Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

3 Tips Jalankan Bisnis Sampingan Agar Untung

3 Tips Jalankan Bisnis Sampingan Agar Mendapatkan Keuntungan Banyak. Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap mungkin bagi sebagian orang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun bagi kamu yang merasa belum, bisa mencoba menjalankan tips bisnis sampingan ini.
Menjalankan bisnis sampingan tidaklah mudah, juga tidak terlalu sulit. Tergantung dari kesiapan mental pelakunya. Sebab tantangan utama pembisnis model ini adalah fokus dan manajemen waktu.
Coba kamu lihat, seberapa banyak karyawan yang memiliki pekerjaan sampingan untuk menyambung hidup serta berapa persen yang bertahan? Sangat sedikit bukan. 

Itulah mengapa saya katakan tadi perlu penekanan pada fokus dan manajemen waktu. Oleh karena itu, jika kamu ingin sukses mendapatkan penghasilan dari bisnis sampingan, simak tips – tips berikut ini :

 

Tips Sukses Menjakankan Bisnis Sampingan


Menjalankan bisnis sampingan bukanlah sesuatu yang baru, siapa saja bisa melakukannya. Selain untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bisnis sampingan juga sering dilakukan berdasarkan minat dan bakat seseorang di dunia bisnis.



Ingat, ini merupakan sampingan. Meskipun kamu dituntut tetap fokus agar lancar dan berhasil, namun statusmu masih karyawan di kantor atau perusahaan. Jadi sebisa mungkin untuk tidak melupakan kewajiban bekerja.

Berikut Beberapa Tips Menjalankan Bisnis Sampingan

 

Tips Menjalankan Bisnis Sampingan



1. Pilih Bisnis Sesuai Minat dan Passion


Sebelum memulai pastikan bisnis yang akan kamu jalankan sesuai dengan minat dan bakat ya! apalagi ini menjadi yang pertamakali kamu menjalankan bisnis. Sebab sekali saja kamu memilih jalan bisnis, selamanya akan penuh tantangan. Sebagai langkah awal tidak perlu memikirkan jauh-jauh akan seperti apa bisnis sampinganmu kedepannya.

Cukup dengan apa yang kamu minati, misalnya menulis kamu bisa membuka jasa penulisan artikel atau ngeblog, hobi desain bisa menawarkan skil desain kamu ke orang lain, dan sebagainya. Dengan kamu menyukai apa yang dijalankan dalam bisnis, akan sangat membantu kamu kedepannya ketika dilanda kejenuhan atau tantangan-tantangan bisnis.

2. Membuat Rencana Matang

Tips Menjalankan Bisnis Sampingan


Dalam menjalankan bisnis sampingan sebisa mungkin tidak mengambil keputusan berdasarkan keinginan hati dalam jangka pendek dengan istilah lain asal-asalan.


Kamu perlu memperhatikan risiko terhadap bisnis kamu juga, sebab tindakan gegabah akan menjerumuskanmu kedalam masalah rumit yang berujung gagal.
Untuk itu, sangat penting membuat rencana dan sasaran. Sebagai contoh kamu bisa membuat peta perjalanan, misalnya :
•    Dalam satu minggu ini apa yang akan diperbuat dengan bisnis kamu?
•    Dalam satu bulan kedepan berapa target yang kamu tentukan?
•    Dalam trisemester pertama fasilitas apa yang akan kamu perbarui?
•    dan sebagainya.
Sehingga kamu akan lebih mudah mengontrol jalannya bisnis serta tidak membebabi pekerjaan utama sebagai karyawan suatu perusahaan. Oh ya! tentukan juga skala prioritas dari rencana yang telah kamu susun.

3. Cari Rekan Bisnis yang Sesuai


Rekan bisnis yang saya maksud bisa siapa saja baik keluarga, teman kecil, teman satu kantor, pacar, suami/istri, anak dan sebagainya. Tidak perlu berpendidikan tinggi, paling penting punya visi dan misi yang sama yaitu membangun bisnis.

Jika kamu pekerja fulltime, dengan adanya patrner bisnis diharapkan dapat meringankan tugas kamu sebagai pelaku bisnis sampingan dan juga pekerja kantoran.
Bayangkan saja, setiap hari mulai jam 08.00 – 16.00 kamu harus bekerja di kantor begitu pulang mengurus bisnis sampingan. Ceritakan semua rencana dan pembagian tugas yang telah disepakati.

Akhir Kata

Selain ketiga tips diatas yang terpenting adalah bisa memanajemen waktu agar tetap fokus pada pekerjaan dan bisnis.  Sebagai catatan, jangan terlalu tinggi menentukan target apalagi kamu baru memulai bisnis. Mulailah dengan satu langkah kecil, perlahan-lahan namun pasti.
Sehingga kamu bisa terus berkembang dan bertahan didalam bisnis sampingan yang sedang kamu kembangkan. 

Nah, itulah beberapa tips mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis sampingan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

Guest Post from Kualitasjos.com

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.

Selamat Membaca Sobat...