Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Pelajari Bentuk Pengajaran dan Toleransi Autistik Anak Autis

Daftar Isi [Tampil]
Pelajari Bentuk Pengajaran dan Toleransi Autistik Anak Autis
lspr.edu
Pelajari Bentuk Pengajaran dan Toleransi Autistik Anak Autis - Memahami bagaimana anak autis belajar adalah kunci untuk mengajar mereka dengan intensitas yang sama seperti Anda mengajar anak-anak lain. Ini mungkin tampak seperti ide yang langsung, tetapi anak-anak autis belajar secara berbeda sehingga memahami autisme itu sendiri adalah suatu keharusan ketika Anda mengajar anak-anak autis.

Dengan menjadi terdidik dalam gangguan, guru dapat secara efektif belajar untuk berurusan dengan anak-anak dan orang dewasa autis baik di dalam maupun di luar kelas, menciptakan dunia yang lebih memahami bagi semua orang


Anak autis sering menjadi pemikir visual. Jadi mengajar dengan berbicara tidak akan sepenuhnya efektif. Guru harus menggabungkan gambar dengan kata-kata untuk anak autis untuk sepenuhnya memahami pelajaran.

Misalnya, jika Anda mengajar tentang binatang-binatang di dunia, Anda harus memiliki kartu flash dengan kata “mouse,” ucapkan kata itu dengan keras dan jelas, dan perlihatkan gambar tikus itu kepada si anak.

Mungkin bahkan membawa mouse hidup untuk pertunjukan dan memberi tahu. Kata benda mungkin lebih mudah untuk mengajar anak-anak autis karena kata kerja membutuhkan tindakan dan bisa lebih sulit dalam ilustrasi.

 

Bentuk Pengajaran dan Toleransi Autistik Anak Autis


Jika Anda mengajar anak-anak autis kata-kata seperti “duduk” atau “berdiri,” Anda harus menyelesaikan tindakan ini ketika Anda mengajarkan kata itu.

Juga, karena kecenderungan visual, anak autis sering tidak dapat mengikuti kalimat yang panjang. Mereka tidak dapat menguraikan urutan dan menjadi bingung. Dengan demikian, instruksi menulis dapat sangat membantu ketika melakukan tes atau kuis.

Sebagai pemikir visual, anak autis sering dapat terpaku pada objek atau gambar tertentu. Jika ini masalahnya, cobalah memasukkan objek atau gambar itu ke dalam rencana pelajaran.

Jika anak menyukai pesawat, coba gunakan pesawat untuk visual di mana pun Anda bisa dalam pelajaran. Misalnya, saat mengajar matematika, buat masalah kata tentang pesawat untuk menarik perhatian anak.

Anak-anak autis juga cenderung artistik atau musikal, menghasilkan gambar yang sangat asli dan menunjukkan kemampuan rata-rata di atas dengan instrumen atau suara. Sisihkan waktu dalam sehari untuk seni dan dorong kegiatan yang dinikmati anak-anak.

Anak-anak autis juga mungkin mengalami kesulitan menulis karena kontrol atas tangan dan gerakan mereka. Ini membuat frustasi baik untuk anak dan guru. Untuk mengurangi frustrasi, izinkan anak menggunakan komputer.

Jika Anda dapat melakukan ini, pastikan keyboard dan monitor berdekatan karena anak mungkin mengalami kesulitan mengingat apa yang baru saja diketiknya. Dengan terbuka untuk mengajar anak autis dengan kemampuan terbaik Anda, Anda tidak hanya memberinya peluang terbaik dalam hidup, tetapi Anda juga menjadi panutan yang baik bagi anak-anak lain di kelas.

