Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Penjelasan Pengertian Webcam dan Fungsinya

Berikut Penjelasan Mengenai Pengertian Webcam dan Fungsinya.

Daftar Isi [Tampil]
Berikut Penjelasan Mengenai Pengertian Webcam dan Fungsinya.
Pengertian Webcam dan Fungsinya

Berikut Penjelasan Mengenai Pengertian Webcam dan Fungsinya. Webcam merupakan gabungan dari kata web dan camera. Webcam sendiri sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui internet , program instant messaging seperti Yahoo Messenger , AOL Instant Messenger (AIM), Windows Live Messenger , dan Skype, dan lainnya. 

Istilah “webcam” sendiri mengarah pada jenis kamera yang digunakan untuk kebutuhan layanan berbasis web. Webcam sendiri biasanya digunakan untuk keperluan konferensi jarak jauh atau juga sebagai kamera pemantau.

Pengertian WebCam adalah sebuah periferal berupa kamera sebagai pengambil citra/gambar dan mikropon ( optional ) sebagai pengambil suara/audio yang dikendalikan oleh sebuah komputer atau oleh jaringan komputer. 

Gambar yang diambil oleh WebCam ditampilkan ke layar monitor, karena dikendalikan oleh komputer maka ada interface atau port yang digunakan untuk menghubungkan WebCam dengan komputer atau jaringan. 

Ada beberapa orang mengartikan WebCam sebagai Web pages + Camera, karena dengan menggunakan WebCam untuk mengambil gambar video secara aktual bisa langsung di upload bila komputer yang mengendalikan terkoneksi internet.

 

Pengertian Webcam


Webcam alias ‘web camera’ merupakan perangkat yang berupa sebuah kamera digital yang dihubungkan ke komputer atau laptop. Layaknya kamera pada umumnya, sebuah webcam dapat mengirimkan gambar-gambar secara live dari manapun ia berada ke seluruh penjuru dunia dengan bantuan internet. 

Awal kemunculannya, webcam ini masih merupakan barang mahal. Tapi, seiring dengan kemajuan teknologi, sudah banyak laptop yang layarnya telah dilengkapi oleh webcam. Untuk komputer, jarang ada yang secara default dilengkapi dengan webcam, pemilik komputer harus membelinya terlebih dahulu secara terpisah.


Baca Juga Jenis dan Cara Kerja WebCam


Ada banyak jenis webcam yang terjual di pasaran. Beberapa di antaranya dapat dihubungkan ke komputer dengan menggunakan USB port, namun ada juga yang berjenis wireless. Pada umumnya webcam dilengkapi oleh sejumlah fitur seperti:
  •     Mikrofon
  •     Kemampuan untuk digeser dan disesuaikan posisinya (sesuai keinginan pengguna)
  •     Sensor yang terpasang secara built-in yang dapat mendeteksi pergerakan yang ada di depannya
  •     Lampu indikator yang ketika menyala berarti kamera tersebut tengah aktif

Penggunaan webcam menjadi marak belakangan ini karena kebutuhan komunikasi jarak jauh dengan menggunakan perangkat lunak semakin banyak diminati, contohnya adalah Skype. Tidak ada yang menyangka bahwa berkomunikasi menggunakan webcam bakal sepopuler sekarang ini. Sejarah mencatat bahwa webcam yang pertama kali diciptakan bernama Xcoffee.

 

Webcam Pertama di Dunia yaitu Xcoffe


Kamera ini dibuat tahun 1991 oleh Quentin Stafford-Fraser dan Paul Jardetzky yang kemudian baru dapat dihubungkan ke Internet pada tahun 1993 dengan bantuan Daniel Gordon dan Martyn Johnson. 

Dalam masa percobaannya, kamera ini dimanfaatkan untuk memonitor sebuah kedai kopi di luar Trojan Room di University of Cambridge. Hal ini dimaksudkan agar orang tak perlu pergi ke kedai kopi ketika stok kopi di kedai tersebut sedang kosong.

Berbagai Fungsi Webcam


Tak dapat dipungkiri bahwa keberadaan webcam ini memiliki banyak fungsi, diantaranya dalam hal:

1. Media Berkomunikasi


Keberadaan webcam memungkinkan pengguna komputer untuk berkomunikasi secara langsung. Tidak hanya itu, kita juga dapat dengan mudah melihat wajah lawan bicara kita. Saat ini telah banyak perangkat lunak yang menyediakan fitur seperti itu, beberapa diantaranya Skype, Google Hangout, Viber dan lain sebagainya. 

Komunikasi dengan memakai webcam ini sangat membantu menghubungkan dua orang atau lebih yang lokasinya saling berjauhan atau ketika kita ingin menghubungi keluarga kita yang berada di luar negeri.

2. Media Belajar Jarak Jauh


Anda dapat dengan mudah belajar dengan seseorang meskipun dipisahkan dengan jarak yang jauh, misal anda di Indonesia, lawan bicara anda di Amerika. Dengan adanya webcam ini, soal jarak tidak lagi menjadi masalah. 

Melalui webcam ini, para murid atau pelajar dapat bertanya pada guru mereka jika ada pertanyaan atau hal mengganjal seputar mata pelajaran sekolah. Webcam juga memungkinkan dilakukannya pelatihan atau training lewat Internet. Bahkan, sejumlah pihak menawarkan jasa webinar atau seminar lewat web.

3. Sebagai Media Konferensi jarak jauh


Ada kalanya perusahaan menggunakan webcam untuk melangsungkan konferensi jarak jauh. Mereka yang ada di lokasi jauh pun tak menjadi masalah dan tidak akan ketinggalan konferensi yang berlangsung. Selain itu, dengan adanya konferensi video lewat webcam ini, antara manajer dan karyawan tidak harus berada di lokasi yang sama jika sedang diadakan meeting atau rapat.

Sekian deh artikel seputar teknologi dengan topik pembahasan mengenai Penjelasan Mengenai Pengertian Webcam dan Fungsinya. Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan :-D

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.
Artikel Unggulan
Artikel Pilihan Pengunjung
Artikel Tentang Kesehatan

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Kang Yusuf
+6282377754543
Call us to +6282377754543 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami