Bagaimana Perwujudan Sikap Tanggung Jawab Terhadap IPTEK


Bagaimana Perwujudan dari sikap tanggung jawab dalam pengembangan dan perkembangan IPTEK masa kini. Teknologi semakin berkembang sehingga mau tidak mau manusia hidup didunia ini tidak dapat melepaskan diri dari kemajuan IPTEK. dengan IPTEK, hidup manusia akan dipermudah. Mengenai Bagaimana sikap tanggung jawab IPTEK bisa memberikan pengertian yang luas.

Dunia teknologi terus mengalami perubahan secara drastis dan terus menerus. Hal ini membuat negara harus pintar didalam menghadapi hal tersebut. Dengan adanya aturan akan memberikan batasan termasuk Bagaimana Perwujudan Sikap Tanggung Jawab Dalam Pengembangan IPTEK.

Sebuah teknologi agar tidak menimbulkan permasalahan dan dampak negatif. Manusia perlu memiliki tanggung jawab etis di dalam mengembangkan dan menerapkan IPTEK.

Bagi bangsa indonesia didalam mengembangkan dan menerapkan iptek perlu mengingat landasan idealnya , yaitu pancasila dan landasan konstitusionalnya yaitu UUD NKRI Tahun 1945. dalam kaitannya dengan pancasila terutama sila ketuhanan yang maha esa. Baca Juga Contoh Perkembangan Penerapan IPTEK

Pendapat lainnya mengenai pengertian teknologi diungkapkan oleh Miarso (2007) yang mengungkapkan bahwa “teknologi merupakan suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah”.

Proses yang berjalan tersebut dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, dimana produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada. Lebih lanjut disebutkan pula bahwa teknologi merupakan suatu bagian dari sebuah integral yang terdapat di dalam suatu sistem tertentu.

Bagaimana Perwujudan Sikap Tanggung Jawab Terhadap Perkembangan IPTEK

Berikut ini adalah bagaimana perwujudan sikap tanggup jawab terhadap IPTEK. 
  1.     Pengembangan harus memperhatika etika juga .
  2.     Pengembangan harus memperhatikan aspek aspek lingkungan juga .
  3.     Pengembangan harus memperhatikan nilai guna iptek dalam kemaslahatan

Perwujudan dari sikap yang bertanggung jawab dalam proses pengembangan IPTEK adalah sebagai berikut:.
  1. Pengembang harus memperhatikan etika pengembangan IPTEK.
  2. Pengembang harus memperhatikan nilai guna IPTEK terhadap kemaslahatan masyarakat untuk kepentingan bersama.
  3. Pengembang harus memperhatikan aspek-aspek pelestarian lingkungan dengan mengembangkan IPTEK yang tidak merusak alam.

Apa Itu  IPTEK ?

IPTEK adalah singkatan dari 'ilmu pengetahuan dan teknologi, yaitu suatu sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan ataupun wawasan seseorang dibidang teknologi.


Bagaimana perwujudan dari sikap tanggung jawab dalam pengembangan dan perkembangan IPTEK masa kini.
Sikap Tanggung Jawab IPTEK
Dari beberapa definisi perkembangan IPTEK diatas, penulis menyimpulkan bahwa Ilmu dan Pengetahuan Teknologi itu merupakan sebuah metode praktis yang diciptakan oleh manusia dan dapat digunakan untuk menciptakan sesuatu yang berguna dan bisa digunakan secara berulang kali.

Penggunaan IPTEK sendiri, dikalangan remaja sangat naik peringkat, baik teknologi informasi, mesin dan industri, maupun teknologi komputer. Hal ini sangat mengacu pada pengaruh perkembangan negara.

Perkembangan IPTEK

Disini membahas sedikit banyak tentang perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau biasa kita kenal dengan istilah IPTEK. Ilmu pengetahuan muncul sebagai akibat dari aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia,baik kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohani

Kementerian Komunikasi dan Informatika  menyatakan, pengguna internet di Indonesia hingga saat ini telah mencapai 82 juta orang. Dengan capaian tersebut, Indonesia berada pada peringkat ke-8 di dunia. (Kemkominfo RI) Dari jumlah pengguna internet tersebut, 80 persen di antaranya adalah remaja berusia 15-19 tahun.

Untuk pengguna facebook, Indonesia di peringkat ke-4 besar dunia. Perkembangan teknologi saat ini bagaikan dua mata pisau yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari semua elemen.

Tuhan yang maha kuasa menciptakan alam semesta untuk kemaslahatan umat manusia . menyadari jenyataan ini , setiap manusia indonesia di dalam mengembangkan dan menerapkan iptek sudah selayaknya mengingat ajaran dan perintah tuhan. Baca Juga Pengertian dan Fungsi Sistem Teknologi Informasi Lengkap 

Perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek

perwujudan sikap tanggung jawab dalam pengembangan iptek
 
Dari amanat UUD NRI Tahun 1945 jelas bahwa pengembangan dan pemanfaatan IPTEK untuk meningkatkan kecerdasan dan kesejatraan rakyat secara lahir dan batin , itu semua harus mempertimbangkam kondisi yang ada dan memanfaatkan IPTEK.

Diindonesia tidak bebas nilai tetapi harus mempertimbangkan ligkungan dan nilai nilai sosial budaya kemasyarakatan dan agama yang ada di indonesia.

Usaha pengembangan dan pemanfaatan IPTEK, setiap manusia indonesia harus memiliki kearifan dan berpegang pada prinsip moral . Dengan demikian pemanfaat iptek dalam kegiatan pembamgunan tidak akan merusak lingkungan hidup, akan tetapi kalau iptek dimanfaatkan tanpa kearifan dan tidak dengan pertimbangan moral , kecenderungan untuk merusak lingkungan lebih besar.

Sebagai contoh dinamit dan bahan peledak dimanfaatkan untuk mencari dan menangkap ikan , hal ini justru akan merusak habitat lingkungan mereka  yang mengakibatkan kepunahan.

Mengapa IPTEK sangat penting bagi bangsa indonesia ? Karena dgn adanya iptek masyarakat indonesia semakin maju dan berkembang sehingga tidak tertinggal oleh negara maju lainnya


Semua permasalahan tersebut, harus mendapat penanganan serius agar dampak negatif dari internet dapat diminimalkan. Tidak bisa dipungkiri bahwa di balik manfaat internet, juga menimbulkan banyak mudarat dan dampak yang mengkhawatirkan.

Bengan semakin berkembangannya IPTEK itu sendiri, sehingga menimbulkan efek negatif dan positif, seperti :

Perwujudan Sikap Tanggung Jawab IPTEK

Sisi Negatif Perkembangan IPTEK Masa Kini

  • Dapat merusak moral, dimana Internet menjadi media IPTEK yang dapat mempengaruhi moral dari seseorang. Seperti halnya  konten yang berbau negatif dan yang lainnya.
  • Dapat menimbulkan polusi. Perkembangan IPTEK yang semakin pesat dan banyak dimanfaatkan. Akan tetapi disamping itu banyak sekali polusi pencemaran yang dihasilkan dari perkembangan IPTEK itu sendiri.

Sisi Positif Perkembangan IPTEK Masa Kini

  •     Dapat meringankan berbagai masalah yang dihadapi oleh manusia.
  •     Dapat membuat segala sesuatunya menjadi lebih cepat dan mudah.
  •     Dapat mengurangi pemakaian bahan-bahan alami yang semakin kesini semakin langka.
  •     IPTEK juga membawa manusia kearah lebih maju dan moder
Nah kita sebagai warna negara yang memiliki akal sehat dan cerdas harus bisa memiliki sikap tanggung jawab terhadap perkembangan IPTEK masa kini dengan sisi positif. Dimana kita harus bisa memanfaatkan setiap aspek dan sudut pandang yang baik.

Sikap Tanggung Jawab Terhadap IPTEK

Nah sekian dulu deh artikel seputar teknologi dengan judul pembahasan Perwujudan Sikap Tanggung Jawab Terhadap Perkembangan IPTEK Masa Kini. Semoga artikel yang dibahas bisa memberikan wawasan dan informasi yang bermanfaat dan berguna. Aamiiin