√ Keuntungan Usaha Frozen Food Bersama GoFood - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Keuntungan Usaha Frozen Food Bersama GoFood

Daftar Isi [Tampil]

    Yuk pelajari informasi mengenai Keuntungan Usaha Frozen Food Bersama GoFood. Memulai bisnis atau usaha frozen food atau makanan beku terbilang sangat menjanjikan. Mengapa demikian ? sebab kebanyakan masyarakat Indonesia itu suka makan/menyukai makanan terutama kuliner.

    Apalagi saat ini dimana negara Indonesia bahkan seluruh dunia terkena dampak Covid-19 atau yang sering kita kenal dengan Corona. Tentunya peluang usaha frozen food terbuka lebar dan menjanjikan. Dengan adanya berbagai protokol demi menjaga satu sama lain, hal ini membuat beberapa bisnis menjadi terhambat. Baca juga cara jualan frozen food di Gojek

    Namun berbeda dengan bisnis atau usaha frozen food. Justru bisnis frozen food ini sedang banyak dicari dan diminati oleh orang banyak, terutama ibu-ibu atau wanita karier. Selain sebagai konsumsi keluarga, usaha frozen food bisa dijadikannya sebagai penghasilan tambahan yang menjanjikan.

    Karena usaha frozen food atau makanan beku ini bersifat awet atau tahan lama. Sehingga dapat disimpan kedalam freezer atau lemari pendingin lebih dari 1-2 bulan. Dan juga varian dari usaha frozen food ini cukup banyak dan beraneka ragam, sehingga banyak peminatnya terutama anak-anak sekolahan.

    Mengenal Frozen Food 

    Keuntungan Usaha Frozen Food Bersama Go-Food
    Mengenal Usaha Frozen Food, image forbes.com

    Mengenai lebih detail apa itu frozen food. Frozen Foods diartikan kedalam bahasa Indonesia sebagai Makanan Beku. Frozen Food atau makanan beku adalah makanan yang dibekukan dengan tujuan untuk mengawetkan makanan hingga siap dimakan.

    Sejak zaman dahulu, petani, nelayan, dan pemburu telah mengawetkan hasil usaha mereka di bangunan yang tidak terhangatkan ketika musim dingin. Sumber dari Wikipedia.

    Apakah Frozen Food Aman di Konsumsi ?

    Terdapat pertanyaan nih, apakah frozen food aman di konsumsi oleh anak ? Menurut Shereen Lehman, MS, ahli gizi terdaftar, dan rekan penulis untuk "Superfoods for Dummies & Clinical Anatomy for Dummies", menjelaskan bahwa jawaban ini tergantung pada kandungan nutrisi pada frozen food itu sendiri.

    "Membekukan makanan tidak membuat makanan tersebut sehat atau tidak. Ini tergantung pada kandungan nutrisi dari frozen food tersebut. Buah-buahan dan sayuran beku bisa sangat sehat, tetapi pizza beku, makanan ringan, dan makanan pembuka lainnya bisa sangat tidak sehat," jelasnya dikutip dari Veryweel Fit.

    Menurut penelitian pada Journal of Nutrition Education and Behavior, dijelaskan bahwa anak yang lebih banyak mengonsumsi frozen food, memiliki energi keseluruhan yang lebih tinggi dan tidak baik bagi tubuh, seperti gula, natrium, dan asupan lemak jenuh. Oleh karena itu, ketersediaan frozen food di rumah dapat berkontribusi terhadap asupan makanan anak yang lebih buruk.

    Monisha Ashokan, ahli gizi klinis di Delhi, mengatakan bahwa bahan kandungan pada frozen food memiliki efek samping yang dapat merugikan tubuh.

    "Frozen food mengandung minyak kelapa sawit terhidrogenasi yang memiliki lemak trans berbahaya. Pengawet seperti pati, sirup jagung yang terbuat dari glukosa dan ada di frozen food ini dicatat sebagai zat karsinogenik," terangnya, mengutip Doctor NDTV.

