Salis Nur
Salis Nur Hi, I'm Salis. I have interest on crochetting and postcrossing. I crochet many things, bags, clothes, hats, and many more.

Tips Berbuka Puasa agar Tidak Mengantuk saat Salat Tarawih

Daftar Isi [Tampil]
Tips Berbuka Puasa agar Tidak Mengantuk saat Salat Tarawih

Yep pada pembahasan kali ini Neng Salis ingin berbagi Tips Berbuka Puasa agar Tidak Mengantuk saat Salat Tarawih. Disimak yaa artikelnya sampai selesai, jangan sampai waktu shalat tarawih malah molor bahkan bablas sebab kekenyangan wkwkwk, Jangan gitu ya kawan kawan :-D
Allahu akbar Allahu akbar ...
Adzan maghrib telah berkumandang. Saatnya membatalkan puasa, melepas dahaga dan lapar setelah seharian tadi menahannya. Orang-orang terburu-buru mengambil makanan dan minuman  banyak-banyak. Hendak 'membungkam' perut yang berbunyi keroncongan. Kamu, mungkin termasuk salah satu dari mereka.

Segera memenuhi piring dengan nasi, lauk, sayur. Oh ya, gelas pun penuh dengan minuman yang menyegarkan seperti kolak dan es buah. Setelah 13 jam kelaparan, wajar saja kan kalau menyantap hidangan sebanyak mungkin?

Setelah rasa laparmu hilang dan kamu kenyang, kamu segera beribadah dan siap-siap untuk salat tarawih. Eh ... tapi, kok sembari menunggu waktu salat tiba kamu malah merasa mengantuk? Bahkan tidak jarang ketika salat kamu sampai menguap berkali-kali hingga matamu berair karena menahan kantuk. Apa yang terjadi?

Serangan Makanan dalam Waktu Singkat dan Jumlah Besar

Tips Berbuka Puasa agar Tidak Mengantuk saat Salat Tarawih
Gambarnya dari sini.
Perut yang tidak terisi dalam waktu lama kemudian dimasuki sejumlah besar makanan dan minuman, perlu bekerja lebih keras untuk mencerna. Sistem pencernaan lalu meminta pasokan darah yang lebih banyak untuk bekerja maksimal.

Ketika banyak darah yang mengalir ke perut, otomatis 'jatah' darah untuk otak juga berkurang. Hal itu sekaligus mengurangi asupan nutrisi untuk otak sehingga menyebabkan kamu mengantuk.

Peningkatan Kadar Gula Darah

Tips Berbuka Puasa agar Tidak Mengantuk saat Salat Tarawih
Dilansir dari Alodokter, kadar gula darah tinggi adalah indikasi diabetes

Saat memasukkan makanan ke dalam tubuh, otomatis kadar gula dalam darah akan meningkat. Apa pun jenis makanannya. Kadar gula darah berbanding lurus dengan jumlah makanan dan jenisnya. Semakin banyak dan berat, maka semakin tinggi kadar gula darah.

Untuk mengontrol kadar gula darah, pankreas akan memproduksi hormon insulin. Hormon ini berfungsi mengubah guka menjadi energi. Hormon insulin yang dihasilkan pankreas bereaksi dengan protein yang ada di dalam otak, menghasilkan hormon lain, yaitu hormon serotonin.

Rasa kantuk yang kamu rasakan setelah makan banyak berasal dari hormon serotonin. Terus ada gak ya tips berbuka puasa agar tidak mengantuk saat salat tarawih ? tentunya ada donk. Yuk simak pembahasannya dibawah ini ya.

Apa yang Harus Dilakukan Agar Tidak Mengantuk Setelah Berbuka?

Makan Secukupnya

Tips Berbuka Puasa agar Tidak Mengantuk saat Salat Tarawih
Secukupnya sih secukupnya, tapi ya nggak gini juga kali. Ini sumber gambarnya.
Biang kerok rasa mengantuk setelah berbuka adalah makanan yang jumlahnya banyak. Oleh karena itu saat berbuka kurangilah porsi makanmu. Gunakan piring atau mangkok berukuran kecil agar lebih terkontrol.

