Salis Nur
Salis Nur Hi, I'm Salis. I have interest on crochetting and postcrossing. I crochet many things, bags, clothes, hats, and many more.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Bunga Mawar

Daftar Isi [Tampil]

Mengenal Lebih Jauh Tentang Bunga Mawar. Saat masih SD, pernah kan ketika ujian. Kalian mendapati pertanyaan seperti ini : 'Sebutkan beberapa contoh bunga yang kamu ketahui'.Biasanya pertanyaan ini berkaitan dengan mata pelajaran IPA. Nah sebagian besar anak-anak bisa dipastikan akan menulis mawar sebagai jawabannya.

Bunga mawar memang umum diketahui orang banyak. Biasanya dikaitkan sebagai simbol perasaan kasih sayang. Kegunaannya banyak sekali. Bunga mawar acap kali dimanfaatkan sebagai bunga tabur, dekorasi, penghias ruangan, bahan parfum dan kosmetik, bahkan bisa digunakan untuk mengobati depresi.
Mengenal Lebih Jauh Tentang Bunga Mawar
Rosa canina, salah satu spesies bunga mawar. Sumber.
Tetapi sebenarnya apa sih, kandungan dalam bunga mawar sampai faedahnya begitu banyak? Simak penjelasan berikut ya.

Karakteristik Bunga Mawar

Secara umum, tumbuhan bunga mawar memiliki batang keras berduri, berbau harum, memiliki paling tidak lima kelopak bunga, dan tumbuh sekira setengah sampai satu meter. Bunga ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Baik tanaman maupun bunganya itu sendiri. Berdasarkan jenisnya, ada banyak sekali warna mahkota bunga mawar. Yang paling sering dijumpai adalah mawar merah. Selain itu ada pula mawar putih, merah muda, kuning, oranye, biru, dan hitam. Perbanyakan bunga mawar dengan cara distek, cangkok, okulasi, dan penyambungan.

Mawar digolongkan menjadi 3 kelompok besar berdasarkan cara pemeliharaannya : mawar perdu, mawar pohon, dan mawar bonsai. Sedangkan menurut Wikipedia, terdapat lebih banyak jenis pengelompokan untuk bunga mawar.

Di antaranya mawar liar, mawar hasil persilangan, mawar panjat, mawar semak, mawar taman modern, mawar Inggris, dan mawar mini.

Kandungan Bunga Mawar

Dalam sebuah bunga mawar segar, komponen terbesarnya adalah air (83 - 85%). Komponen lainnya adalah : vitamin B, C, E, dan K, β-karoten, antosianin, gula sebanyak 8 - 12%, minyak atsiri sekitar 0,01 - 1%.
https://media-public.canva.com/MAC2uYEIf68/1/thumbnail_large-1.jpg
Minyak bunga mawar. Sumber.

Antosianin adalah pigmen penyusun warna pada kelopak mawar. Semakin banyak antosianin, maka warna kelopak bunga akan semakin pekat.

Bahan kimia lain yang terdapat pada bunga mawar yaitu tannin, geraniol, nerol, citronellol, geranic acid, terpene, flavonoid, pektin polyphenol, vanillin, karotenoid, stearopten, farnesol, eugenol, fenilatilakohol, carvacrol, thymol, limonene.

Banyak sekali kan isinya bunga mawar? Sekarang coba kita bedah apa saja manfaat dari bahan-bahan kimia di atas.

Manfaat Bunga Mawar

Manfaat bungi mawar yang pertama adalah sebagai antiseptik.  Senyawa geraniol, limonene, fenol, carvacrol, thymol, dan terpene memiliki sifat antiseptik dan dapat membunuh hampir semua mikroba.

Pigmen antosianin dalam bunga mawar, selain untuk memberi warna pada mahkota bunga, senyawa ini bersinergis dengan asam sitrat dan terbukti berfungsi sebagai antioksidan. Jika diekstrak dan diaplikasikan ke kulit, zat aktifnya dapat mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Tidak hanya itu, ekstrak bunga mawar bermanfaat juga untuk melembabkan kulit, menyeimbangkan kadar asam pada kulit, menenangkan dan menyejukkan kulit, mengecilkan pori-pori dan bersifat mild-astringent (pengontrol kadar minyak di wajah), mencegah penuaan dini, menyembuhkan luka, dan mencerahkan kulit.

Kampus Ini Kembangkan Minuman Antioksidan Berbahan Bunga Mawar ...
Antocyanin adalah zat pewarna yang juga terdapat pada tanaman berbuah merah atau ungu. Sumber.

Bunga mawar dapat digunakan sebagai bahan baku obat, antara lain sebagai pengobatan aromaterapi, antikejang, pengatur menstruasi, menyembuhkan infeksi, menyembuhkan sekresi empedu.

Sedangkan minyak atsiri bunga mawar digunakan sebagai bahan baku industri parfum. Minyak ini juga bersifat sebagai antifungi atau antijamur.

Cara Memanfaatkan Bunga Mawar untuk Kulit

NewsAtFirst | Rose Water, Beauty's magic potion |News At First ...
Bunga mawar untuk kulit. Sumber.

Pengolahan bunga mawar yang digunakan untuk merawat kulit terbilang sangat mudah. Bunga mawar dapat dijadikan toner maupun serum. Caranya mudah sekali.

  1. Pertama siapkan bunga mawar sebanyak satu genggam tangan. Bila tidak ada bagaimana? Ya beli. Sering menjumpai pedagang kembang di pasar? Mereka menyediakan bunga mawar untuk keperluan adat dan makam. Beli saja lima ribu sudah dapat banyak.
  2. Cuci bersih bunga mawar, lalu tumbuk atau uleg sampai halus. Setelah itu peras sarinya menggunakan kain saring atau tisu. Tampung air perasan dalam wadah, tambahkan air perasan jeruk nipis dan madu. Setelah itu masukkan ke dalam botol.
  3. Sari bunga mawar dapat dioleskan langsung ke wajah sebagai serum. Jika ingin dijadikan toner, tinggal tambahkan air sebanyak 100 ml. 
  4. Gunakan serum ini 2 kali sehari, pagi dan malam. 
  5. Untuk penggunaan di pagi hari harus disertai tabir surya karena ada tambahan jeruk nipis. Jeruk nipis yang dioleskan ke kulit dapat bereaksi dengan sinar matahari yang menyebabkan wajah menjadi kusam.

Sumber artikel :
  1. http://digilib.unhas.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/YjYzNjVlZjI1MTc4NzcwYzk1NjRkZjg5YzQwMGRmNWYzZjU4Y2QxMA==.pdf
  2. http://eprints.umm.ac.id/35851/3/jiptummpp-gdl-nurhidayah-42380-3-babii.pdf
  3. http://randomandquick.blogspot.com/2014/11/diy-rose-toner.html

Penutup Tentang Bunga Mawar


Sekian deh artikel seputar dunia bunga mawar dalam katagori bunga yang berjudul Mengenal Lebih Jauh Tentang Bunga Mawar yang sudah Neng Salis buatkan untuk temen temen pembaca disini.

Salis Nur
Salis Nur   Hi, I'm Salis. I have interest on crochetting and postcrossing. I crochet many things, bags, clothes, hats, and many more.
Note: Only a member of this blog may post a comment.

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Kang Yusuf
+6282377754543
Call us to +6282377754543 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami