Jenis Usaha yang Menjanjikan Saat Ini


Yuk cari tahu mengenai Jenis Usaha yang Menjanjikan Saat Ini. Terdapat berbagai jenis usaha atau jenis bisnis yang menguntungkan saat ini disetiap tahunnya. Tentunya dengan mengetahui dan mengerti jenis bisnis yang menjanjikan ini bisa dijadikan sebagai pendapatan tambahan untuk uang jajan Anda dirumah dan keluarga.

Nah dengan mengetahui berbagai jenis bisnis dan jenis usaha yang menjanjikan sekarang maka Anda bisa mengira-ngira jenis bisnis atau jenis usaha apakah yang ingin dikelola atau bisnis apa yang ingin dikembangkan sebagai pendapatan sehari-hari.

Terdapat juga beraneka macam jenis bisnis yang perlu Anda ketahui sebelum memulai dan membangun sebuah jenis usaha dirumah ini. Maka dari itu alangkah baiknya kita saling belajar dan membaca beberapa rangkuman dari Kang Yusuf dibawah ini ya.

Oia sebelum Anda mengerti apa saja jenis usaha yang menjanjikan saat ini, alangkah baiknya Anda mengenal jenis-jenis usaha atau macam-macam bisnis yang bisa dikelola dengan baik dan benar sesuai kebutuhan Anda masing-masing. Sehingga nantinya tidak keliru dan salah didalam memutuskan sebuah jenis usaha yang ingin dikelola.

Mengenal Jenis Usaha Perdagangan

Jenis Usaha yang Menjanjikan Saat Ini
Jenis Usaha yang Menjanjikan

Bisnis usaha dagang dinilai sebagai bisnis yang paling menjanjikan dan menguntungkan. Dengan perencanaan yang matang, kemudahan usaha ini semakin bisa Anda dapatkan.

Bukanlah menjadi hal yang baru jika dalam berbisnis tentu saja Anda harus mencari keuntungan. Jika secara matematis, semakin laku produk jualan Anda, maka semakin banyak juga keuntungan yang Anda dapatkan.

Usaha Dagang adalah bentuk usaha yang kegiatan utamanya adalah membeli barang dan menjualnya kembali dengan tujuan memperoleh keuntungan tanpa mengubah kondisi barang yang dijual.

Keuntungan dari barang yang dijual diperoleh dengan memperhitungkan biaya distribusi dan operasional.

Faktor Penting dalam Berusaha Dagang

Berikut ini adalah beberapa faktor penting bagi Anda yang ingin berusaha perdagangan yang menjanjikan saat ini.

Menyadari Tingkat Persaingan & Ukur Kemampuan

Anda tentunya tidak berdagang seorang diri dan jika jenis dagangan sudah ada yang sama dengan penjual lainnya, maka ini merupakan risiko yang harus diadapi.

Biarkan konsumen yang akan menilai antara produk Anda dengan pesaing lainnya dengan berpedoman bahwa Anda tetap sportif dan tidak berupaya mencuranginya.

Pelayanan untuk Merebut Konsumen

Siapapun pengusaha pasti akan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik yang dapat membuat konsumen merasa nyaman.

Ini bertujuan agar konsumen tersebut memberikan nilai bahwa usaha dagang Anda ternyata jauh lebih baik dari segi pelayanan meskipun menjual barang yang sama dengan pedangan lainnya.

Mungkin konsumen yang membeli akan datang berulang kali hanya dengan alasan mereka mendapatkan pelayanan cukup baik serta merasa memperoleh perhatian yang lebih dari Anda.

Kualitas Barang yang Tidak Mengecewakan

Setelah Anda mampu menyikapi persaingan serta berupaya memberikan pelayanan maksimal, selanjutnya adalah menjaga kualitas barang dagangan yang sebisa mungkin tidak pernah mengecewakan pelanggan.

Apapun alasannya, biarpun sudah 100 kali menjual barang yang bagus, bisnis Anda tetap bisa hancur dalam sekejap apabila sekali saja telah kedapatan menjual produk yang mengecewakan konsumen tanpa disadari.

Berusahalan untuk tetap selektif ketika memilih dagangan yang hendak dijual serta selalu cermat dalam memilih supplier yang tepercaya.

Jenis Usaha Dagang yang Paling Menguntungkan

Jenis Usaha Dagang yang Menjanjikan Saat Ini
Jenis Usaha Dagang yang Menjanjikan Saat Ini

Berikut ini jenis usaha dagang yang menjanjikan dan menguntungkan saat ini yang bisa Anda coba.

Usaha Kuliner

Menjalankan bisnis kuliner, seperti menjual makanan berat ataupun ringan memerlukan ketekunan dan manajemen yang baik.

Kebanyakan dari pengusaha kuliner yang sukses merupakan para pelaku usaha yang sudah lama berjualan kemudian mereka telah memiliki pelanggan tetap.

Didukung lagi makanan yang dipasarkan sangat inovatif selain rasanya yang enak karena kunci utama bagi para pemula dalam bisnis makanan ringan adalah kreatif dan inovatif.

Usaha Fashion

Menurut mereka yang sudah sukses berusaha dagang khususnya di bidang fashion, membuka bisnis fashion sebenarnya cukup mudah dengan memiliki toko/butik yang lebih lengkap daripada semua toko di sekitarnya.

Lokasi toko fashion Anda harus berada di tempat strategis dan bisa di akses dengan mudah oleh pengunjung. Yang sering menjadi kendala adalah Anda yang masih pemula dan belum memiliki modal melimpah apalagi tidak ada investor yang menjadi pemodal bisnis fashion tersebut.

Namun, jangan langsung menyerah, Anda bisa memulai dengan merintisnya dari target yang kecil dan selalu memperhatikan tren yang ada. Dengan begitu, Anda dapat lebih mudah menarik perhatian pelanggan.

Usaha Gadget atau Barang Elektronik

Menyikapi apa yang sedang terjadi pada era teknologi digital seperti sekarang ini, tentunya kita mengetahui bahwa ada gadget baru dan elektronik keluar setiap harinya. Memiliki gadget terbaru kadang sudah menjadi suatu keharusan bagi kalangan tertentu.

Apabila Anda tertarik masuk ke dalam dunia teknologi yang berkembang semakin pesat dan ingin memulai usaha dagang atau membuka toko elektronik, maka hal terpenting yang harus diperhatikan adalah modal.

Dapatkan pembiayaan baik secara tunai maupun kredit untuk bisa memenuhi kebutuhan modal usaha ini yang tentunya akan bernilai sangat besar. Anda mungkin ingin menggunakan tabungan pribadi atau juga dapat menghubungi Bank untuk mengajukan pinjaman uang dengan catatan masih dalam batas untuk mampu mengembalikannya.

Jualan Pulsa dan Kuota Internet

Masih berhubungan dengan pertumbuhan teknologi digital dan jaman yang serba Internet, maka kebutuhan pulsa serta kuota Internet sudah jelas tidak mungkin bisa ditunda lagi.

Berdagang pulsa tidak memerlukan modal yang terlalu besar, bahkan dengan nominal kurang dari 1 juta Anda sudah bisa memulai bisnis ini di mana saja dan kapan saja cukup menggunakan smartphone yang sudah ada sebagai sarana transaksinya.

Bisnis Layanan atau Berjualan Jasa

Tidak hanya barang saja yang mampu diperdagangkan namun jasa pun bisa diperdagangkan. Tingkat kesibukan masyarakat sekarang ini sudah semakin padat.

Sehingga banyak sekali jenis aktivitas pribadi yang dulunya bisa dikerjakan sendiri pada akhirnya sudah tidak sempat lagi, dan mau tidak mau akan mencari penyedia usaha berbentuk jasa ini.

Mengenal Jenis Usaha Perseorangan

Jenis Usaha Perseorangan yang Menjanjikan Saat Ini
Jenis Usaha Perseorangan yang Menjanjikan Saat Ini
Jenis usaha perseorangan adalah badan usaha atau perusahaan yang dimiliki oleh individu atau pengusaha perorangan. Usaha perseorangan hadir dalam skala kecil maupun besar, dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) hingga Badan Usaha Milik Swasta (BUMS).

Meskipun dimiliki individu, permodalan tetap dapat diperoleh dari berbagai pihak.

Jenis usaha rumahan juga bisa termasuk dalam usaha perseorangan. Umumnya usaha ini dilakukan di rumah karena masih bermodal kecil sehingga lebih praktis dan tidak perlu sewa tempat.

Tenaga kerja pun bisa diperoleh dari penduduk sekitar. Jika Anda berminat dengan usaha rumahan, berikut ini beberapa contoh usaha yang bisa dilakukan di rumah.


Jenis Usaha Perseorangan yang Menjanjikan Saat Ini

Berikut adalah beberapa jenis usaha perseorangan yang menjanjikan saat ini yang bisa Anda kelola dengan baik dirumah.

Usaha Dropshipper

Jenis usaha perseorangan ini bisa dikerjakan di rumah secara online hanya bermodalkan internet. Anda cukup mempromosikan barang-barang yang dijual supplier.

Nantinya supplier yang akan mengirimkan barang kepada pembeli atas namamu. Kamu akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang kamu promosikan dengan harga dari supplier.

Usaha Salon dan SPA

Siapapun itu, semua orang butuh minimal potong rambut selama hidupnya. Jika belum ada salon terdekat di sekitarmu, usaha ini akan membawa keuntungan.

Anda juga bisa membuka layanan spa dan salon sederhana dengan produk-produk lokal yang berharga terjangkau.

Usaha Kerajinan Tangan

Jika Anda punya hobi dan telaten menciptakan barang kerajinan, kenapa tak dijadikan bisnis saja?

Buatlah rajutan, tas lukis, buku edukasi anak, atau produk hasil jahit kreatif. Produk Anda yang unik akan mengundang pasar tersendiri. Bukan tidak mungkin produkmu bisa dihargai mahal.

Usaha Air Minum Isi Ulang

Siapa yang tak butuh air minum? Semua orang membutuhkannya dan kebutuhan air bersih untuk minum adalah hal mutlak.

Di pemukiman padat, di mana orang tak lagi punya lahan untuk menggali sumur, air minum isi ulang adalah solusinya.

Usaha Cuci Motor

Selama masih banyak orang menggunakan sepeda motor, selama itu pula jasa cuci motor selalu dibutuhkan. Apalagi di zaman serba sibuk seperti sekarang, mencuci motor sendiri dirasa sangat sulit dan memakan waktu.

Anda bisa memanfaatkan halaman atau area kosong di samping rumah untuk membuka usaha ini.

Usaha Jual Pulsa dan Paket Internet

Walaupun kini pulsa dan paket internet bisa dibeli via ATM atau internet banking, lapak pulsa tetap laris. Mengapa? Tawaran paket internet dan telepon dari operator kerap kali ruwet dan membingungkan.

Di balik harga murah, kadang menjual produk pulsa maupun internet memiliki syarat dan ketentuan tersembunyi. Penjual pulsa dan paket internet yang paham semua karakteristik operator akan menjadi ‘konsultan’ terbaik untuk memilih paket internet yang tepat bagi pelanggan.

Usaha Warung Bakso

Dari dulu hingga kini, dan sampai nanti bisnis makanan terutama bakso akan tetap digemari banyak orang. Kamu bisa membuka warung bakso sederhana di depan rumah.

Untuk awal bisnis dengan modal kecil, Anda bisa membeli bakso dan mie dari supplier terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda bisa kembangkan sendiri kekhasan sajian baksomu.

Mengenal Jenis Usaha Jasa

Jenis Usaha Jasa yang Menjanjikan Saat Ini
Jenis Usaha Jasa yang Menjanjikan Saat Ini

Mengenai jenis usaha jasa bagi seseorang yang berjiwa bisnis dan ingin bebas, memilih bekerja sebagai karyawan adalah pilihan yang begitu berat. Karena sejatinya setiap orang yang memiliki jiwa bebas ingin memiliki waktu yang banyak bersama keluarga, teman, hobi, dan lain sebagainya.

Selain itu mereka pun tidak ingin terikat oleh rutinitas serta suruhan atasan yang terkadang membuatnya menjadi lebih jenuh serta tak bersemangat dalam bekerja. Jika Anda termasuk kedalam kategori di atas, sebaiknya segera untuk memutuskan untuk resign dari pekerjaan yang Anda lakukan saat ini.

Tak perlu khawatir akan penghasilan, setelah resign Anda bisa berbisnis sesuai keinginan dan kemampuan. Bisnis yang bisa dilakukan pada zaman modern ini pun beragam, salah satunya adalah membuka usaha jasa. Trend usaha jasa ini sedang berkembang, karena memang dari segi pendapatan bisa melebihi gaji Anda selama bekerja.

Jenis Usaha Jasa yang Menjanjikan Saat Ini

Lalu usaha jasa apa yang bisa Anda buka tanpa modal? Berikut ulasannya dalam pembahasan jenis usaha jasa yang menjanjikan saat ini.

Usaha Jasa Les Privat

Membuka jasa les privat di Indonesia adalah hal yang sangat menggiurkan. Pasalnya dari segi level tingkat dasar hingga menengah atas memerlukan jasa les sebagai bahan tambahan pelajaran.

Tentunya ini bial dilihar dari segi les privat untuk anak sekolah. Les privat untuk ilmu lain pun bisa Anda buka mulai dari les privat musik, menari, menggambar, bahasa hingga les privat yang bersifat keagamaan yang Anda kuasai.

Membuka les privat ini bisa dilakukan di tempat And ataupun tempat murid les privat Anda. Sehingga memang tak perlu modal untuk memulai bisnisnya. Dengan kata lain cukup dengan ilmu yang Anda kuasai untuk bisa memulai usaha jasa les privat.

Bila Anda sudah dikenal sebagai guru privat yang mahir dalam satu ilmu, maka dengan sendirinya para klien akan berdatangan meminta Anda untuk mengajarkan mereka.

Usaha Jasa Penerjemah

Apakah Anda memiliki kemampuan berbahasa asing? Jika iya, manfaatkanlah hal tersebut untuk membuka usaha jasa penerjemah. Cara memulainya pun beragam bisa bergabung dengan salah satu travel agent yang memang sering membuka perjalanan internasional.

Dengan begitu Anda bisa menjadi pemandu wisata yang mengenalkan keindahan alam Indonesia ataupun membawa tamu dalam negeri untuk menemani mereka selama traveling di luar negeri.

Selain bergabung dengan travel agent, bisa pula bergabung dengan salah satu penerbit yang memang selalu menjual buku-buku luar negeri yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Jika memang tidak bergabung dengan kedua perusahaan tersebut, Anda pun bisa membuka usaha sendiri sebagai pemandu wisata untuk wisatawan mancanegara atau membuka jasa penerjemah buku dengan mendirikan CV atau agent tersendiri.

Karena memerlukan jaringan yang kuat, mau tidak mau Anda harus mempromosikan usaha ini lewat sosial media atau bisa memnita teman Anda untuk membantu mempromosikannya. Bayaran yang diterima tentunya disesuaikan dengan kemampuan dan kesepakatan Anda dengan klien.

Di awal membuka jasa penerjemah ini Anda bisa memasang tarif standar dengan sesekali berikan diskon yang menarik agar klien Anda tertarik.

Bisnis jasa penerjemah ini masih tergolong jarang, karena itu bila Anda menekuninya dengan serius akan bisa menjadi perusahaan jasa penerjemah yang terbaik di Indonesia.

Usaha Jasa Pengetikan

Usaha jasa berikutnya adalah membuka jasa pengetikan. Tentunya bila Anda memiliki komputer atau laptop bisa dengan mudah membuka usaha ini tanpa harus mengeluarkan modal. Untuk usaha jasa pengetikan ini biasanya yang memerlukan adalah mahasiswa, siswa, atau guru-guru yang berada di lingkungan sekolah.

Karena itu untuk membuka usaha ini bisa mempromosikannya ke lingkungan sekolah atau kampus yang berada di dekat tempat tinggal Anda. Jika rumah Anda berada di tempat sekolah tersebut akan sangat mudah dan menjadi hoki tersendiri sendiri bagi Anda untuk meraup keuntungan.

Mereka yang memang menggunakan jasa pengetikan ini rata-rata tidak mahir dalam mengoperasikan komputer. Atau ada pula yang memang tak memiliki banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Selain bisa dipromosikan secara offline, membuka usaha ini pun bisa dilakukan secara online lewat sosial media yang Anda miliki. Jika sudah begitu tak dipungkiri klien Anda akan didapat dari daerah lain yang memang sangat jauh jangkauannya.

