Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Peran Media Sosial untuk Bisnis Ekonomi Kreatif di Tahun 2020

Peran Media Sosial untuk Bisnis Ekonomi Kreatif di Tahun 2020. Di tahun 2020 ini bisnis ekonomi kreatif yang memanfaatkan peran media sosial sangatlah meningkat pesat. Banyak pekerjaan baru yang sebelumnya bahkan tidak kepikiran akan ada. Sebut saja influencer yang memiliki pengaruh cukup besar di media sosial miliknya.

Pekerjaan-pekerjaan baru tersebut membutuhkan ide kreatif dan inovatif dalam setiap kegiatannya. Media sosial menjadi salah satu objek dari ide-ide kreatif mereka. Nah, semua pembahasan tadi itu masuk ke dalam ekonomi kreatif yang berada dalam cabang ekonomi mikro.

 

Apa Itu Ekonomi Kreatif ?


Pengertian ekonomi kreatif adalah suatu konsep perekonomian pada era Revolusi Industri 4.0 yang menitik beratkan informasi dan kreativitas dengan menonjolkan ide dan pengetahuan yang dimiliki sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang paling utama.

Kalau menurut United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), ekonomi kreatif itu sebuah konsep ekonomi yang berkembang berlandaskan aset kreatif yang berpotensi menghasilkan perkembangan dan pertumbuhan ekonomi.

Sekiranya cukup pembahasan singkat mengenai pengertian ekonomi kreatif.

 

Peran Media Sosisal untuk Bisnis Kreatif

Peran Media Sosial untuk Bisnis Ekonomi Kreatif di Tahun 2020


Sosial media adalah sebuah media yang bertujuan untuk menjadi wadah penggunanya agar bisa saling berinteraksi satu sama lain. Kegiatan di sosmed (sosial media) ini dilakukan secara online atau daring yang memungkinkan manusia untuk saling tukar kabar tanpa dibatasi ruang dan waktu.

 

Macam-macam sosial media berdasarkan jenisnya:


1. Social Networks, tujuan utama untuk berinteraksi. Contoh: Facebook dan Twitter

2. Photo Sharing, tujuan utama berbagi foto. Contoh: Instagram dan Pinterest

3. Video Sharing, tujuan utamanya untuk menunjukkan video ke publik. Contoh: YouTube dan Dailymotion

4. Discuss, pengguna dapat saling berdiskusi tentang suatu topik. Contoh: Quora, Kaskus, dan Ads.id

5. Livestream, pengguna dapat membuat siarannya sendiri. Contoh: Ome.tv dan Instagram TV

Sebenarnya jenis-jenis ekonomi kreatif saat ini di tahun 2020 seperti periklanan, arsitektur, kerajinan tangan, kuliner, dsb., juga membutuhkan media sosial. Namun, jenis-jenis di bawah inilah yang paling krusial penggunaan media sosialnya selain untuk berbisnis juga untuk branding.

 

Jenis-jenis Ekonomi Kreatif yang Paling Membutuhkan Peran Media Sosial

Peran Media Sosial untuk Bisnis Ekonomi Kreatif di Tahun 2020

1. Periklanan

Sering banget kan kalian melihat iklan di sosial media. Pengiklan kini mulai mengubah arah iklannya. Dahulu pengiklan berebut untuk dapat memasang iklan di acara televisi apalagi untuk acara-acara premier. Namun, sekarang lebih menitik beratkan ke media sosial atau beriklan di mesin pencari.

Bukan tanpa sebab mereka mengubah haluannya. Pengguna internet yang kian hari makin banyak tentu menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan. Apalagi beriklan di media sosial lebih murah biayanya.


Contoh; dengan budget Rp100.000 anda bisa beriklan di Facebook Ads dan bisa melakukan targetting sendiri. Mulai dari rentang usia yang ingin disasar sampai lokasi target audience pengguna Facebook. Kita juga bisa mengatur berapa budget harian buat iklan.

2. Kuliner

Sektor ini menjadi salah satu sektor ekonomi yang mendapat dampak positif terbesar dengan kehadiran media sosial. Selain pemilik usaha kuliner bisa melakukan pemasaran lewat sosmed, individu yang memiliki passion lebih terhadap usaha kuliner bisa mengimprove diri dengan menjadi food vlogger seperti yang sudah terkenal ada Nex Carlos dan Magdalenaf.

3. Fashion

Desain produk fashion semakin hari semakin menarik pandangan. Media sosial berbasis photo sharing menjadi rencana utama tempat pemasaran produk-produk seperti kaos, jeans, sepatu, bucket hat, dll. Contoh produk ada di gambar paling atas, salah satu produk sepatu hype.

Kita cukupkan pembahasan peran media sosial ini sampai tiga sub bab saja ya teman-teman.

Jika kita simpulkan pembahasan kali ini, kita akan mengetahui seberapa pentingnya peran media sosial untuk bisnis ekonomi kreatif di tahun 2020 ini. Terus improve diri karena tahun-tahun berikutnya persaingan bukan lagi secara fisik, tetapi secara ide.

Guest Post from MauBusiness.com

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.

Selamat Membaca Sobat...