Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Cara Lengkap Membuat dan Mengurus SIKM Online

Daftar Isi [Tampil]

Berikut adalah pedoman lengkap Cara Membuat dan Mengurus SIKM secara online. SIKM atau surat izin keluar masuk menjadi dokumen penting bagi masyarakat yang mau masuk ke Jakarta. Setidaknya, ada 11 sektor pekerjaan yang diizinkan masuk ke Jakarta dengan menggunakan SIKM.

Cara membuat SIKM Online ini berdasarkan kepala DPMPTSP DKI Jakarta Benni Aguscandra mengatakan pembuatan SIKM ini juga bisa dilakukan dengan mudah, semuanya diakses secara online via https://corona.jakarta.go.id.

Kemudian untuk memudahkan pengurusan, Benni mengatakan pihaknya sudah mengizinkan adanya pengurusan sistem tanggungan. Maksudnya, satu pengurusan bisa digunakan untuk membuat maksimal 20 SKIM, dia mencontohkannya untuk pekerja konstruksi.

Panduan Lengkap Cara Membuat dan Mengurus SIKM Online
Panduan Lengkap Cara Membuat dan Mengurus SIKM Online

"SIKM ini diproses secara daring, online bisa diakses. Tapi memang beberapa pihak, Pak Gubernur sudah memerintahkan untuk beberapa sektor seperti konstruksi itu memang dilakukan dengan memakai sistem tanggungan.

Artinya misalnya seorang mandor menanggung maksimal 20 tukang," papar Benni dalam dalam dialog bersama Gugus Tugas COVID-19, Kamis (28/5/2020).

Dia menjabarkan bagi yang ingin mengurus SIKM harus menyiapkan KTP, kemudian surat pernyataan sehat dari virus Corona. Selain itu harus ada surat pernyataan kesediaan untuk dikarantina apabila ada pemeriksaan acak dan terbukti positif Corona.

Apa Itu SIKM

Surat Izin Keluar/Masuk ( SIKM) diperlukan bagi mereka yang berasal dari luar Jabodetabek yang ingin kembali ke Jakarta.

Melansir dari Kompas.com (28/5/2020) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan operasi SIKM akan berlaku hingga tanggal 7 Juni 2020.

"Operasi (pengecekan SIKM) ini akan dituntaskan sampai tanggal 7 Juni. Kalau PSBB (berlaku) sampai tanggal 4 Juni, tapi operasinya sampai tanggal 7 Juni," ujar Anies sebagaimana dikuip dari Kompas.com Kamis (28/5/2020).

Lantas bagaimana cara untuk mendapatkan SIKM? Mari simak cara lengkap untuk membuat SIKM secara online dan mudah.

Cara Membuat SIKM Online

Berikut ini langkah-langkah mendapatkan untuk membuat SIKM secara online.

1. Tahap pertama adalah membuka situs: https://corona.jakarta.go.id/id/izin-keluar-masuk-jakarta
2. Selanjutnya Klik tombol “Urus SIKM”, nantinya akan dialihkan ke laman JakEvo

Cara Lengkap Membuat dan Mengurus SIKM Online
Membuat dan Mengurus SIKM Online

Prosedur Urus SIKM 

(Tangkapan layar https://corona.jakarta.go.id/)
3. Isi data yang dibutuhkan meliputi Sifat perjalanan, alasan keluar/masuk Jabodetabek, Kota/Kabupaten Asal Domisili, dan Jenis Jalur Transpotasi
4. Siapkan beberapa berkas dan unggah,  untuk mengunggah berkas maka klik tombol “Upload Berkas”.
5. Beberapa berkas terkait surat keterangan sudah dilengkapi dengan form yang tinggal diisi, untuk mendownloadnya bisa klik tombol “Lihat Disini” lalu kemudian klik “Download di sini”.
Cara Lengkap Membuat dan Mengurus SIKM Online
Membuat dan Mengurus SIKM Online
Langkah membuat SIKM (https://corona.jakarta.go.id/)
6. Teliti kembali berkas yang siap diunggah lalu klik tombol “Kirim”
7. Apabila sudah terisi seluruhnya klik tombol “Submit Formulir”, selanjutnya akan muncul rincian isian data Anda. Cek kembali, jangan sampai salah.
8. Apabila sudah terkirim, cek secara berkala pengajuan perizinan dengan cara memasukkan nomor HP di laman https://corona.jakarta.go.id/id/izin-keluar-masuk-jakarta
9. Cetak dokumen


"Yang terpenting fotonya harus sama, KTP. Lalu, untuk SIKM cukup pernyataan sehat ditandatangani di atas materai dan juga kesediaan untuk dikarantina kalau nanti ada pemeriksaan acak dia terbukti," jelas Benni.

Benni juga menyebutkan harus ada pihak yang jadi penjamin seseorang yang mau mendapatkan SIKM. Penjamin ini akan dimintai konfirmasi dan klarifikasi mengenai keadaan pemohon SIKM.

"Yang penting juga adalah ada yang menjamin, misalkan ada pemilik rumah dialah yang menjamin. Maka dalam proses SIKM ini salah satu proses terpenting adalah konfirmasi atau klarifikasi atau validasi dari yang menjamin," kata Benni.

Penutup Membuat dan Mengurus SIKM

Sekian deh artikel seputar dunia berita pendidikan dari Kang Yusuf yang berjudul Panduan Cara Membuat dan Mengurus SIKM Online. Semoga bermanfaat dan berguna buat Anda yang membutuhkan.

Silahkan dishare dan dibagikan kepada sanak saudara semuanya ya. 

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.
Artikel Unggulan
Artikel Pilihan Pengunjung
Artikel Tentang Kesehatan

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Kang Yusuf
+6282377754543
Call us to +6282377754543 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami