√ Mengenal Jenis Kertas untuk Percetakan dan Kegunaannya - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Mengenal Jenis Kertas untuk Percetakan dan Kegunaannya

Daftar Isi [Tampil]

    Yuk Mengenal Jenis Kertas untuk Percetakan dan Kegunaannya. Jenis kertas percetakan ada banyak dengan beragam ukuran dan kegunaan. Mungkin selama ini kamu hanya tahu beberapa saja.

    Nah, pada kesempatan kali ini Kang Yusuf yang mendapatkan referensi artikel mengenai jenis kertas percetakan dan kegunaan dari masing-jenis kertas dari situs Kangmasian akan berbagi informasi mengenai jenis kertas yang biasa digunakan dalam dunia percetakan.

    Tentunya dengan adanya informasi seputar edukasi tentang jenis kertas untuk percetakan yang kemudian dijelaskan juga kegunaan dari jenis kertasnya masing-masing, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi kamu yang membutuhnya.

    Biasanya yang ingin lebih tahu dan detail mengenai jenis kertas percetakan yaitu dari pemilik atau bisnis foto copy atau dewan guru sekolahan, agar tidak keliru dan salah didalam memilih jenis kertas yang dipergunakan.

    8 Jenis Kertas untuk Percetakan dan Kegunaannya

    Mengenal Jenis Kertas untuk Percetakan dan Kegunaannya

    Saat ini menemukan sebuah percetakan sangat mudah, dan harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau. Sehingga, kamu tidak perlu mengeluarkan budget yang besar untuk memenuhi kebutuhan percetakan.

    Tapi, sebagai konsumen kamu juga perlu tahu hal-hal yang berkaitan dengan dunia percetakan. Seperti beragam jenis kerta yang digunakan, sehingga pemanfaatannya jadi lebih efektif.

    Berikut penjelasan lengkapnya mengenai beberapa jenis kertas untuk percetakan:

    Jenis Kertas HVS

    Jenis kertass percetakan yang pertama yaitu HVS. Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan jenis kertas satu ini. Tekstur kertas HVS biasanya sedikit kasar, dan banyak dijual di toko buku dengan ukuran gramasi berupa 70gr, 80gr, dan 100gr, atau ukuran Q4 dan ukuran kertas F4.

    Biasanya jenis kertas HVS ini sering digunakan untuk fotokopi atau printer deskjet, serta mencetak dokumen di kantor.

    Kertas HVS tidak hanya berwarna putih loh, tapi ada juga yang berwarna kuning, merah, dan hijau.

    Jenis Kertas Art Paper

    Berbeda dengan jenis kertas HVS yang permukaannya sedikit kasar, art paper justru memiliki permukaan yang licin. Ukuran gramasi yang biasa dipakai adalah 100gr, 120gr, dan 150gr.

    Kertas art paper mempunyai dasar yang mengkilap, dan bisa ditambahkan finishing dengan laminasi doff, glossy, atau dengan UV.

    Biasanya kertas art paper digunakan untuk brosur, majalah, kalender, leaflet, atau pelapis hardcover.

    Jenis Kertas Art Karton

    Selanjutnya jenis kertas untuk percetakan yaitu kertas Art Karton. Persamaan art karton dengan art paper adalah pada bahan kertas yang digunakan. Hanya saja kertas karton memiliki gramasi yang lebih tebal.

    Kertas karton putih maupun warna lainnya kerap digunakan di dunia percetakan untuk kartu nama, katalog, company profile, brosur, atau cetak lainnya yang butuh jenis kertas lebih tebal.

    Pada umumnya setelah dicetak, kertas karton dilaminating lagi agar hasil lebih memuaskan. Gramasi yang biasa dipakai adalah 190gr, 210gr, 230gr, 260gr, 310gr, dan 360gr.

    Jenis Kertas Duplex (Coated)

    Sangat mudah untuk membedakan kertas jenis duplex dengan jenis lainnya. Dimana kertas duplex memiliki sisi depan putih dan sisi belakang abu-abu.

