√ Peluang Ide Bisnis Properti Tanpa Modal Tanpa Hutang - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Peluang Ide Bisnis Properti Tanpa Modal Tanpa Hutang

Daftar Isi [Tampil]

    Mari kita pelajari beberapa Cara Ide Bisnis Properti Tanpa Modal Tanpa Hutang. Bisnis properti tidak selamanya harus dengan modal besar, bahkan bisnis ini bisa dilakukan tanpa modal. Modal yang paling utama untuk memulai bisnis properti adalah keterampilan berbicara.

    Semua orang tentu sudah dibekali kemampuan berbicara sejak lahir, tentu ini bukan masalah yang besar bagi Anda yang ingin memulai bisnis properti. Di bawah ini adalah rangkuman beberapa ide cara memulai bisnis properti dari nol tanpa modal yang mungkin dapat Anda coba.

    Biasanya Bisnis Properti Identik dengan Modal Besar, Bisnis properti merupakan sebuah bisnis yang tidak pernah mati. Hal ini disebabkan tempat tinggal merupakan sebuah kebutuhan primer manusia yang tidak akan pernah dimakan waktu,

    Oleh karena hal itulah banyak pebisnis yang mengurungkan niatnya untuk memulai bisnis properti ini. Apalagi dengan beranianya mempelajari dan giat belajar mencari peluang bisnis properti tanpa modal dan hutang yang cukup menjanjikan.

    Definisi Bisnis Properti

    Bisnis properti adalah bisnis yang bergerak di bidang kepemilikan aset, contohnya tanah dan bangunan, termasuk sarana dan prasarana yang ada di dalamnya sebagai satu kesatuan.

    Pelajari cara memulai bisnis properti tanpa modal dan hutang. Memulai bisnis properti dengan berutang tentunya memiliki risiko besar. Apabila Anda gagal memperoleh keuntungan besar, bisa-bisa Anda malah merugi karena bunga pinjaman tersebut.
    Selain itu, namanya pinjaman tentu akan semakin besar apabila dilunasi dalam waktu yang lama.

    Oleh karena itu, waktu Anda menjual properti juga bisa mempengaruhi untung ruginya.
    Dengan demikian, sangat disarankan untuk memulai bisnis properti tanpa berutang. Dengan demikian Anda bisa meminimalkan risiko kerugian yang mungkin terjadi.

    Tips Cara Bisnis Properti Tanpa Modal Tanpa Hutang

    Peluang Ide Bisnis Properti Tanpa Modal Tanpa Hutang
    Ide Bisnis Properti Tanpa Modal Tanpa Hutang
    Bagaimana caranya berbisnis properti tanpa utang dan modal ? Simak beberapa tipsnya mengenai beberapa ide untuk bisnis properti tanpa modal tanpa hutang berikut ini:

    1. Menjadi Agen Makelar Properti

    Pertama cara memulai bisnis properti tanpa modal dan hutang. Memulai bisnis properti tidak selalu harus membeli sebuah properti untuk dijual kembali lho! Anda bisa memulainya tanpa modal dengan cara menjadi agen makelar properti.Sistemnya sangat sederhana, dimana Anda hanya perlu mencari properti yang dijual di sekitar Anda dan belum diiklankan.

    Kemudian, hubungi pemilik rumah untuk menawarkan diri sebagai makelar atau perantara penjualan. Apabila penawaran disetujui, buatlah iklan atas nama Anda untuk memasarkan rumah tersebut.Bisa dalam bentuk banner, iklan di koran, iklan internet, dan sebagainya.

    2. Rutin Melihat Iklan Properti

    Saat ini sudah ada banyak sekali media yang memuat iklan-iklan properti. Sumbernya pun beragam, bisa dari internet, koran maupun papan iklan di jalan. Anda bisa turut memasarkan properti yang sedang dijual tersebut kepada kerabat atau orang yang membutuhkan.

