Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Mengenal Apa Itu Arti Hickey dan Cara Menghilangkannya

Daftar Isi [Tampil]

Mari kita belajar untuk Mengenal Apa Itu Arti Hickey Beserta Cara Menghilangkannya. Hickey atau cupang, gigitan cinta, atau tanda ciuman (bahasa Inggris: Hickey), memar atau bercak-bercak seperti memar yang disebabkan oleh ciuman, gigitan, atau isapan (sucking) di kulit, dan biasanya terdapat di daerah leher atau lengan. Cupang sangat mungkin untuk muncul bila seseorang melakukan ciuman yang sangat kuat ketika bercinta.

Gigitan sangat memungkinkan untuk memunculkan cupang, sedangkan isapan cukup untuk memecahkan pembuluh darah keci di bawah kulit. Hickey atau Cupang dapat bertahan selama 5 hingga 12 hari dan dapat terlihat seperti memar biasanya. Cupang dapat pula disembuhkan seperti memar pada umumnya.

Cara untuk mengurangi penampakan dari cupang di antaranya, yaitu mengompres cupang yang baru terbentuk dengan es untuk mengurangi pembengkakan, menggosok dan menekan dengan sendok dingin untuk menghilangkan memar.

Serta melakukan kompres hangat pada cupang yang sudah lama untuk melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

Hickey/Cupang juga dapat ditutup dengan concealer atau bedak sesuai dengan warna kulit penderita, atau dengan pewarna kulit. Selain itu, pakaian seperti syal, snood, kaos berleher tinggi, atau pakaian berlengan panjang dapat pula digunakan untuk menutupi cupang.

Apa Itu Hickey

Mengenal Apa Itu Arti Hickey dan Cara Menghilangkannya
Mengenal Apa Itu Arti Hickey/Cupang

Hickey atau Cupang adalah tanda sementara yang dapat muncul setelah seseorang mengisap kulit orang lain, biasanya terjadi saat berhubungan seks. Hickey disebabkan karena pembuluh darah kecil tepat di bawah permukaan kulit pecah dan bocor ke jaringan lunak di sekitarnya. Hickeys cenderung muncul sebagai bidang dekolorisasi.

Tambalan ini biasanya berwarna merah muda, merah, atau ungu saat pertama kali muncul dan teksturnya mungkin empuk bila disentuh. Saat memar sembuh, cupang bisa menjadi lebih biru. Hickey dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, tetapi orang cenderung mengasosiasikannya dengan leher, di mana mereka bisa terlihat jelas.

Hickeys dapat bertahan selama beberapa hari atau lebih. Karena cupang adalah jenis memar, beberapa prinsip pertolongan pertama dasar dapat membantu mengurangi agar cupang tidak terlihat seperti dengan kompres dingin atau kompres es ke daerah yang terkena cupang selama 15-20 menit.

Hal ini dapat menghentikan pendarahan, mengurangi pembengkakan, dan membantu proses penyembuhan. Seseorang dapat membuat kompres es sendiri dengan membungkus es batu atau sekantong sayuran beku dengan handuk.




Baca Juga Manfaat dan Khasiat Daun Kelor


Hindari meletakkan es langsung di kulit, karena dapat menyebabkan rasa sakit dan dapat merusak kulit. Jika cupang lunak, minum obat penghilang rasa sakit bebas resep seperti ibuprofen dapat membantu meringankan rasa sakit atau bengkak. Beberapa orang juga merekomendasikan menempatkan sendok dingin di cupang selama sekitar 15 menit.

Ini mungkin tidak seefektif menggunakan paket es. Selain itu menggosok cupang dengan sikat gigi atau menggosoknya dengan koin untuk meningkatkan sirkulasi darah di daerah tersebut. Namun, tidak ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa ini akan berhasil.

Obat Menghilangkan Bekas Cupang/ Hickey

Melansir Medical News Today, selain es, terdapat beberapa obat yang bisa menghilangkan hickey atau cupang antara lain dibawah ini.

Ramuan Arnica

Arnica adalah ramuan yang tumbuh di beberapa daerah di Asia Timur, Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada. Orang telah lama menggunakan arnica sebagai obat tradisional untuk rasa sakit, bengkak, dan memar. Arnica tersedia dalam bentuk salep, gel, dan pelet homeopati.