    Jenis kertas percetakan ini biasa digunakan untuk pembuatan box, karena harganya yang relatif murah.

    Meskipun umumnya memiliki dua sisi yang berbeda, tapi ada juga kertas duplex yang berwarna putih mengkilap di kedua sisinya. Macam gramasi yang biasa dipakai 250gr, 270gr, 310gr, 350gr, dan 400gr.

    Jenis Kertas Ivory

    Nah jenis kertas percetakan selanjutnya yaitu kertas Ivory. Jenis kertas ivory hampir sama dengan kertas karton dari segi ketebalan dan permukaannya yang halus. Bedanya, permukaan kertas ivory hanya ada di satu sisi saja.

    Sementara pada sisi lainnya tanpa coating. Kertas ivory bisa dipakai untuk mencetak paper bag atau kardus kosmetik.

    Biasanya kardus kosmetik yang menggunakan kertas ivory berbentuk kotak dengan desain cetak full color. Gramasi yang biasa digunakan beragam, mulai dari 210gr, 230gr, 250gr, 310gr, hingga 400gr.

    Jenis Kertas Samson Craft

    Kamu pasti pernah melihat kertas berwarna coklat muda? Kertas bahan daur ulang, dengan permukaan kasar ini bernama Samson Craft.

    Biasanya jenis kertas percetakan samson craft digunakan untuk kertas bungkus, tetapi karena kesannya plasti, maka bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan paper bag.

    Selain itu juga sering digunakan sebagai pembungkus atau packaging, nama lain dari samson craft ini adalah craft linear.

    Jenis Kertas Linen

    Mendengar kata linen apakah kamu langsung teringat dengan jenis kain? Eits, tunggu dulu. Dalam dunia percetakan ada juga jenis kertas bernama linen.

    Kertas ini memiliki tekstur garis-garis, padat, dan menyerupai serat kain. Mungkin sebab itu kenapa namanya sama dengan salah satu jenis kain. Hehe..

    Jenis kertas linen banyak ditemukan di toko buku dan toko kertas. Kamu bisa menggunakan kertas linen untuk pembuatan kartu undangan, agenda, sertifikat, dan kartu nama.

    Jenis Kertas Kalkir

    Jenis kertas ini cukup menarik karena bahannya yang tembus pandang. Biasanya para desainer menggunakan kertas ini untuk merancang desain atau gambar.

    Ketebalan dari kertas ini tipis, transparan, dan kebanyakan orang menyebutnya kertas minyak.

    Selain biasa digunakan para desainer, jenis kertas kalkir lebih sering digunakan untuk dokumen, nota, faktur, surat jalan, dan kwitansi.

    Kesimpulan Jenis Kertas Percetakan

    Mengenal Jenis Kertas untuk Percetakan dan Kegunaannya


    Demikian penjelasan mengenai jenis kertas untuk percetakan beserta kegunaannya. Masih ada banyak lagi jenis kertas lainnya, dengan beragam tekstur, bahan, hingga gramasinya.

    Mengenali jenis-jenis kerta di bidang percetakan itu penting, supaya kamu bisa memilih jenis kertas yang tepat untuk kebutuhan cetak kamu. Menggunakan jenis kertas yang sesuai akan membuat hasil cetak lebih berkualitas.

    Penutup

    Jenis Kertas untuk Percetakan dan Kegunaannya

    Sampai sini dulu penjelasan kali ini mengenai dunia percetakan dari Kang Yusuf yang berjudulkan Mengenal Jenis Kertas untuk Percetakan dan Kegunaannya. Semoga ulasan ini bisa menambah wawasan kamu dan berguna dalam kehidupan sehari-hari.

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Hai

    Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

    Pemilik Kang Yusuf
    +62 823-7775-4543
    Call us to +62 823-7775-4543 from 0:00hs a 24:00hs
    Hai, ada yang bisa saya bantu?
    ×
    Tanya Kami