    Lebih lanjut ia mengatakan, "Kandungan natrium juga jauh lebih tinggi pada makanan siap saji ini. Sehingga menambah pemicu penyakit gaya hidup seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol, pada usia yang sangat muda."

    Apa Saja Jenis Frozen Foods ?

    Mengenai apa saja sih jenis macam-macam dari frozen foods, yuk simak berikut ini beberapa macam  dan jenis frozen foods yang bisa Anda ketahui.
    • Nugget
    • Sosis
    • Otak-otak
    • Bakso
    • Pempek
    • Siomay
    • Risol
    • Kentang
    • Donat
    Nah tentunya beberapa jenis makanan diatas pasti kita sudah tahu semua donk, bahkan Kang Yusuf sendiri suka banget makan pempek sama risol loh.

    Bisnis atau Usaha Frozen Food

    Bisnis atau Usaha Frozen Food
    Bisnis atau Usaha Frozen Food, image instagram.com/fantasticfrozenfoods

    Dengan semakin banyak dan tingginya sifat konsumtif di masyarakat Indonesia, sehingga beberapa produsen Frozen Food membuka bisnis frozen foods ini. Ini merupakan sebuah peluang bisnis dan usaha frozen food yang menjanjikan.

    Adapun jenis kemitraan yang ditawarkan dari bisnis frozen food itu terdapat beberapa macam, seperti menjadi Agen, Reseller, dan Dropshipper. Adapun kisaran harganya itu antara 8-15jutaan untuk menjadi Agen Frozen Food ini.

    Bisnis frozen foods ini dikatakan sangat menjanjikan sekali sebab banyaknya pesanan dengan harga jual yang tidak begitu tinggi. Selain harganya terjangkau, usaha frozen food ini memiliki jenis produk yang beaneka ragam dan bersifat awet/tahan lama.

    Teknologi untuk Bisnis Frozen Food

    Sekarang sudah zamannya menggunakan media digital sebagai proses transaksi dan komunikasi. Cukup dalam genggaman Anda bisa mendapatkan semua informasi yang didapatkan dengan mudah dan cepat.

    Nah hadirlah sebuah platform digital yang bisa Anda manfaatkan sebagai tools atau alat untuk menumbuh kembangkan bisnis frozen food ini. Tidak hanya usaha frozen food saja, bahkan semua jenis kuliner pun bisa dikelola dengan baik, detail, dan mudah.

    Adapun platform digital ini disebut GoFood. Dimana saat ini perusahaan Gojek telah mengembangkan teknologinya yang bernama GoFood/GoBiz untuk melayani semua pebisnis kuliner dalam mengembangkan bisnisnya.

    Keuntungan Usaha Frozen Food Bersama GoFood

    Tentunya dengan adanya platform digital ini pastinya memberikan banyak keuntungan bagi pelaku usaha frozen food ini. Nah mengenal GoFood, GoFood merupakan sebuah fitur layanan food delivery layaknya delivery order di sebuah rumah makan.

    Hanya dengan menggunakan smartphone dan membuka fitur GoFood di dalam aplikasi Gojek, konsumen bisa memesan makanan dari restoran yang sudah bekerja sama dengan Gojek. Makanan akan dipesan dan diantar langsung oleh Gojek.

    Singkatnya, layanan ini sangat mirip dengan layanan delivery order dari sebuah restoran. Bagi pengusaha kuliner, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang memiliki budget terbatas untuk mengembangkan layanan delivery order, GoFood bisa menjadi solusi alternatif yang sangat membantu.

    Pengusaha UMKM bisa memiliki layanan deliver order tanpa harus menyiapkan armada. Dengan begitu, pengusaha tidak perlu meng-hire atau menggaji SDM untuk delivery. Lebih ekstrim lagi, pengusaha bahkan tidak perlu memiliki store atau toko untuk berjualan. GoFood juga memungkinkan pangsa pasar semakin meluas.