Jangan lupa selain ada fasilitas komputer sertakan juga dengan printer. Karena biasanya mereka ingin mencetak hasil pengetikan tersebut. Namun, jika belum ada Anda bisa menggunakan flash disk atau jasa pengiriman lewat email dan tergantung dari keinginan pemesan.

Karena ini menyangkut jasa, maka harus diperhatikan tentang deadline serta service excelent yang memuaskan pelanggan Anda.

Usaha Jasa Penulisan Artikel

Untuk Anda yang memiliki hobi menulis, manfaatkan hal tersebut untuk membuka usaha jasa penulisan artikel. Karena saat ini banyak perusahaan atau para pelaku bisnis online yang memerlukan tulisan artikel untuk diterbitkan dalam blog maupun websitenya.

Untuk memulai usaha ini Anda harus memiliki laptop atau komputer sebagai bahan “tempur” memulai bisnis. Ynag diperlukan dalam membuaka usaha jas penulisannya artikel ini adalah mau menulis dengan tema apapun dan harus mau menulis seusia dengan pesanan klien.

Jangan lupa pula setiap bulannya harus menyisihkan anaggaran untuk bisa terkoneksi dengan internet. Tujuannya untuk mudah berkoordinasi dengan klien Anda dari hal pengiriman sampai konsultasi masalah penulisan.

Tarif untuk menulis pun beragam seusai dengan kata yang dipesan oleh klien. Sebagai gambaran para penulsi artikel ada yang mentarif 15,000 untuk satu artikel bila klien memesan 10 sampai 20 artikel.
Ada pula yang menghargai tulisan artikel 50,000 – 75,000 bila klien hanya memesan satu artikel atau dengan jumlah yang sedikit.

Tentunya di Indonesia ini belum ada standar khusus dalam menetapkan harga tulisan artikel. Berapapun nilai yang disepakati antara Anda dan klien perhatikanlah kualitas tulisan karena mereka menyukai tulisan yang benar-benar original.

Bila Anda mahir dalam penulisan artikel bahasa inggris pun sangat diperhitungkan dan dicari oleh beberapa klien. Karena saat ini blog berbahasa Inggris sangat diperlukan untuk menjangkau negara lain dan mendapatkan penghasilan dari tulisan tersebut.

Karenanya, Anda bisa mengupgrade skill yang dimiliki dengan mencoba menuliskan artikel berbahasa Inggris.

Pebisnis Online atau Blogger

Di zaman yang serba canggih ini segala sesuatu bisa menjadi sumber penghasilan. Salah satunya adalah menjadi seorang blogger yang saat ini begitu sangat menjanjikan untuk meraup pundi-pundi penghasilan dalam bentuk dollar.

Bila Anda yang suka menulis cobalah untuk mempostingnya lewat sebuah blog yang telah disediakan oleh google. Setelah tulisan Anda mencapai 30 sampai 60 artikel bisa didaftarkan ke google adsense untuk mendapatkan penghasilan dari hal tersebut. Tentu saja dengan syarat trafiic pengunjung mencapai ratusan hingga ribuan.

Bila Anda disetujui pihak google tentunya mereka kan membayar Anda dari iklan yang dipasang dalam blog atau website Anda.

Nah, blogger tersebut saat ini menjadi usaha jasa online yang sangat diminati oleh kaula muda maupun orang tua. Mereka rela berjam-jam di depan komputer atau laptop hanya untuk menulis, memposting dan mensharenya lewat sosial media.

Dari usaha tersebut banyak bermunculan para blogger dengan penghasilan di atas 10 juta setiap bulannya. Tentunya ini menjadi salah satu bentuk usaha yang menggiurkan. Berawal dari sebuah hobi Anda bisa menjadi seorang miliarder.

Untuk membuka usaha ini bisa pula melakukan privat atau masuk dalam komunitas serupa dimana mereka akan membagikan tips-tips untuk memulai usaha tersebut.

Usaha Dropship atau Reseller Produk Online

Saat ini banyak orang yang menjual barang usahanya lewat online. Karena dengan online bisa menjangkau daerah atau tempat manapun tanpa harus bertatap muka.

Nah, banyaknya produk online yang berseliweran adalah peluang untuk Anda membuka usaha. Anda bisa menjadi reseller yang menghubungkan konsumen dan produsen. Tentunya keuntungan yang didapat dari hasil penjualan yang Anda tawarkan kepada konsumen.

Untuk urusan pengiriman serahkan pada pemilik barang karena mereka yang akan mengurusnya. Ongkos kirim yang dikeluarkan pun biasanya ditanggung oleh pembeli dimana mereka akan mengeluarkan ongkos kirim sesuai dengan tempat tinggal mereka.

Produk online yang dijajakan pun beragam mulai dari baju, produk kecantikan, mainan anak, makanan, dan lain sebagainya.

Sebaiknya untuk memulai usaha ini lakukan dengan satu produk dahulu biarkan orang mengenal Anda dengan branding penjual makanan atau fashion. Setelah sukses dengan omset lumayan Anda pun bisa mencoba produk lain. Usaha jasa ini tentunya tak mengeluarkan modal justru Anda adalah “penyelemat” bagi produsen dan juga konsumen.

Jasa Mengantar Anak Sekolah

Bila Anda memiliki kendaraan yang cukup besar manfaatkanlah hal tersebut untuk membuka usaha jasa mengantar anak sekolah. Bila mobil Anda tidak terlalu besar bisa membidik salah satu sekolah Paud atau TK untuk mengantar beberapa anak yang akan sekolah.

Tahap untuk membuka usuha ini tentunya harus berkoordinasi dengan pihak sekolah. Selanjutnya pihak sekolah akan mensosialisasikan hal tersebut pada orang tua. Untuk membuka usaha ini Anda harus mau mengetahui tentang karakteristik anak mulai dari penangananya sampai sikap yang harus ditunjukkan kepada mereka.

Sekilas memang tampak gampang tetapi bila dijalani akan ada kejutan-kejutan menarik yang dilakukan anak-anak. salah sedikit atau salah penanganan akan berdampak fatal bagi mereka.

Usaha jasa ini pun tak memakan waktu banyak bisa disesuaikan dengan kepergian dan kepulangan siswa. Membuka usaha pun tak harus menggunakan modal yang besar tentunya bila Anda memiliki kendaraan sendiri.

Usaha Jasa Titip atau Jastip

Usaha jasa titip saat ini tengah menjadi usaha yang begitu menggiurkan dikalangan remaja sampai berbagai kalangan.

Biasanya pelaku jasa titip ini adalah seseorang yang tinggal di luar kota atau negeri yang menawarkan barang ciri khas negara atau kota setempat dengan harga yang murah namun kualitas sangat bagus. Selain barang, jasa titip pun menawarkan aneka kuliner yang berasal dari daerah atau negara setempat.

Cara kerja pelaku jasa titip ini adalah dengan masuk ke sebuah toko fashion, makanan, aksesoris dan lain sebagainya. Mereka pun akan memotret barang-barang yang sekiranya akan laku untuk dijual. Setelah itu mereka akan mengunggahnya lewat sosial media.

Tentu saja para pelaku jasa titip ini hanya memerlukan smartphone atau laptop, kuota, dan jaringan internet yang memadai. Bagi yang membuka usaha jasa titip khusus barang-barang yang ada diluar negeri biasanya akan dibatasi sesuai dengan kapasitas bagasi pesawat.

Jasa titip ini juga berlaku untuk Anda yang senang traveling. Kemanapun Anda akan pergi terlebih dahulu bisa mencari informasi tentang oleh-oleh daearah setempat yang bisa Anda jual ke konsumen.

Penutup Jenis Usaha yang Menjanjikan 

Jenis Usaha yang Menjanjikan Saat Ini
Jenis Usaha yang Menjanjikan Saat Ini

Sekian deh artikel seputar Bisnis dari Kang Yusuf yang berjudul Jenis Usaha yang Menjanjikan Saat Ini. Semoga bermanfaat dan berguna bagi Anda yang membutuhkan. Dengan adanya materi mengenai macam-macam jenis bisnis yang menguntungkan ini bisa Anda pelajari dengan baik dan bijak.

Referensi artikel jurnal.id ajaib.co.id dan folderbisnis.com