    Saat memasang harga, patok harga yang sedikit lebih tinggi agar jika terjual, Anda memperoleh keuntungan.

    3. Dimulai dari Lingkungan Anda

    Di sekitar Anda pasti ada banyak orang yang ingin membeli rumah atau menjualnya, anda bisa mengamati dan ikut 'nimbrung' saat terjadi pembicaraan seputar hal ini. Tanyakan lebih detail rumah seperti apa yang dicari dan lokasinya di mana.

    Saat Anda baru memulai bisnis, Anda bisa belajar bagaimana menjalankan usaha ini. Toh tidak ada perjanjian kalau Anda harus mencarikan rumah sampai dapat.

    Jadi bisnis ini sifatnya nothing to lose. Tapi Anda juga harus rajin dan fokus dalam mencarikan properti agar hasilnya tidak sia-sia.

    4. Mencari Calon Penjual

    Selanjutnya cara memulai bisnis properti tanpa modal dan hutang. Ketika Anda sudah berdiskusi dengan calon pembeli, maka tugas Anda berikutnya adalah mencari calon penjual. Untuk mencari properti yang dijual, pertama-tama Anda harus rajin mendatangi lokasi perumahan dan pameran properti yang sedang dilangsungkan di daerah terdekat Anda.

    Lokasi sangat menentukan harga dan minat, galilah informasi selengkap mungkin agar calon pembeli pun memiliki gambaran yang memuaskan akan pilihan rumah yang ada.

    5. Mencoba Berbisnis Homestay

    Peluang Ide Bisnis Properti Tanpa Modal Tanpa Hutang
    Ide Bisnis Properti Tanpa Modal Tanpa Hutang
    Pernahkah Anda melakukan homestay sebelumnya? Jika pernah, tentunya Anda tahu bahwa homestay juga merupakan sebuah bentuk bisnis properti dengan cara menyewakan properti dengan harga murah.

    Apabila Anda memiliki kerabat atau teman yang memiliki sebuah rumah yang tidak terawat di kawasan industri atau edukasi, maka ini bisa dijadikan bisnis yang bagus.

    6. Mencari Properti dengan Harga di Bawah Pasaran

    Apabila Anda ingin mengambil kredit dari bank, biasanya dana yang diperoleh akan lebih kecil dari yang diharapkan, karena pihak bank melakukan appraisal untuk menentukan harga rumah.

    Apabila Anda ingin memperoleh pinjaman sesuai yang dibutuhkan, maka triknya adalah dengan mencari properti dengan harga di bawah pasaran.Dengan demikian, pihak bank akan melakukan appraisal dengan harga normalnya.

    Hasilnya? Anda akan memperoleh pinjaman sesuai yang dibutuhkan atau bahkan lebih.Meskipun beban kredit akan lebih besar karena jumlah pinjaman juga besar, Anda bisa memanfaatkan kelebihan uangnya untuk memperoleh keuntungan lebih besar lagi.

    Dengan cara ini maka keterbatasan dana bisa teratasi dengan mudah.

    7. Tawarkan Kerjasama Bisnis Properti

    Saat Anda telah menemukan penjual, mulailah menawarkan kerjasama. Ada baiknya menuliskan kerjasama tersebut di atas kertas agar lebih jelas dan tidak merugikan pihak mana pun.

    Tanyakan pula detail rumah yang dijual, seperti luas, lantai, harga, kondisi sekitar, serta cara pembayaran yang dikehendaki berikut komisi yang akan Anda dapatkan kalau berhasil menjual rumah tersebut.

    Setelah mengikat kerjasama, tugas Anda adalah mencari pembeli yang tepat. Di sinilah keahlian marketing Anda diperlukan. Anda harus memahami cara meyakinkan calon pembeli. Perlu juga diketahui.

    Jangan sampai melebih-lebihkan fakta mengenai keadaan properti karena itu artinya Anda sudah tidak jujur dalam berbisnis. Jika ketahuan berbohong, kemungkinan besar mereka tak mau menggunakan jasa Anda lagi.

    Maka cara memulai bisnis properti tanpa modal dan hutang. Dari segi harga, jangan menaikkan harga terlalu tinggi karena para calon pembeli pun akan lari. Para penjual biasanya sudah memberikan ketentuan komisi yang akan Anda dapat kalau berhasil menjual rumah mereka.

    Oleh karena itu, perjanjian yang tertulis haruslah mengenai persentase komisi yang diberikan alih-alih menaikkan harga rumah yang sudah selangit.

    8. Sisihkan Keuntungan dari Bisnis Properti

    Setiap Anda memperoleh keuntungan dari komisi berbisnis properti, pastikan Anda menyisihkan sebagian pendapatan tersebut untuk ditabungkan dan memperbesar usaha Anda nantinya.

    Bisa juga menyisihkan sebagian lagi untuk bersedekah. Dengan berbagi rejeki, niscaya rezeki Anda pun dimudahkan oleh Allah.

    Kemudian jika Anda masih bingung dengan beberapa point diatas, Anda bisa mempergunakan modal atau kerjasama dengan orang lain yang ingin bekerjasama dengan Anda.

    Yuk simak pembahasannya dibawah ini yaa.

    Ide Bisnis Properti dengan Memanfaatkan Uang Orang Lain

    Peluang Ide Bisnis Properti Tanpa Modal Tanpa Hutang
    Ide Bisnis Properti Tanpa Modal dengan Orang Lain

    Nah, apabila Anda benar-benar tidak memiliki modal untuk memulai bisnis properti, maka alternatif solusinya adalah dengan memanfaatkan uang orang lain. Cara ini banyak digunakan investor kelas kakap sehingga bisa memulai bisnis tanpa perlu menggunakan uangnya sama sekali.

    Apabila Anda juga penasaran bagaimana caranya, simak beberapa tips berikut ini mengenai ide bisnis properti dengan memanfaatkan orang lain sehingga bisnis properti tanpa modal dan hutang,

    1. Menaikkan Harga dengan Tujuan Meminimalisasi Syarat

    Bayangkan apabila Anda memperoleh sebuah properti hot deal yang dijual dengan harga murah, tetapi Anda tidak memiliki cukup uang untuk membelinya. Apa yang harus Anda lakukan?

    Asumsikan saja harga pasaran di daerah itu adalah Rp10 juta per m2, dengan luas tanah 100m2 maka harganya adalah Rp1 miliar. Tetapi nyatanya pemilik menawarkan harga Rp800 juta saja.

    Maka caranya adalah dengan melakukan penawaran di atas harga yang ditawarkan.
    Sebagai contoh Anda bisa menawarkan rumah dengan harga Rp850 juta.

    Mendengar penawaran ini tentunya penjual merasa senang. Nah, pada saat inilah Anda bisa bernegosiasi. Dengan harga yang lebih mahal, mintalah agar DP yang umumnya 20% diperkecil, misalnya menjadi 10%.

    Atau Anda bisa menegosiasikan masa pelunasan menjadi lebih lama. Berikan argumen bahwa keringanan syarat ini adalah timbal balik dari kenaikan harga tadi.

    2. Meminjam Uang

    Walaupun sebaiknya Anda tidak berbisnis properti dengan berutang, namun jika Anda memprediksi keuntungan sangat besar maka hal ini bisa dijadikan solusi.

    Anda bisa meminjam uang dari bank atau mengambil Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Namun apabila masih kurang maka Anda bisa melakukan negosiasi dengan pemilik rumah.

    Maksudnya adalah, asumsikan kekurangan uang sangatlah banyak dan Anda tidak bisa membayar uang muka (DP), maka Anda bisa negosiasi dengan pemilik rumah agar uang muka tersebut bisa dicicil.

    Umumnya penjual akan mengerti apabila Anda menjelaskan dengan jujur mengenai kondisi keuangan Anda.

    3. Memanfaatkan Uang Sewa untuk Membayar DP

    Dalam berbisnis properti, sebaiknya Anda mencari properti yang telah tersewa, misalkan sebuah ruko yang sudah siap disewa oleh bank selama 5 tahun ke depan atau rumah yang memang sudah dikontrakan beberapa tahun.

    Dengan cara ini, Anda bisa membayar uang muka dengan memanfaatkan uang sewa di muka.
    Cara ini terbukti berhasil dalam bisnis properti dan tentunya meringankan kebutuhan dana dalam memulai bisnis properti.

    4. Manfaatkan Agunan Tambahan

    Apabila beberapa strategi di atas tidak berhasil, maka Anda bisa mencoba trik yang satu ini. Caranya adalah dengan menjaminkan sertifikat properti lain untuk memperoleh pinjaman.

    Anda bisa meminjam sertifikat tanah milik orangtua atau kerabat Anda. Apabila orangtua atau kerabat Anda tidak mau memberikannya, maka tawarkan keuntungan berupa komisi sebagai balas jasa peminjaman sertifikat tersebut.

    5. Manfaatkan Kredit

    Jika sudah tidak ada jalan lain, maka Anda bisa memanfaatkan kredit dari bank atau lembaga keuangan lainnya. Misalnya saja Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau kartu kredit.

    Dengan KTA, Anda bisa memperoleh pinjaman dana cukup besar dan proses pencairannya cukup cepat. Anda bisa memperoleh hingga Rp500 juta tergantung pada riwayat kredit Anda.

    Cara memulai bisnis properti tanpa modal dan hutang. Namun ingatlah untuk menghitung untung ruginya dengan mencari suku bunga yang masuk akal. Dengan demikian Anda masih bisa memperoleh keuntungan.

    Cara kedua adalah dengan kartu kredit, dimana Anda bisa memanfaatkan pinjaman jangka pendek meski jumlahnya tidak terlalu besar. Jika Anda pandai-pandai menghitung, maka Anda bisa memperoleh pinjaman hingga 45 hari tanpa bunga. Namun jangan sampai telat bayar ya, karena suku bunga kartu kredit sangatlah mencekik.

    6. Mencari Properti dengan Harga di Bawah Pasaran

    Apabila Anda ingin mengambil kredit dari bank, biasanya dana yang diperoleh akan lebih kecil dari yang diharapkan, karena pihak bank melakukan appraisal untuk menentukan harga rumah. Nah, apabila Anda ingin memperoleh pinjaman sesuai yang dibutuhkan, maka triknya adalah dengan mencari properti dengan harga di bawah pasaran.

    Dengan demikian, pihak bank akan melakukan appraisal dengan harga normalnya. Hasilnya? Anda akan memperoleh pinjaman sesuai yang dibutuhkan atau bahkan LEBIH.

    Meskipun beban kredit akan lebih besar karena jumlah pinjaman juga besar, Anda bisa memanfaatkan kelebihan uangnya untuk memperoleh keuntungan lebih besar lagi. Dengan cara ini maka keterbatasan dana bisa teratasi dengan mudah.

    Penutup Bisnis Properti Tanpa Modal Tanpa Hutang

    Sekian deh artikel dari Kang Yusuf mengenai dunia Properti yang berjudul Peluang Ide Bisnis Properti Tanpa Modal Tanpa Hutang. Semoga bermanfaat dan berguna bagi Anda yang membutuhkan.

    Referensi artikel finansialku.com

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Hai

    Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

    Pemilik Kang Yusuf
    +62 823-7775-4543
    Call us to +62 823-7775-4543 from 0:00hs a 24:00hs
    Hai, ada yang bisa saya bantu?
    ×
    Tanya Kami