Sebuah tinjauan sistematis pada 2014 menemukan beberapa bukti yang menunjukkan bahwa penggunaan topikal arnica dalam dosis di atas 10 persen mungkin memiliki efek sederhana pada penyembuhan memar. Saat membeli gel atau salep arnica, mungkin yang terbaik adalah memilih yang mengandung setidaknya 20 persen arnica.

Produk Comprey 

Seseorang dapat menerapkan produk comfrey secara topikal untuk mengobati memar. Comfrey adalah semak asli dari Eropa dan yang juga tumbuh di bagian AS. Akar dan daun komprei adalah obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk memar, luka, terkilir dan tegang, sendi inflamasi dan arthritis.

Sebuah tinjauan tahun 2013 menemukan beberapa bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa pemberian topikal dari akar komprei dapat membantu mengobati memar, rasa sakit, dan pembengkakan.

Vitamin K 

Vitamin K berperan penting dalam pembekuan darah dan penyembuhan luka. Meskipun kekurangan vitamin K jarang terjadi, itu bisa membuat seseorang lebih rentan terhadap masalah memar dan pendarahan. Satu studi tahun 2002 menyelidiki penggunaan vitamin K topikal pada orang yang menjalani perawatan laser untuk vena spider wajah.

Peserta yang menggunakan krim vitamin K setelah perawatan laser mengurangi memar dibandingkan dengan mereka yang menggunakan krim plasebo. Namun, menggunakan krim sebelum perawatan tidak mencegah memar terjadi.

Baca Juga Tips Agar ASI Lancar dan Sehat

Seseorang juga bisa makan makanan yang kaya vitamin K atau mengonsumsi suplemen vitamin untuk meningkatkan penyembuhan. Sumber vitamin K yang baik meliputi sayuran hijau, seperti bayam dan brokoli, daging, produk susu, dan telur, minyak nabati, khususnya kedelai dan minyak canola, buah-buahan tertentu, seperti blueberry , anggur, dan buah ara.

Vitamin C 

Jeruk bali dan buah jeruk lainnya mengandung vitamin C. Tubuh membutuhkan vitamin C untuk membuat protein yang disebut kolagen . Ini penting untuk penyembuhan luka dan menjaga kesehatan kulit, pembuluh darah, dan tulang rawan.

Kekurangan vitamin C, atau penyakit kudis , jarang terjadi tetapi dapat menyebabkan berbagai gejala. Ini bisa termasuk memar lebih mudah dan penyembuhan luka lebih lambat. Meskipun ada sedikit bukti ilmiah untuk mendukung penggunaannya, seseorang dapat mencoba menerapkan krim vitamin C ke daerah yang terkena untuk meningkatkan penyembuhan.

Makan banyak makanan kaya vitamin C dapat membantu meningkatkan penyembuhan kulit. Makanan tinggi vitamin C termasuk buah jeruk, seperti jeruk dan grapefruit, paprika merah dan hijau, buah kiwi dan lainnya.

Sebagian besar apotek dan toko kesehatan juga menyediakan suplemen vitamin C. Seseorang juga dapat membeli berbagai suplemen vitamin C yang berbeda secara online.

Cupang adalah memar yang berkembang ketika seseorang mengisap kulit orang lain. Beberapa orang mungkin perlu menutupi cupang ketika mereka muncul di bagian tubuh yang terlihat, seperti leher.

Cupang tidak berbahaya dan biasanya berjalan sendiri setelah beberapa hari. Menerapkan kompres es ke daerah yang terkena dampak sesegera mungkin adalah cara terbaik untuk mengurangi penampilan dan rasa sakit atau bengkak. Mengambil penghilang rasa sakit OTC seperti ibuprofen juga dapat membantu meringankan kelembutan.

Obat rumahan lainnya, seperti mengoleskan krim topikal atau gel yang mengandung arnica, comfrey, vitamin K, atau vitamin C, juga dapat membantu.

Namun, bukti ilmiah untuk mendukung efektivitas produk ini terbatas.

Berapa Lama Bekas Hickey/ Cupang Hilang ?


Pembuluh darah yang pecah itu akan melepaskan bintik-bintik kecil darah yang disebut dengan petechiae. Kumpulan bintik-bintik darah tersebut kemudian membentuk bintik hitam lebih besar, yang pada dasarnya merupakan memar. 

