan konsep treatment dengan metode bamboo yang cukup unik.

Bambu Spa juga memanfaatkan penggunaan bahan alami yang dipercaya dapat memancarkan kecantikan wajah secara alami.

Bambu Spa hadir dengan berbagai perawatan yang bisa dipilih oleh para perempuan, misalnya face treatment, ear candle, special body massage, foot relaxation, pregnancy spa, vagina spa, dan masih banyak lainnya.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi mitra Bambu Spa, terdapat beberapa persyaratan yang perlu Anda penuhi, di antaranya adalah membuat proposal yang isi utamanya terdiri dari pemilihan lokasi, target pasar, komitmen, modal, dan lain sebagainya.

Sebagai gambaran, untuk membeli franchise ini, Anda membutuhkan modal paling tidak sebesar Rp850 juta. Setelah disetujui, Bambu Spa akan meninjau lokasi yang Anda tentukan.

Setelah pemilihan lokasi dan ditentukan setuju, selanjutnya Bambu Spa akan memberikan informasi mendetail seputar perjanjian kerja sama.

Bisnis Franchise Apotek K-24

Banyak masyarakat yang membutuhkan obat-obatan setiap harinya. Dan terkadang, tidak semua masyarakat mendapatkan akses apotek yang memadai, apalagi yang bisa buka hingga 24 jam.

Atas dasar kebutuhan tersebut, dr. Gideon Hartono pada akhirnya menjadikan Apotek K-24 miliknya menjadi sebuah franchise di tahun 2005.

K-24 sendiri merupakan kepanjangan dari "komplit 24 jam" sehingga orang yang mencari obat di tengah malam tidak akan kesulitan.

Kini, Apotek K-24 telah berhasil membuka 370 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan hingga ke Timor Leste. Dalam satu toko, dr. Gideon menyarankan untuk mempekerjakan 9 karyawan yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan dari pusat.

Jika Anda tertarik untuk menjadikan Apotek K-24 bisnis franchise Anda, modal yang perlu disiapkan pun cukup besar.

Jika Anda berada di Pulau Jawa, gerai dengan luas tanah 60m2 dapat Anda miliki dengan modal sebesar Rp970 juta. Cukup besar, namun Anda sudah mendapatkan semua hal yang Anda butuhkan untuk beroperasi.

Modal sebesar itu sudah termasuk biaya franchise fee, stok obat-obatan, renovasi bangunan, sewa bangunan selama 1 tahun, interior, modal kerja selama 3 bulan, sistem IT, perizinan operasional, pelatihan karyawan, dan beragam inventaris gerai seperti sepeda motor, AC, dan lain sebagainya.

Sementara itu, terdapat juga biaya awal franchise sebesar Rp110 juta untuk masa franchise selama enam bulan.

Setiap bulannya, akan ada franchise fee sebesar 1,5% dari omzet per bulannya. Secara umum, balik modal akan terjadi dalam waktu sekitar 3 tahun, tetapi bukan berarti balik modal terjadi lebih cepat apabila Anda dapat melebihi target penjualan yang sudah ditetapkan sebelumnya.


Penutup Bisnis Waralaba Franchise yang Menguntungkan

Bisnis Waralaba Franchise yang Menguntungkan Saat Ini
Bisnis Waralaba Franchise yang Menguntungkan Saat Ini

Melalui bisnis franchise, Anda pun tidak perlu lagi memikirkan sistem bisnis seperti apakah yang hendak Anda jalankan karena ada nama brand dari franchise yang Anda pilih.

Mereka sudah memiliki standar bisnis sendiri yang tinggal Anda ikuti sehingga Anda lebih mudah dalam mengelolanya.

Sistem franchise sendiri memiliki banyak manfaat, baik untuk para franchise atau pun franchisor. Adanya sistem franchise fee atau pun royalty fee dapat menambah keuntungan bagi mereka.

Sekian deh artikel dari Kang Yusuf seputar Dunia Bisnis yang berjudul Bisnis Waralaba Franchise yang Menguntungkan Saat Ini. Semoga bermanfaat dan berguna ya artikel pembahasan mengenai dunia bisnis waralaba atau franchise yang menjanjikan ini. Terima kasih

Referensi artikel mokapos.com dan 99.co

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.
Artikel Unggulan
Artikel Pilihan Pengunjung
Artikel Tentang Kesehatan

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Kang Yusuf
+6282377754543
Call us to +6282377754543 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami