Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Definisi Arti Teknologi Secara Harfiah

Definisi Arti Teknologi Secara Harfiah dan Para Ahli. Arti teknologi secara harfiah dimana penerapannya teknologi mampu menyesuaikan dengan kebutuhan manusia. Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan istilah ‘teknologi’ dalam bahasa Inggris: technology telah berubah secara signifikan selama 200 tahun terakhir. 

Berikut Kang Yusuf akan berbagi mengenai dunia teknologi dengan topik arti teknologi secara harfiah. Sebelum abad ke-20, istilah ini tidak umum dalam bahasa Inggris, dan biasanya mengacu pada penggambaran atau seni terapan penilaian. Istilah ini sering dikaitkan dengan pendidikan teknis, seperti Massachusetts Institute of Technology (didirikan pada tahun 1861).

Istilah technology mulai menonjol pada abad ke-20 bersama dengan berlalunya Kedua Revolusi Industri. Memahami perubahan technology pada awal abad ke-20 ketika para ilmuwan sosial Amerika, dimulai oleh Thorstein Veblen, menerjemahkan ide-ide dari konsep Jerman, Technik, menjadi technology . Dalam bahasa-bahasa Eropa Jerman dan lain-lain, ada perbedaan antara Technik dan Technologie, yang nihil dalam bahasa Inggris, sebagai istilah umumnya diterjemahkan sebagai technology.

 

Pengertian Teknologi Secara Umum


Pengertian Teknologi sebenarnya berasal dari kata Bahasa Perancis yaitu “La Teknique“ yang dapat diartikan dengan ”Semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional”. Dalam hal ini yang dimaksudkan dengan sesuatu tersebut dapat saja berupa benda atau konsep, pembatasan cara yaitu secara rasional adalah penting sekali dipahami disini sedemikian pembuatan atau pewujudan sesuatu tersebut dapat dilaksanakan secara berulang (repetisi).

Teknologi dalam arti ini dapat diketahui melalui barang-barang, benda-benda, atau alat-alat yang berhasil dibuat oleh manusia untuk memudahkan dan menggampangkan realisasi hidupnya di dalam dunia. Hal mana juga memperlihatkan tentang wujud dari karya cipta dan karya seni (Yunani techne) manusia selaku homo technicus. 

Dari sini muncullah istilah “teknologi”, yang berarti ilmu yang mempelajari tentang “techne” manusia. Tetapi pemahaman seperti itu baru memperlihatkan satu segi saja dari kandungan kata “teknologi”. Teknologi sebenarnya lebih dari sekedar penciptaan barang, benda atau alat dari manusia selaku homo technicus atau homo faber. Teknologi bahkan telah menjadi suatu sistem atau struktur dalam eksistensi manusia di dalam dunia. 

Teknologi bukan lagi sekedar sebagai suatu hasil dari daya cipta yang ada dalam kemampuan dan keunggulan manusia, tetapi ia bahkan telah menjadi suatu “dayapencipta” yang berdiri di luar kemampuan manusia, yang pada gilirannya kemudian membentuk dan menciptakan suatu komunitas manusia yang lain.

Teknologi juga penerapan keilmuan yang mempelajari dan mengembangkan kemampuan dari suatu rekayasa dengan langkah dan teknik tertentu dalam suatu bidang. Teknologi merupakan Aplikasi ilmu dan engineering untuk mengembangkan mesin dan prosedur agar memperluas dan memperbaiki kondisi manusia atau paling tidak memperbaiki efisiensi manusia pada beberapa aspek.
Definisi Arti Teknologi Secara Harfiah dan Para Ahli Dunia

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli


Terdapat beberapa pengertian dan definisi teknologi menurut para ahli dunia. Berikut adalah kumpulan dari pengertian mereka.

 

1. Teknologi Menurut Miarso (2007)


Teknologi merupakan suatu bentuk dari proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan bisa menggunakan atau menghasilkan produk-produk tertentu, yang mana produk yang tidak terpisah dari produk yang sudah ada. Hal tersebut menyatakan bahwa teknologi ialah bagian integral dari yang terkandung dalam sistem tertentu.

2. Teknologi Menurut Toynbee (2004)


Teknologi merupakan karakteristik dari keberadaan kemuliaan manusia,  yang mana hal ini membuktikan bahwa manusia tidak bisa hidup jika hanya untuk makan, karena membutuhkan lebih dari itu. Selain itu Toynbee juga mengatakan, bahwa teknologi bisa mengaktifkan konstituen non-materi dari kehidupan manusia, perasaan,gagsan, ide-ide, pikiran, intuisi, dan juga ideal.

3. Teknologi Menurut Capra (2004)


Teknologi merupakan salah satu pembahasan sistematis seni terapan atau pertukangan. Hal ini lebih mengacu pada literatur Yunani menyebutkan tentang Technologia yang berasal dari techne kata, yang artinya wacana seni.

4. Teknologi Menurut Djoyohadikusumo (1994)


Djoyohadikusumo mengatakan, bahwa teknologi sebagai bidang yang ada kaitnannya erat dengan ilmu pengetahuan dan ilmu teknik atau ilmu rekayasa. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknologi bisa dikatakan memiliki 2 dimensi, yaitu dimensi teknik & ilmu pengetahuan dimensi.

5. Teknologi Menurut Sardar (1987)


Teknologi adalah sarana dalam memecahkan sebuah masalah mendasar dari peradaban manusia. Tanpa menggunakan teknologi, maka akan banyak masalah tidak bisa diselesaikan dengan baik dan sempurna.

6. Teknologi Menurut Wp


Teknologi merupakan keseluruhan sarana dalam menyediakan barang yang diperuntukan guna kelangsungan hidup dan kenyamanan hidup manusia.Selain itu, bahwa teknologi ialah sebuah entitas, benda maupun non-benda yang diciptakan secara terpadu dengan melalui proses penciptaan dan kreasi serta pemikiran untuk mencapai suatu nilai tertentu.

7. Teknologi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia


Teknologi merupakan metode ilmiah yang digunakan dalam mencapai tujuan praktis, selain itu tegnologi juga adalah satu pengetahuan ilmu terapan. Dan mean keseluruhan daalm menyediakan barang yang dibtuhkan untuk kelangsungan hidup serta kenyamanan hidup manusia.

Kesimpulan Mengenai Definisi Arti Teknologi Secara Harfiah


Berikut ini merupakan beberapa kesimpulan umum mengenai definisi dari teknologi sebagai berikut:
  • Teknologi merupakan sebuah metode praktis yang dimanfaatkan untuk menciptakan sesuatu yang berguna dan bisa digunakan secara berulang-ulang.
  • Sebuah teknologi diciptakan oleh manusia, karena itu banyak hal yang berhubungan dengan kegiatan praktis yang dilakukan manusia.
  • Penciptaan serta pengembangan dari sebuah teknologi ialah untuk tujuan pengembangan atau peningkatan diri manusia, dimana teknologi memang sengaja buat untuk membantu pekerjaan dan kegiatan manusia.
  • Pada dasarnya keilmuan yang dimilki teknologi ialah keilmuan sain, yang merupakan versi praktis dan praktikal dari sebuah sains.Setiap teknologi dapat dibuat dan juga dapat dikembangkan sesuai dengan keperluan dan juga kemampuan manusia. Batasan dari eknologi hanya terletak pada pikiran manusia. Selama manusia bisa mencari ide – ide yang baru, maka tegnologi akan terus berkembang.
   
Sekian artikel seputar dunia pendidikan teknologi dengan topik pembahasan mengenai Definisi Arti Teknologi Secara Harfiah. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna.   

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.

Selamat Membaca Sobat...