Lamanya agar bekas hickey/cupang hilang itu sama seperti memar, Hickey/ cupang dapat bertahan selama satu hingga dua minggu.

Cara Menghilangkan Bekas Cupang 

Mengenal Apa Itu Arti Hickey dan Cara Menghilangkannya
Cara Menghilangkan Hickey/Cupang
Beberapa cara menghilangkan cupang yang bisa Anda coba. Untuk Anda yang memiliki gigitan cinta ini karena aktivitas intim semalam, jangan terlalu panik, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan cupang Anda. Berikut caranya.

1. Kompres Dingin

Cara ini merupakan salah satu yang paling efektif. Caranya, Anda ambil sendok logam dan masukan ke dalam freezer, setelah itu ambil dan tempelkan di daerah kulit yang mengalami memar karena ciuman dengan sedikit tekanan.

Tekan dengan sendok dingin untuk mengatur aliran darah di daerah tersebut. Untuk menghilangkan cupang di bibir, hanya perlu es batu dan tempelkan di bibir.

2. Lidah Buaya

Daun lidah buaya ini banyak sekali manfaatnya untuk urusan kulit, tidak terkecuali memar karena cupang. Caranya, tempelkan gel lidah buaya di daerah kulit yang memar. Diamkan 10 menit.

Gel ini berfungsi mengurangi sensitivitas daerah bekas ciuman. Cara ini dapat membantu untuk menghilangkan cupang dengan cepat.

3. Kompres dengan Handuk Hangat

Selain menggunakan kompres dingin Anda juga dapat menggunakan kompres hangat. Cara ini cukup berguna untuk cupang yang sudah ada sekitar 3-4 hari dan bermanfaat menurunkan tingkat pembengkakan dan rasa sakit.

Baca Juga Manfaat Mengkonsumsi Armoura Body Slim Drink

Caranya, ambil handuk bersih dan celupkan dalam air panas. Langsung letakkan di daerah yang mengalami memar karena cupang dengan cara menekan lembut. Lakukan hingga 4-5 kali untuk menghilangkan tanda memar dengan cepat.

4. Berikan Pijatan

Tidak disarankan untuk melakukan pijatan di saat cupang masih baru, karena akan mengakibatkan sakit. Lakukan pemijatan setelah beberapa hari. Pijat dengan pelan dan lembut.

Ini akan mengakibatkan sirkulasi di daerah memar menjadi lancar. Anda dapat menggunakan minyak almond dan minyak zaitun.

5. Sikat Gigi Bulu Lembut

Selain dipijat menggunakan tangan Anda juga bisa gunakan sikat gigi. Cara ini dapat dengan mudah menghilangkan bekas cupang. Caranya gosok lembut di daerah kulit yang mengalami memar karena cupang. Ini merupakan cara efektif untuk menghilangkan cupang.

6. Minyak Peppermint

Minyak peppermint yang dioleskan memberikan sensasi dingin secara alami. Dapat juga menggunakan pasta gigi karena dalam kandungan pasta gigi terdapat peppermint atau mint sebagai bahan utama.

Cara ini akan memperlancar daerah di bagian yang memar dan akan cepat menghilangkan cupang dengan efektif.

7. Obat Tetes Mata

Oleskan tetes mata pada kulit yang memar karena cupang. Setelah 1-2 menit, bilas dengan air dingin. Obat ini akan mengurangi kemerahan pada kulit karena cupang.

8. Teh Celup

Masukan kantong teh dalam air mendidih selama 2-3 menit. Kemudian, tunggu sebentar dan letakkan di daerah yang mengalami memar karena cupang sampai mendingin.


Penutup Arti Hickey/ Cupang

Sekian deh artikel seputar dunia kesehatan dari Kang Yusuf yang berjudul Mengenal Apa Itu Arti Hickey dan Cara Menghilangkannya. Semoga dengan adanya informasi ini bermanfaat dan berguna buat Anda yang membutuhkannya.

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.
Artikel Unggulan
Artikel Pilihan Pengunjung
Artikel Tentang Kesehatan

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Kang Yusuf
+6282377754543
Call us to +6282377754543 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami