Bisnis Daring dan Pemasaran Menuju Era Globalisasi


Pelajari Bisnis Daring dan Pemasaran Menuju Era Globalisasi. Didalam menyikapi era digital saat ini, sekolah menengah kejuruan atau SMK membuka program khusus yaitu keahlian bisnis daring (online) dan pemasaran.

Pada point ini murid diberikan pengetahuan mengenai dunia bisnis daring dan pemasaran menuju era globalisasi yang nantinya mampu memberikan hasil yang bermanfaat untuk keberlangsungan dimasa yang akan datang.

Tentunya hal ini sangat diharapkan oleh semua masyarakat Indonesia. Sebab dengan memiliki SDM atau sumber daya manusia yang pintar dan cerdas pastinya akan mampu mensejahterakan dan memakmurkan negara Indonesia kedepannnya.

Dengan adanya bisnis daring dan pemasaran menuju era globaliasi. Hal ini sebagai bentuk usaha untuk membekali siswa agar mampu menggunkan media online seperti situs web maupun media sosial sebaik mungkin, sehingga para siswa diharapkan mampu menggunakannya sebagai e-commerce.

Pengertian BDP (Bisnis Daring dan Pemasaran)

Pengertian Bisnis Daring dan Pemasaran Menuju Era Globalisasi
Pengertian Bisnis Daring dan Pemasaran

BDP atau kepanjangannya iyalah bisnis daring dan pemasaran adalah sebuah jurusan yang mempelajari tentang dunia marketing, baik secara online maupun offline.

Dalam jurusan BDP akan diajarkan bagaimana cara untuk menganalisa pasar dan menemukan peluang bisnis di dalamnya.

Tujuan Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

Berikut ini adalah beberapa pengetahuan mengenai tujuan jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran.
Menguasai ilmu marketing ketika lulus.
  • Bersikap profesional dalam menggunakan segala aspek yang ada dalam dunia bisnis.
  • Bersaing secara sportif dan mampu mengembangkan ilmu yang telah dipelajari.
  • Kreatif dalam berinovasi.
  • Produktif dalam mengembangkan usaha.
  • Mampu melakukan pemasaran.
  • Mampu bernegosiasi (tawar - menawar) dengan pelanggan.
  • Memahami secara lengkap prinsip dalam berbisnis.
  • Mampu menggunakan alat - alat untuk memasarkan produk.
  • Menerapkan 3K (kesehatan, dan keselamatan kerja).
  • Mengatur administrasi.
  • Melakukan pelayanan.
  • Menemukan peluang baru dari pelanggan.
  • Mampu bekerja sendiri maupun sebagai tim.

Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Daring dan Pemasaran

  • Memiliki banyak peluang usaha
  • Memiliki kesempatan untuk menjadi bos
  • Dapat membantu masyarakat secara nyata
  • Memiliki penghasilan yang besar ketika usahanya berhasil
  • Waktu dan tempat pelaksanaanya flexibel bisa dimana saja

Kekurangan Bisnis Daring dan Pemasaran

  • Penghasilan tidak pasti karena bergantung pada kebutuhan pelanggan
  • Belum tentu berhasil walau bekerja keras
  • Bertanggung jawab besar pada keputusan yang diambil dalam mengembangkan usahanya
  • Sulit jika harus membangun dari nol
  • Membutukan banyak saluran


Keunggulan Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

Bisnis Daring dan Pemasaran Menuju Era Globalisasi
Bisnis Daring dan Pemasaran Menuju Era Globalisasi
Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran merupakan salah satu jurusan yang cukup favorit di SMK, ini dibuktikan dengan sekolah yang membuka jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran selalu ramai pendaftarnya di musim Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilaksanakan di awal tahun Pelajaran.

Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran hampir sama dengan Jurusan Akuntansi yang memiliki peluang kerja cukup menjanjikan biasanya di dominasi oleh siswa cewek, walaupun di dominasi oleh siswa cewek bukan berarti kamu yang cowok tidak pas kalau di jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran ini.

Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran adalah jurusan yang membutuhkan kesabaran, ketelitian dan penuh kehati-hatian. Kenapa jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran perlu kesabaran, ketelitian dan kehati-hatian? Apakah jurusan yang lain tidak membutuhkan itu?.

Sebenarnya semua ilmu perlu dipelajari dengan kesabaran, ketekunan, ketelitian serta kehati-hatian. Namun pada jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran ini kamu bakalan dituntut untuk dapat merayu dan meyakinkan calon pembeli yang tentunya harus teliti dan hati-hati dan kesabaran.

Melakukan pemasaran secara daring sebenarnya prinsipnya sama dengan ketika melakukan pemasaran suatu jasa atau produk secara langsung (nyata), yang membedakan hanyalah MEDIA yang kita gunakan. Melakukan Pemasaran secara Daring dapat menggunakan media online seperti Website, Blog, Olshop, Media Sosial (facebook, WhatsApp, IG, dll).

Pemasaran secara Daring untuk saat ini dan kedepan merupakan stategi pemasaran yang efektif, kita melakukan pemasaran cukup menggunakan Komputer/Laptop/Tablet/Smart Phone kapan saja dan dari mana saja dengan pangsa pasar yang tak terbatas.

Media Sosial merupakan sarana yang paling efektif untuk melakukan pemasaran secara daring. Hampir setiap orang dari berbagai kalangan selalu menggunakan media sosial dalam keseharianya.

Teknologi Smart Phone telah merubah pola pikir kebanyakan orang terutama kalangan milenial dalam kegiatan sehari-hari, mulai dari belajar, bersosialisasi, belanja, dll dilakukan secara online seolah-olah Dunia ada dalam genggaman mereka.

Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK

Kalau di lihat dari Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran ini memang mengarahkan siswanya untuk dapat melakukan pemasaran secara online (daring), oleh karena itu pada jurusan ini dituntut untuk mengetahui dan memahami Internet.

Siswa pada jurusan ini juga dituntut untuk dapat menggunakan perangkat seperti Komputer/Laptop/Tablet/Smart Phone.

Lulusan jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran bisa bekerja di perusahaan, perkantoran atau lebih baik lagi untuk berwiraswasta.  Anda dapat membuat toko online sendiri, menjadi dropship dan kegiatan pemasaran lainya yang dapat dilakukan kapan saja dan dari mana saja.

Peluang kerja jurusan Bisnis Daring  dan Pemasaran ini cukup besar dan ngga ada habisnya. Untuk kamu yang mau melanjutkan (kuliah) ke Perguruan Tinggi, Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran juga banyak tersebar di Perguruan Tinggi maupun Universitas Negeri maupun Swasta.

Jika melihat dari Daftar Mata Pelajaran SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran ini sangat cocok bagi kamu yang akan melanjutkan kuliah di jurusan Ekonomi, Manajemen, Perbankkan maupun. Dasar dasar ilmu Bisnis Daring dan Pemasaran sudah kamu pelajari sewaktu di SMK

Bidang Pekerjaan Bisnis Daring dan Pemasaran

  1. Admin Fanspage
  2. Content Creator
  3. Blogger
  4. SEO
  5. Youtuber
  6. Online Shop
  7. Dropshipper
  8. Reseller
  9. Developer Game
  10. Developer WEB
  11. Desain Grafis
  12. Influencer
  13. Rekber (rekening bersama)
  14. Freelancer
  15.  

Mengenal Jenis-jenis Bisnis Online

Jenis jenis bisnis online
Jenis jenis bisnis online

Berikut ini adalah informasi seputar jenis jenis bisnis online mengenai dunia bisnis daring dan pemasaran menuju era globalisasi yang akan mendatang.

A. Pengertian Bisnis Online


Bisnis Online terdiri dari 2 kata yakni Bisnis dan Online. Bisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individual, untuk mendapatkan laba dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya.

Sedangkan kata Online menurut kamus.web.id adalah suatu kegiatan yangterhubung melalui jaringan komputer yang dapat diakses melalui jaringan komputer lainnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Bisnis Online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di media internet untuk menghasilkan uang.

Seperti halnya sebuah kegiatan bisnis di kehidupan nyata, bisnis online yang di jalankan via Internet ini pun memiliki tujuan yang sama yaitu menghasilkan suatu keuntungan.

B. Jenis-jenis Bisnis Online

Berikut beberapa jenis-jenis bisnis online daring dan pemasaran yang telah dirangkum adalah sebagai berikut :

1. Menerbitkan iklan (ads publishing)
2. Membangun list (list building)
3. Menjual produk orang lain dan mendapatkan komisi penjualan (affiliate marketing)
4. Menjual jasa desain grafis (banner, logo)
5. Menulis review dan dibayar (paid review)
6. Membuat membership site (paid subscription membership)
7. Menjual blog yang sudah jadi (blog flipping)
8. Menjual jasa pembuatan website
9. Membuat dan menjual theme / template website
10.Membuat dan menjual plugin / software
11. Jual beli paypal
12. Penulis artikel
13. Membuat toko online
14. Jasa SEO
15. Jasa Backlink
16. Jasa iklan FB Ads
17. Jasa tambah followers

Berbagai jenis usaha diatas banyak dilakukan oleh para pebisnis online, dan benar-benar online. Maksudnya, Anda tidak perlu produk fisik, karena semua jenis usaha itu pada intinya adalah berjualan produk-produk digital dan jasa.

Jika Anda mau, Anda bisa memilih salah satu dan jalani mana yang paling sesuai untuk Anda.
Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa jenis usaha sekaligus untuk mendapatkan hasil yang lebih.

Membangun toko online juga merupakan salah satu peluang bisnis online yang sangat menarik. Banyak juga pengusaha online yang sukses di jalur ini dengan menjual produk fisik.

Beberapa metode yang bisa digunakan antara lain:
  1. Memproduksi dan berjualan produk sendiri
  2. Menjadi agen / reseller dari suatu produk, yakni membeli produk dalam jumlah tertentu biasanya Anda akan mendapatkan diskon khusus dibanding harga produk di pasaran), dan selanjutnya Anda bisa menjual kembali produk tersebut dengan harga yang lebih tinggi, sehingga selisih harga ini bisa menjadi laba Anda
  3. Menjualkan produk orang lain dengan pola dropshiping, dimana Anda bisa langsung menawarkan suatu produk tanpa harus stok terlebih dahulu, dan nanti Anda bisa pesan produk tersebut setelah Anda mendapatkap pembeli.

Penutup Bisnis Daring dan Pemasaran

Bisnis Daring dan Pemasaran Menuju Era Globalisasi
Bisnis Daring dan Pemasaran Menuju Era Globalisasi

Untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses sebenarnya sangat mudah jika telah memahami dengan benar prinsip dan strategi bisnis daring dan pemasaran.

Namun hal tersebut akan menjadi sangat sulit jika kurangnya ketekunan dan niat dalam menjalankan usaha yang dimiliki saat ini.

Intinya adalah "dalam menjalani usaha pada awalnya pasti sulit dan malas, sehingga persaingannya adalah siapa yang bertahan hingga akhir".

Sekian artikel seputar dunia Pendidikand dari Kang Yusuf yang berjudul Pengertian Bisnis Daring dan Pemasaran Menuju Era Globalisasi. Semoga bermanfaat dan berguna buat Anda yang membutuhkannya.