    Bayangkan saja, saat ini ada lebih kurang 200 ribu armada roda dua Gojek di Indonesia yang bisa dimanfaatkan sebagai armada layanan food delivery! Syaratnya pun cukup mudah, tinggal bekerja sama dengan Gojek sehingga menu atau produk kuliner yang dijual bisa masuk ke dalam menu pilihan di fitur GoFood.

    Fitur GoFood yang dikembangkan Gojek jelas menguntungkan semua pihak. Bagi konsumen, bisa dimudahkan dalam hal memesan makanan. Bagi Gojek, bisa menambah pemasukan dengan banyaknya order yang masuk via GoFood. Sedangkan bagi pengusaha UMKM, ada potensi kenaikan omset dari layanan food delivery.

    Peningkatan omset dari layanan GoFood sudah dirasakan oleh Mie Aceh Seulawah yang diajak bekerja sama dengan Gojek. Ke depannya, layanan semacam GoFood akan semakin penting dalam era digitalisasi, dimana masyarakat semakin menutut layanan yang praktis dan cepat.

    Bahkan ada kecenderungan para pengusaha akan berlomba untuk bisa bekerjasama dengan penyedia platform seperti Gojek untuk mendongkrak omset bisnisnya. Saat ini, multiplier effect dari bisnis Gojek dirasa cukup besar untuk pengembangan ekonomi kerakyatan. Karena itu, kebijakan pelarangan menjadi kontradiktif dengan cita-cita penguatan ekonomi kerakyatan.

    Mengenal Layanan GoFood

    Layanan GoFood memang langsung mendapat sambutan positif dari para pelaku pengusaha kuliner. Bahkan menurut keterangan dari pihak Gojek pada April 2015, layanan GoFood sudah bekerja sama dengan 15 ribu tempat makan di wilayah Jabodetabek. 15 ribu tempat makan tersebut terdiri dari 23 kategori, mulai dari kaki lima hingga restoran mewah.

    Artinya, GoFood tidak hanya disediakan bagi pemilik restoran mewah saja. Salah satu esensi GoFood adalah mempromosikan makanan hasil karya industri UKM. GoFood menyediakan fitur suggest restaurant jika ada makanan yang enak dan berkualitas bagus di pinggir jalan.

    Ramainya ojek online, selain Gojek, justru membawa dampak positif bagi para konsumennya, termasuk para pengusaha yang memakai jasa ojek online sebagai layanan delivery. Sebab dengan begitu, semakin banyak alternatif yang bisa dijadikan pilihan jika seandainya Gojek atau ojek online lain merasa ‘besar’.

    Apa Manfaat Daftar GoFood Online?

    Mengenai hal manfaat mendaftar GoFood ini cukup banyak. Sebab bagi pengusaha kuliner termasuk usaha frozen food, GoFood sebagai layanan food delivery rasanya tidak memiliki dampak negatif sama sekali. Justru banyak keuntungan yang bisa dirasakan.

    Segera manfaatkan fitur GoFood sebagai layanan food delivery tanpa perlu susah membangun dan memikirkan infrastrukturnya. Tentunya adanya GoFood sebagai aplikasi pesan antar makanan ini memberikan kemudahan bagi siapapun yang ingin berbelanja makanan dengan cepat dan praktis.

    Alasan Perlunya Mendaftar GoFood Online?

    Nah berikut ini beberapa alasan mengapa Anda perlu mendaftarkan bisnis di GoFood,
    • Proses pendaftaran mudah karena bersifat online.
    • Akses menuju aplikasi sangat mudah.
    • Terdapat tutorial yang bisa dipelajari dengan mudah.
    • Anda tidak perlu membuka repot-repot untuk biaya sewa toko sebab dirumah pun bisa dijadikan sebagai toko.
    • Proses pembuatan akun kisaran 7 sampai 14 hari kerja.

    Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah daftar GoFood ini. Lalu bagaimana nih cara mendaftar GoFood ? Yuk lanjut baca artikel dibawah ini ya :-)

    Cara Daftar GoFood Online

    Cara Daftar Go-Food Online
    Cara Daftar GoFood

    Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana sih Cara Daftar GoFood, silahkan bisa menyimak beberapa langkah dibawah ini dengan seksama ya.