Porsi yang kecil akan membuatmu mampu menyantap jenis makanan lainnya. Bayangkan jika kamu kekenyangan setelah makan sepiring penuh nasi dan lauk. Padahal di meja masih terhidang kolak dan es buah. Sayang bukan kalau tidak di makan?

Jangan Terburu-buru

Tips Berbuka Puasa agar Tidak Mengantuk saat Salat Tarawih
Makannya pelan-pelan ya, nak. Sumber.

Awali ritual berbuka puasa dengan meminum air putih atau teh manis terlebih dahulu. Kemudian santaplah satu atau dua cemilan, dan salat maghrib.
Eh ... kok tidak makan?
Makannya nanti setelah salat maghrib. Cara ini efektif sekali untuk mengontrol nafsu makan agar tidak berlebihan. Kamu juga akan terhindar dari perut kembung dan sakit maag karena makan terlalu cepat dan banyak. Apalagi, makan terlalu cepat juga dapat membuatmu lalai mengontrol porsi makan.

Patuhi Aturan Makan dari Nabi Muhammad

Tips Berbuka Puasa agar Tidak Mengantuk saat Salat Tarawih
Aturan ini sudah ada ribuan seribu tahun yang lalu. Gambar dari sini.
Pernah mendengar, hadist yang artinya 'sepertiga makanan, sepertiga minuman, dan sepertiga udara'? Pada zaman Nabi, aturan hadist tersebut merupakan salah satu bentuk ketaqwaan pada Allah SWT. Namun, setelah diteliti lebih lanjut, ternyata terdapat banyak fungsi menakjubkan dari hadist tersebut. Diantaranya, tubuh jadi punya banyak waktu untuk 'dirinya sendiri'.

Saat makan terlalu banyak, tubuh memerlukan banyak waktu mengalokasikan banyak energi untuk proses katabolisme. Yaitu proses mengubah makanan sebagai molekul organik menjadi energi. Ini menyebabkan waktu yang seharusnya untuk detoksifikasi berkurang. Begitu juga waktu untuk penyerapan nutrisi untuk masing-masing fungsi tubuh. Gampangnya, badan kita tidak punya waktu untuk 'me time'.

Itulah fungsi dari hadist Nabi di atas, yaitu mencegah kita berlebihan dalam mengkonsumsi makanan.

Hindari Bersantai-santai setelah Makan

Tips Berbuka Puasa agar Tidak Mengantuk saat Salat Tarawih
Big no no untuk rebahan setelah berbuka puasa. Gambarnya dari sini.
Umumnya orang akan memanfaatkan waktu setelah berbuka sampai isya untuk bersantai-santai. Seperti rebahan berselancar di dunia maya atau menonton televisi. Padahal kegiatan itu berpotensi menyebabkan kantuk. Daripada itu, lakukanlah kegiatan lain. Tidak perlu berolah raga atau aktifitas yang berat kok.

Yang ringan-ringan saja. Kamu bisa membereskan meja makan, mencuci piring, menulis artikel, atau kegiatan lainnya. Pokoknya jangan sampai santai-santai, apalagi rebahan kalau tidak mau mengantuk saat salat tarawih nanti.

Sekian deh artikel seputar dunia resep masakan by Kang Adit yang berjudul Tips Berbuka Puasa agar Tidak Mengantuk saat Salat Tarawih. Semoga bermanfaat ya buat kawan kawan dirumah. 

Salis Nur
Salis Nur   Hi, I'm Salis. I have interest on crochetting and postcrossing. I crochet many things, bags, clothes, hats, and many more.
Note: Only a member of this blog may post a comment.

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Kang Yusuf
+6282377754543
Call us to +6282377754543 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami