Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar PC Ringan & Gratis

Rekomendasi Perekam Layar PC Ringan & Gratis. Nama aplikasi perekam layar untuk PC terbaru dan terbaik.

Daftar Isi [Tampil]
Rekomendasi Nama Aplikasi Perekam Layar PC Ringan & Gratis
Aplikasi Perekam Layar PC
Rekomendasi Perekam Layar PC Ringan yang Gratis. Nama aplikasi perekam layar untuk PC terbaru dan terbaik. Mungkin temen temen bingung mencari sebuah software yang mampu merekam layar PC atau komputernya dengan speksifikasi perangkat aplikasi yang ringan, mudah, dan tidak memberatkan.

Banyak jenis aplikasi yang memberikan fitur untuk merekam atau merecord layar PC atau komputer yang ringan dan bersifat gratis. Ada juga aplikasi perekam layar PC dengan tanpa watermark dan bersifat premium.

Ya masing-masing perangkat lunak atau aplikasi merekam layar PC memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri mengenai jenis fitur layanan mereka. Pada umumnya semakin lengkap fitur dan layanan maka biaya untuk harga pembelian aplikasi perekam layar monitor Laptop juga semakin mahal.


Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi perekam layar PC ringan yang terbaik versi Kang Yusuf. Yuk baca dan simak ulasan lengkapnya berikut ini, oia jangan sampai salah download atau install ya. Jadi disesuiakan saja dengan kebutuhan kawan kawan.

 

Berikut Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar PC Ringan yang Gratis


Berikut adalah beerapa rekomendasi aplikasi perekam layar PC ringan yang gratis bisa Anda pakai sesuai dengan spesisikasi laptopnya masing-masing.

1. Aplikasi Perekam Layar PC - Bandicam Screen Recorder


Software perekam layar PC Bandicam satu ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan perekam video lainnya. dengan perekaman area tertentu dan layar penuh akan mendukung dalam aktifitas rekam layar seperti gaming ataupun video streaming. Format yang dihasilkan dari Software ini bisa memiliki format output AVI dan MP4 selain itu terdapat fitur-fitur keren lainnya seperti fitur live drawing yang dapat digunakan untuk menggambar area tertentu di layar pada saat proses perekaman.

Fitur lain yang bisa didapatkan adalah fitur perekaman suara real time yang dapat digunakan untuk kepentingan screencasts sehingga pada saat perekaman Anda bisa menambahkan komentar pada saat perekaman layar berlangsung.

Kemudian jika Anda menginginkan watermark juga bisa ditambahkan di videonya tetapi dalam versi gratis penghilangan watermark tidak bisa dilakukan. Software satu ini memang menjadi rekomendasi para gamers yang ingin merekam aktivitas gamingnya karena terdapat fitur yang dapat menambahkan efek suara seperti suara mouse yang sedang di-klik yang tentunya akan membuat hasil video menjadi lebih dramatis. Sayangnya aplikasi ini hanya memiliki durasi waktu perekaman selama 10 menit saja. tetapi secara keseluruhan performa dari sofware ini sangat direkomendasikan sekali.


2. Aplikasi Perekam Layar PC - Action



Pertama, kamu bisa mencoba aplikasi Action! untuk merekam layar PC-mu. Keunggulannya, kamu bisa merekam video dengan resolusi HD hingga 1080p. Alhasil, video yang kita hasilkan jadi jernih! Kamu bisa menggunakannya untuk melakukan streaming secara real time.

Poin plus lainnya adalah kita bisa mengambil gambar (screencapture) secara cepat. Format file yang dihasilkan nanti adalah berupa MP4 dan AVI. Tertarik mengunduhnya?

3. Aplikasi Perekam Layar PC - OBS Studio



Jika ingin merekam layar PC secara gratis, coba saja OBS Studio. Ini adalah software yang bisa melakukan screen recording sekaligus streaming game. Perekaman menghasilkan video berkualitas HD dan tak ada batasan panjang video. OBS Studio merupakan aplikasi berjenis open source, oleh karena itu tak perlu lisensi jika ingin memakainya.

Dengan OBS Studio, kita bisa melakukan streaming langsung ke Twitch atau YouTube, lalu menyimpan proyek video dan hasilnya nanti akan berupa format FLV. Di sisi lain, minusnya kita perlu menyesuaikan diri untuk memahami aplikasi ini. It takes time, but worth it!

4. Aplikasi Perekam Layar PC - Flashback Express



Apabila kamu perlu merekam game atau footage dari webcam, bisa banget pakai aplikasi Flashback Express! Dengan interface yang baik, beberapa pilihan format output dan built-in video editor, aplikasi ini sesuai dengan yang kamu butuhkan. Flashback Express versi gratis ini diklaim tidak meninggalkan watermark yang merusak estetika video serta tidak membatasi waktu rekam kita.

Interface-nya pun sederhana dan tidak serumit OBS Studio, jadi pemula bisa memahaminya dengan cepat. Aplikasi ini menawarkan pilihan merekam seluruh layar, area yang dipilih atau webcam saja. Setelah selesai merekam, kita bisa mengeditnya langsung lalu mengekspornya segera.

5. Aplikasi Perekam Layar PC - Apowersoft Free Online Screen Recorder


Kalau lagi malas mengunduh aplikasi, coba saja aplikasi screen recorder berbasis online ini: Apowersoft Free Online Screen Recorder! Keunggulannya, tak ada batasan waktu, banyak opsi ekspor file dan tak ada watermark yang mengganggu. Apowersoft cocok digunakan untuk merekam presentasi, tutorial hingga peragaan perangkat lunak.

Namun, di sisi lain, Apowersoft tidak cocok dipakai untuk merekam game dan ada iklan yang cukup mengganggu. Opsi yang ditawarkan, kita bisa merekam seluruh layar atau menyeleksi sebagian area tertentu saja.

6. Aplikasi Perekam Layar PC - Debut Video Capture


Debut Video Capture adalah software yang dikembangkan oleh NCH, aplikasi edit video ternama. Meskipun interface-nya sedikit ketinggalan zaman, namun setidaknya aplikasi ini mudah untuk dipahami. Dengan Debut Video Capture, kita bisa merekam layar tanpa batas waktu dan watermark. Selain itu, aplikasi ini gratis!

Pasca merekam layar, tidak ada opsi untuk edit video, namun kita bisa mengedit filter serta menambahkan teks dan watermark sendiri sesuai yang kita inginkan. Hasilnya bisa disimpan dalam format MP4, MOV dan AVI, namun tak bisa mengekspor video langsung ke YouTube atau Facebook.


7. Aplikasi Perekam Layar PC - Ezvid Video Maker


Ezvid Video Maker merupakan Software perekam video terbaik yang bisa digunakan di sistem operasi windows. Dengan perekam ini Anda bisa memilih area pada layar yang ingin direkam  selain itu dengan perekam ini Anda juga bisa menambahkan judul, kata kunci, meta, deskripsi dihasil video dari perekaman.

Kelebihan yang diusung oleh  Ezvid Video Maker ini dapat menyimpan secara otomatis (auto-save) ketika mulai perekaman. Terdapat pula fitur voice synthesis yang akan menjernihkan suara pada proses perekaman.

Perekaman dapat dilakukan melalaui webcam yang kemudian dapat kita ungggah secara langsung ke platform Youtube ketika selesai perekaman. Sangat efisien bukan?

Dengan durasi perekaman selama kurang lebih 45 menit akan cukup untuk membuat sebuah video pendek nantinya. Kekurangannya adalah tidak adanya sortcut seperti Software perekam lainnya, tetapi untuk  Ezvid Video Maker ini masih menjadi favorit untuk merekam layar pada PC.

8. Aplikasi Perekam Layar PC - ShadowPlay


Selanjutnya aplikasi perekam layar yang dapat saya rekomendasikan adalah ShadowPlay. Jenis perekam ini adalah hardware accelerated screen recording yang digunakan untuk PC dengan Sistem Opearasi Windows, perekam ini merupakan buatan NvIDIA yang memiliki GPU Ge-force.

Kelebihan dari ShadowPlay adalah dapat merekam mundur selama 20 menit kebelakang dengan cara menekan shortcut yang akan menandakan akhir video, kemudian secara otomatis shadowplay akan merekam mundur kebelakang secara otomatis. Video yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang tinggi sehingga ShadowPlay ini sangat cocok untuk perekaman game ataupun aktivitas lainnya.

Sekian artikel seputar teknologi dengan topik pembahasan mengenai Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar PC Ringan & Gratis. Semoga penjelasan dari dunia teknologi ini memberikan wawasan dan informasi yang berguna dan bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Kang Yusuf
+6282377754543
Call us to +6282377754543 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami