Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

4+ Jenis dan Cara Kerja Webcam

4+ Jenis dan Cara Kerja Webcam
Jenis dan Cara Kerja Webcam

4+ Jenis dan Cara Kerja Webcam. Berikut ini adalah beberapa pembahasan mengenai berbagai macam jenis webcam serta bagaimana cara kerjanya webcam tersebut. Tentunya alat teknologi ini dipergunakan pada umumnya sebagai alat untuk kamera pantau. Yang mana mampu merakam semua aktifitas dibagian yang tertentu.

Pemasangan webcam pun dibilang mudah dan tidak rumit, Anda cukup memasang dibagian yang ingin dipantau kemudian disetting sesuai keperluan Anda deh. Tujuannya agar lokasi yang Anda inginkan bisa terpantau dengan baik dan aman.

 

Cara Kerja Webcam


Webcam merupakan sejenis kamera kompak yang dapat dipasang ke komputer atau laptop guna menyiarkan video secara real-time alias live. Mirip dengan kamera digital pada umumnya, webcam bekerja dengan menangkap cahaya lewat lensa berukuran kecil di bagian depan dengan bantuan detektor cahaya mikroskopik yang terpasang pada microchip penerima gambar, yang umumnya berteknologi Charge-Couple Device (CCD) atau CMOS image sensor.

Gambar yang didapat pun langsung dapat diolah secara digital dan disebarluaskan melalui internet. Hanya saja, berbeda dengan kamera digital, sebuah webcam tidak dilengkapi keping memori atau flash memory card. Webcam dirancang untuk tidak perlu “menyimpan” gambar karena fungsi utamanya hanya merekam dan mengirimkan gambar yang diperoleh secara langsung. 


Itu sebabnya salah satu jenis webcam ada yang menggunakan kabel USB di bagian belakang. Kabel USB ini menyuplai listrik ke webcam dari komputer dan mengambil informasi digital yang ditangkap oleh sensor webcam untuk diteruskan ke komputer.

Setiap webcam memiliki fitur dan kemampuan yang berbeda-beda. Begitu juga dengan harga belinya. Beberapa webcam ada yang hanya bisa menangkap gambar diam setiap 30 detik, ada juga yang memberikan fitur video streaming dengan kecepatan 30 gambar per detik. Webcam mudah ditemui dan tersedia hampir di semua toko komputer dan retailer elektronik besar

 

Berbagai Jenis Webcam

Berikut adalah berbagai jenis webcam yang bisa Anda pelajari dan mengerti apa saja kegunaanya. 

 

1. Serial and Parallel port WebCam.   


WebCam jenis ini sudah terlalu tua dan jarang ditemukan lagi, karena sudah tidak ada yang memproduksi. Selain itu, kamera jenis ini menghasilkan kualitas gambar yang rendah dan frame rate yang rendah pula.

2. USB WebCam.    


WebCam jenis ini merupakan solusi bagi pengguna baru dan amatir. Mendukung fasilitas PnP ( Plug and Play ) dan dapat dihubungkan ke port USB tanpa harus mematikan komputer, tetapi syaratnya sistem operasi komputer harus mendukung fasilitas USB port.

3. Firewire and Card Based WebCam.    


Firewire adalah salah satu teknologi video capture device yang diperlukan bagi kamera yang mendukungnya. Pada umumnya WebCam yang membutuhkan video capture device harganya mahal, akan tetapi dapat menghasilkan frame rate tinggi, yaitu 24 sampai 30 frame per second ( fps ).

4. Network and Wireless Camera.    


Network Camera adalah perangkat kamera yang tidak memerlukan sama sekali fasilitas komputer, karena dapat langsung terhubung ke jaringan melalui modem. Transfer gambar dan suara langsung menuju jaringan LAN atau line telepon via modem.

 

Software Webcam Gratis


Webcam memang kini menjadi salah satu layanan yang lumayan digandrungi para netter, apalagi chat yang ada webcamnya atau yang biasa dikenal free web cam viewing. Namun tak semua orang menyukai chatting dengan webcam otomatis karena itu software Webcam merupakan salah satu dari banyak program yang seharusnya anda install, apalagi jika anda menggunakan laptop.

Tentunya sesekali anda akan menggunakan webcam untuk memotret dan juga untuk merekam video. Terlebih lagi jika anda ingin membuat security dirumah atau ditempat kerja anda tentunya ingin mendapatkan hasil dan layanan yang bagus. Untuk kali ini kita akan membahas beberapa software webcam yang sifatnya freeware namun menyediakan fitur yang menarik.

Rekomendasi 5+ Software Webcam Gratis


Berikut ini lima Software Webcam Gratis yang bisa anda gunakan untuk mempercantik hasil rekaman web camera anda dan juga bisa digunakan untuk streaming dan security melalui komputer anda.

1. ManyCam


ManyCam adalah salah satu software webcam yang bisa anda gunakan, dengan tampilan yang menarik aplikasi ini memungkinkan anda untuk chating dengan menggunakan Skype, MSN, dan Youtube. 

Anda juga bisa menambahkan ribuan efek yang keren untuk menghiasi webcam anda seperti mengubah wajah anda, mata, rambut dan juga bisa menambahkan accesoris menarik lainnya. Selain itu juga bisa mengatur audio dengan menambahkan efek audio serta bisa juga untuk mengatur tinggi rendahnya suara anda.

2. Vitamin D


Nah yang satu ini juga tidak kalah dengan yang pertama tadi, bahkan aplikasi ini juga disebut-sebut sebagai salah satu software webcam populer. Bagi anda yang ingin membuat security/keamanan dirumah anda menggunakan camera, Vitamin D bisa menjadi salah satu software yang anda gunakan.

Karena keunggulan utama dari software ini adalah dapat mendeteksi benda yang bergerak atau orang dalam video stream nah yang lebih hebatnya lagi dia juga mengirimkan email ketika ada benda bergerak yang melewati batas yang sudah ditentukan, misalnya ada orang yang melewati jendela yang sebelumnya sudah diatur kalau ada yang melewati jendela.

Maka software ini akan mengirimkan pesan kepada anda. Selain tersedia untuk versi gratis, software ini juga tersedia untuk versi berbayar yang tentunya dengan penambahan fitur.

3. Play Camera


Play Kamera juga bisa menjadi salah satu alternatif buat anda yang menggunakan sistem operasi Windows. Program ini memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dan juga merekam video menggunakan kamera sebagai sumbernya. 

Dengan ditambahkannya pengaturan “Kamera Properties” anda dapat menyesuaikan beberapa parameter seperti kecerahan, kontras, warna, saturasi, ketajaman, gamma dan white balance. Selain itu, anda juga dapat mengatur resolusi, video dan pengaturan perangkat audio yang tentunya ini akan sangat berguna ketika anda melakukan video streaming.

4. Home Camera


Hampir mirip dengan Vitamin D keunggulan utamanya dapat digunakan untuk memantau benda bergerak yang ditangkap oleh kamera. Dengan software ini anda dapat menghubungkan 4 kamera sekaligus ke komputer dan secara bersamaan anda dapat memantau keempat kamera tersebut. Selain itu anda juga dapat memberikan akses internet kepada software ini.

Sehingga anda dapat memantau tangkapan kamera anda darimana saja. Sama dengan Vitamin D juga dia juga dapat mengirimkan pesan kepada anda untuk ketika ada pergerakan yang mencurigakan yang ditangkap oleh kamera anda.

5. Yawcam


Nah untuk yang ini juga salah satu perangkat lunak gratis yang bisa anda coba. Seperti hal software yang lain Yawcam juga dilengkapi dengan Motion Detection, dan Video Streaming melalui internet. Selain itu, Yawcam juga mendukung modus Stealth. 

Dalam mode ini, Yawcam akan mulai setiap kali PC Anda mulai, dan segera akan mulai merekam tanpa orang lain tahu. 

Sekian artikel seputar dunia teknologi dengan topik pembahasan mengenai 4+ Jenis dan Cara Kerja Webcam. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna bagi Anda yang membutuhkan.

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.

Selamat Membaca Sobat...