Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

6+ Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi

6+ Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi
Cara Membuka Situs yang Diblokir

6+ Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi. Setiap negara memiliki batasan tertentu didalam memberikan akses situs-situs diwilayahnya. Dengan tujuan dan maksud tertentu demi menjaga warga negaranya. Karena beberapa alasan, banyak situs gak bisa kamu akses secara bebas di Indonesia. 

Beberapa situs di Indonesia diblokir oleh pemerintah melalui Kominfo karena disinyalir mengandung unsur berbahaya, misalnya konten dewasa, narkoba, dan lainnya. Sayangnya, beberapa situs bermanfaat juga sempat kena blokir, seperti Reddit dan Tumblr.

Bukan hanya diblokir Kominfo saja, beberapa situs kadang diblokir server. Misalnya ketika kamu ingin akses Facebook atau video YouTube tapi diblokir internet sekolah dan lain-lain.

Banyak orang menghindari menggunakan aplikasi VPN karena diduga berbahaya, misalnya rentan akan kebocoran data dan serangan malware. Makanya dengan menggunakan metode ini, kamu bakal diarahkan untuk menggunakan web proxy yang bisa kamu akses langsung melalui aplikasi browser, seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Oia pernah nggak kamu merasa kesal gara-gara nggak bisa mengakses situs yang diblokir oleh pemerintah? Bukan cuma situs dewasa atau situs dengan konten-konten negatif saja. Terkadang, pemblokiran ini juga dilakukan kepada situs lain seperti Reddit yang notabene adalah forum internet terbesar di dunia.

Meskipun kampanye Internet Sehat dan Aman atau INSAN sudah digencarkan pemerintah sejak lama, namun rasanya upaya ini sia-sia saja. Buktinya, situs-situs ilegal masih tetap bertengger di daftar teratas situs yang paling banyak dikunjungi oleh netizen Indonesia. Beberapa cara dibawah ini Kang Yusuf sadur dari situs jalantikus dan posciety.

Enam Cara Membuka Situs yang Diblokir untuk PC dan Android


Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuka situs yang diblokir oleh pemerintah. Mulai dari menggunakan VPN, mengganti DNS, dan lain sebagainya.

Nggak cuma untuk HP Android saja, Jaka juga bakal kasih tahu kamu beberapa tips untuk membuka situs yang diblokir melalui browser di PC maupun laptop.

Berikut ada 6 cara yang akan membahasan mengenai cara membuka situs yang sudah diblokir tapa menggunakan aplikasi lainnya.

1. Buka Blokir Situs dengan VPN


Metode pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuka situs terblokir di Google Chrome adalah dengan aplikasi VPN. VPN bekerja dengan mengacak alamat IP untuk membuka situs terblokir.

Dengan menggunakan VPN, kamu bisa dengan bebas berselancar di internet baik melalui HP Android dan PC. Pertama, Jaka bakal kasih tahu kamu cara buka situs yang diblokir di HP Android. Kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Turbo VPN untuk melakukan hal ini.

Selain di HP Android, kamu juga bisa menggunakan aplikasi VPN di PC atau laptop kamu untuk berselancar secara bebas di Google Chrome. Salah satu aplikasi yang Jaka rekomendasikan adalah TunnelBear VPN.

2. Buka Situs diBlokir dengan SSH


Selain VPN, kamu juga bisa membuka situs yang diblokir dengan menggunakan SSH (Secure Shell). SSH berfungsi sebagai jaringan yang melindungi pertukaran data dari ancaman virus.

Baik VPN maupun SSH bisa dibilang memiliki karakteristik yang hampir mirip. Bedanya, di sini kamu akan menggunakan pihak ketiga, terutama untuk proses SSH Tunneling.

3. Buka Situs diBlokir dengan Server DNS


Cara membuka situs yang diblokir selanjutnya adalah menggunakan server DNS (Domain Name System) yang berfungsi mengubah IP address menjadi domain address.

Server DNS yang Jaka rekomendasikan kali ini adalah menggunakan DNS 1.1.1.1, dibuat oleh Cloudflare dan APNIC yang diklaim punya akses tercepat dengan response time hingga 14,8ms.

Untuk melakukan penggantian DNS di HP Android, dibanding melakukan setting manual kamu cukup menggunakan aplikasi 1.1.1.1 dari Cloudflare.

4. Cara Buka Situs diBlokir dengan Web Proxy


Kamu juga bisa mengakses situs diblokir dengan menggunakan web proxy. Web proxy merupakan situs yang menyediakan akses internet melalui server dari pihak ketiga.

Cara ini terbilang paling mudah untuk dilakukan dan dapat langsung dicoba melalui browser, baik pada PC maupun HP Android.

Tapi jangan coba sekali-kali untuk mengakses situs dewasa kalau belum cukup umur, ya!

5. Cara Buka Situs diBlokir dengan Add-On Chrome & Firefox


Malas install aplikasi VPN terlebih dulu di PC atau laptop kamu? Nah, kamu juga bisa menggunakan aplikasi VPN yang langsung "nempel" di browser kamu kok!

Gimana caranya? Di sini kamu bisa buka blokir situs dengan add-on atau extension untuk browser seperti Google Chrome maupun Mozilla Firefox yang populer digunakan.

6. Cara Buka Situs diBlokir dengan CroxyProxy


Di sini kamu bisa menggunakan situs bernama CroxyProxy karena dianggap lebih ringan dan stabil digunakan untuk Android. Inilah langkah-langkahnya.

Langkah 1: Buka aplikasi browser Google Chrome kemudian kunjungi situs CroxyProxy (https://www.croxyproxy.com/)

Langkah 2: Geser layar ke bawah dan masukkan link situs yang mau kamu kunjungi pada kolom yang tersedia. Jika sudah kamu tinggal ketuk Go!
Langkah 3: Tunggu proses hingga selesai dan situs yang mau kamu kunjungi ditampilkan, geng. Untuk navigasi, kamu tinggal menggunakan address bar pada bagian atas.

Sekian deh artikel seputar dunia pendidikan dengan topik pembahasan mengenai 6+ Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi. Semoga beberapa cara diatas memberikan solusi bagi kamu yang membutuhkannya.

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.

Selamat Membaca Sobat...