√ Daftar Pengusaha Sukses Indonesia Merintis Bisnis dari Nol - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Daftar Pengusaha Sukses Indonesia Merintis Bisnis dari Nol

Daftar Isi [Tampil]
    aftar pengusaha sukses Indonesia yang merintis bisnisnya dari Nol sampai berhasik sukses dan kaya raya.


    Pengusaha sukses merupakan idaman setiap para pelaku bisnis. Yuk kita ketahui daftar pengusaha sukses Indonesia yang merintis bisnisnya dari Nol sampai berhasik sukses dan kaya raya. Perlu kita ketahui bahwa dalam dunia bisnis, ada dua tipe pengusaha. Pertama, mereka yang melanjutkan bisnis keluarga dan dimodali orang tua. Kedua, mereka yang memulai usaha dari nol. 

    Sederet pengusaha telah membuktikan bahwa mereka bisa membangun bisnis sukses dengan merintisnya dari bawah. Namun sepertinya deretan nama saja belum cukup meyakinkan para calon pebisnis lainnya untuk segera memulai usaha. Masih banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk menjadi pebisnis karena menyimpan segudang keraguan.

    Kalau kamu termasuk salah satunya, sebaiknya simak baik-baik kisah 5 pengusaha sukses yang merintis bisnis dari nol ini. Dengan begitu, kamu yang mau menjajal dunia bisnis bisa tahu dan terinspirasi dengan perjalanan panjang yang mereka lalui sebelum meraih kesuksesan seperti saat ini. 

     

    Daftar Pengusaha Sukses Indonesia Merintis Bisnis dari Nol


     

    1. Chairul Tanjung


    Mungkin banyak yang tak tahu bahwa ‘Si Anak Singkong’ ini pernah merasakan pahitnya kehidupan sebelum sukses dengan perusahaan konglomerasi miliknya, CT Corp. Saat ia kecil, usaha ayahnya mengalami kebangkrutan hingga keluarganya harus tinggal di sebuah rumah kontrakan. Orang tuanya pun kesulitan untuk membayar uang kuliah Chairul di Fakultas Kedokteran Gigi UI. 

    Melihat hal ini, naluri bisnisnya muncul, dan ia mulai membuka usaha foto kopi di kampus UI sambil berjualan buku stensilan dan kaos. Meski awalnya jatuh bangun, ia tak pernah menyerah dan selalu tekun menjalani bisnis sampai akhirnya sukses menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

     

    2. Bob Sadino


    Bob Sadino merupakan salah satu contoh pengusaha sukses yang pontang-panting dalam merintis bisnis. Bob membulatkan tekad menjadi pengusaha saat sudah 9 tahun bekerja di Badan Usaha Milik Negara. Ia mulai dengan bisnis sewa mobil hingga menjadi buruh bangunan. Semua bisnis tersebut harus jatuh bangkrut karena kecelakaan yang dialaminya. 




    Namun Bob tidak menyerah sampai di situ. Dengan berutang kepada tetangganya, Bob berjualan telur ayam negeri dan memasarkan produknya dari pintu ke pintu. Berkat keuletannya, mendiang Bob sukses mendirikan supermarket yang menjual berbagai produk peternakan dan pertanian, Kem-Chicks.

     

    3. Gibran Rakabuming


    Nama Gibran Rakabuming memang dikenal sebagai putra dari Joko Widodo, Presiden RI yang sebelumnya berprofesi sebagai pebisnis. Meski sang ayah memiliki bisnis sukses, Gibran tak mau numpang tenar dengan nama besar ayahnya. Gibran memulai bisnisnya dari bawah dengan meminjam uang kepada bank. 

    Pengajuannya sempat ditolak sebanyak tujuh kali, namun Gibran terus berusaha hingga akhirnya ia mendapatkan pinjaman modal dari salah satu bank. Dari situ, ia membangun usaha katering bernama Chili Pari. Awalnya ia hanya melayani pesanan partai kecil, namun kini Chili Pari telah berhasil mendapat pesanan hingga ribuan porsi. Gibran pun juga mulai merambah ke bisnis kuliner lainnya.  

     

    4. Susi Pudjiastuti


    Meski hanya mengantongi ijazah SMP, kesuksesan Susi dalam bisnisnya di bidang perikanan dan penerbangan membuat beliau dianggap layak untuk menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan saat ini. Susi memilih untuk berhenti sekolah sebelum lulus SMA dan beralih menjadi pengepul ikan di Pangandaran. Bermodalkan Rp 750 ribu dari hasil menjual perhiasannya, Susi mulai membeli ikan dari tempat pelelangan dan memasarkannya ke sejumlah restoran. 

    Bisnisnya semakin berkembang dari tahun ke tahun, hingga akhirnya ia meminjam sejumlah uang ke bank untuk membeli pesawat yang digunakan sebagai pengangkut produk lautnya. Dari situ, wanita kelahiran 1965 ini merambah bisnis pesawat dengan membangun maskapai Susi Air yang melayani rute pedalaman.

    Dari kisah 4 pengusaha sukses yang memulai usahanya dari nol tersebut, kamu bisa mengambil kesimpulan bahwa untuk sukses berbisnis, kamu tak melulu harus punya modal besar. Yang terpenting adalah niat, ketekunan, dan tekad pantang menyerah. 

    Sekian dulu deh artikel seputar pengusaha dengan judul pembahasan aftar pengusaha sukses Indonesia yang merintis bisnisnya dari Nol sampai berhasik sukses dan kaya raya. Semoga bisa memberikan semangat dan inspirasi bagi kita selaku pemuda bangsa Indonesia :-D

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.
    Baca Juga