Jangan biarkan anak autis merusak pengalaman belajar bagi orang lain, tetapi lebih baik memasukkan keanehannya ke dalam pelajaran Anda sebanyak mungkin. Membuat kelas yang lebih bebas prasangka adalah hadiah terbaik yang bisa Anda berikan kepada anak ini.
Mendapat kabar bahwa seorang anak dalam keluarga autis paling sering bertemu dengan sejumlah reaksi. Sementara semua anggota keluarga, bahkan yang diperluas, akan mendukung di dunia yang ideal, kebenaran yang menyedihkan adalah bahwa banyak yang jijik atau kecewa.


Apakah anggota keluarga sering memarahi anak autis?

Apakah dia melihat anak autis Anda secara tidak adil?


Apakah anggota keluarga ini bersikeras memperlakukan anak autis Anda dengan cara yang sama seperti ia memperlakukan semua anak lain di keluarga Anda, bahkan ketika itu tidak pantas?


Ini adalah tanda bahwa kerabat ini tidak mau menerima anak autis Anda atau situasinya. Ini mungkin sering terjadi ketika menemukan seorang anak autis, sehingga sebagai orang tua, waspadai dan bersiaplah untuk hal ini terjadi.

 

Arti dan Defini dari Autisme


Seringkali, kerabat yang tidak mau menerima tidak mengerti apa itu autisme atau apa artinya bagi anak Anda dan keluarga dekat Anda. Meskipun banyak yang melihat autisme sebagai keterbelakangan mental, banyak anak-anak dan orang dewasa autis sangat cerdas; mereka tidak dapat mengomunikasikan hal ini dengan cara yang sama seperti yang dilakukan orang lain.

Coba jelaskan apa arti autisme bagi anggota keluarga ini, dan mintalah dia untuk menghabiskan waktu bersama Anda dan anak autis Anda. Biarkan mereka melihat efek autisme dan metode yang dapat Anda gunakan untuk mengatasinya.

Jika anggota keluarga terus tidak mendukung atau menolak penjelasan Anda, tanyakan mengapa anggota keluarga ini sangat tidak menerima situasi ini. Apakah mereka takut menyakiti anak itu? Apakah mereka khawatir tentang tanggung jawab tambahan saat menghabiskan waktu dengan anak? Mungkin mereka merasa bersalah atau malu. Jika Anda dapat mengetahui mengapa anggota keluarga tidak bisa menerima, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan lebih baik dan semoga membantu dia mengatasi persepsi awal mereka.

Mungkin tidak ada jumlah berbicara atau menghabiskan waktu bersama akan membantu anggota keluarga ini mengatasi prasangka mereka. Jika orang ini dengan keras kepala mengambil keputusan, Anda tidak akan pernah bisa menunjukkan kepadanya betapa cantik putra atau putri Anda autisme dan sebagainya. 

Jika ini masalahnya, menghilangkan orang ini dari hidup Anda mungkin sulit, tetapi itu juga akan menghilangkan Anda dan anak Anda dari energi dan kepribadian negatif anggota keluarga ini. Dalam situasi yang berkembang ini, Anda membutuhkan dukungan positif terbaik yang tersedia. 

Ingatlah bahwa anggota keluarga lain telah mendukung; bahwa anak-anak Anda menyesuaikan diri dengan baik dan merupakan sumber kekuatan bagi Anda. Perkuat jaringan dukungan Anda dengan berpartisipasi dalam kelompok dukungan orang tua untuk anak-anak autis. Dan ingat bahwa Anda dapat mengelilingi diri Anda dengan mereka yang menerima dan mencintai keluarga anak Anda atau tidak.


Definisi Autisme Adalah Spektrum yang Besar. Jika anda telah mengajar anak penyandang autisme sebelumnya, anda mungkin sudah memiliki sedikit bayangan, akan tetapi setiap anak tetaplah berbeda dengan anak lainnya, alangkah baik sekali kalau anda mau bertanya tentang kebiasaan anak tersebut dan kebutuhannya.