    Oia sebelum Anda mengisi formulir pendaftaran secara online, Anda nanti dimohon untuk mempersiapkan 3 dokumen berikut,
    1. KTP Pemilik Outlet
    2. NPWP Pemilik Outlet
    3. Fotokopi halaman pertama buku tabungan pemilik
    Selanjutnya langkah untuk pendaftaran mitra usaha GoFood Online

    • Pendaftaran Mitra Usaha Gojek dapat dilakukan melalui aplikasi GoBiz atau dengan mengunjungi http://gobiz.co.id/daftar-gofood
    • Setelah mengunjungi website tersebut, pilih kategori pendaftaran GoFood yang Anda inginkan.
    Berikut ini beberapa kategori untuk pendaftaran GoFood:

    a. Daftar akun GoFood baru - perorangan
    Untuk badan usaha perorangan yang belum pernah memiliki akun GoFood

    b. Daftar akun GoFood baru - perusahaan
    Untuk badan perusahaan yang belum pernah memiliki akun GoFood

    c. Penambahan cabang baru
    Untuk badan usaha perorangan/perusahaan yang sudah memiliki akun Gofood dan hanya ingin mendaftarakan outlet/gerai baru

    3. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi dan mengirimkan kelengkapan data restoran Anda, seperti:

    1. Data perusahaan/Pemilik
    Silakan isi nama restoran Anda

    2. Data Personal
    Isi informasi data lengkap, *pada bagian NPWP,  jika tidak memiliki NPWP bisa diisi dengan No. KTP dan Foto KTP

    Sebelum Anda upload data pribadi seperti foto KTP dan NPWP, pastikan terlebih dahulu hal-hal berikut:

    Foto identitas yang dilampirkan masih berlaku saat ini, tidak boleh terpotong di sisi manapun, harus terbaca dengan jelas dan tidak buram
    Ukuran foto maksimal 3 MB

    3. Data Pembayaran
    Pastikan nama yang tertera di buku tabungan dan di KTP merupakan satu nama, jika pemilik berbeda mohon lampirkan Surat Kuasa

    4. Data outlet
    Mohon pastikan nomor yang tertera adalah nomor HP aktif, contoh: 082377754543 dan alamat e-mail aktif.

    5. Syarat dan ketentuan
    Pastikan Anda sudah menyetujui syarat dan ketentuan GoFood/GoBiz dengan mencetang pada cek box yang tersedia, kemudian klik `Submit`.

    Setelah semua data lengkap, tim GoBiz akan melakukan proses verifikasi dan mengirimkan Perjanjian Kerja Sama secara online. Perjanjian Kerja Sama ini harus Anda tanda tangani dan dikirimkan kembali.

    Sedangkan untuk proses verifikasi dan pembuatan outlet restoran Anda di aplikasi akan memakan waktu proses maksimal 7 sampai 14 hari kerja.

    Alur Proses Pendaftaran GoFood

    Berikut adalah alur proses pendaftaran GoFood yaitu,
    Alur Proses Pendaftaran Go-Food
    Alur Proses Pendaftaran GoFood
    Point Penting
    Anda cukup melakukan pendaftaran dengan salah satu cara diatas. Jika double pendaftaran dipastikan outlet Anda tidak akan terdaftar di GoFood. 

    Penutup Usaha Frozen Food Bersama GoFood

    Sekian deh informasi yang bisa Kang Yusuf sampaikan mengenai dunia Bisnis yang berjudul Keuntungan Usaha Frozen Food Bersama GoFood. Semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat dan berguna bagi Anda semuanya.

    Terutama yang membutuhkan info untuk berbisnis frozen food menggunakan GoFood dengan mudah dan praktis.

    Selamat mencoba ya, semoga bisnis frozen food atau usaha kuliner Anda, bisa berkembang lebih pesat dan sukses dengan mengoptimalkan GoFood ini, Aamiiin

    Sampai bertemu kembali pada artikel selanjutnya ya :-)

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.
    Baca Juga