 

Fahami Sikap Murid dengan Autisme yang Baik


Sebuah rutinitas serta peringatan saat hendak melakukan perubahan, sangatlah membantu bagi mereka. Kita semua tau bahwa fleksibilitas adalah salah satu kemampuan hidup yang penting dan butuh dipelajari. Namun, anak dengan autisme tidak bisa menerima kejutan dan perubahan mendadak dalam rutinitasnya dengan baik. Hal seperti guru pengganti, alarm kebakaran, dan field trip adalah salah satu hal yang akan menyebabkan kecemasan bagi anak penyandang autisme. Bererapa hal yang dapat membantu mereka antara lain peringatan dan instruksi yang jelas, jadwal dalam bentuk visual, serta beberapa menit peringatan dan toleransi akan sangat membantu.

Anak dengan autisme membutuhkan waktu tambahan untuk memproses bahasa. Gunakan bahasa yang sederhana dan singkat. Berikan tidak lebih dari dua langkah instruksi. Berikan mereka setidaknya 3 detik setelah anda memberi perintah untuk mencerna ataupun bertanya. Jika anda memilih untuk mengulang perintah, jangan mengubah perkataan anda, karena mereka harus mulai memproses kembali dari awal ucapan anda tersebut. Mencoba untuk membuat mereka untuk bekerja lebih cepat hanya akan memperlambat anak tersebut.

Memahami bahasa dan mengulang kembali kata adalah dua hal yang berbeda. Anak-anak dengan autisme mungkin mengerti lebih dari yang anda sangka mereka pahami. Mereka mungkin tidak bisa menyampaikan dengan kata-kata semua hal yang ingin mereka sampaikan. Akan tetapi, mereka juga bisa mengulang ucapan kata-kata sulit yang panjang tanpa mengetahui apa yang maksud dari kata tersebut. Terkadang memang hal yang sulit untuk mengetahui hal yang mereka pahami dan apa yang mereka butuhkan untuk dipelajari.

Anak dengan autisme sangatlah literal. Bahasa perumpamaan dan ide yang abstrak adalah konsep misteri bagi anak dengan autisme. Jadi, ketika anda mengucapkan kata seperti “ambil kecepatan” dan murid anda yang lain paham bahwa anda ingin mereka bergerak lebih cepat, anak dengan autisme akan mencari apa yang anda maksud dengan “kecepatan” yang dia harus ambil dari lantai.

Anak dengan autisme dapat tersangkut di suatu subjek terus-menerus. Anak dengan autisme terobsesi dengan hal yang tidak penting bagi anda ataupun orang lain. Dia mungkin ingin mengobrol tentang karakter film dalam waktu yang panjang, dan akan sedikit hal yang anda bisa lakukan untuk mengalihkan perhatiannya. Dia tersangkut dalam cara fikir yang berputar-putar, kadang hal ini bisa bersangkutan dengan pelajarannya, tapi sering kali hal ini mengganggu proses belajar anak tersebut.

Anak dengan autisme membutuhkan bantuan untuk bersosialisasi. Anak dengan autisme mungkin akan terlihat tidak tertarik dengan teman sebayanya, dan mungkin dia memang tidak tertarik tetapi anak tersebut tidak akan pernah belajar kemampuan sosial kecuali kita tetap mencoba untuk mengajarkannya. Anda mempunyai tempat dan seting yang sempuran untuk mengajarkan mereka kemampuan sosial. Ini adalah lingkungan yang tidak bisa orang tua buat sendiri dirumah, akan sangat membantu sekali jika anda bisa menggunakan kelebihan ini untuk mengajarkan anak tersebut cara besosialisasi.

Isu-isu sensori adalah pengganngu konsentrasi bagi anak dengan autisme. Suara yang hampir tidak terdengar oleh anda mungkin bisa mengganggu konsentrasi mereka dalam belajar. Menyentuh tekstur mungkin akan membuat anak tersebut kaget dan tidak suka, bau mungkin akan membuat mereka mual. Tolong pertimbangkan hal-hal ini. Terlalu banya stimuli akan membuat mereka panik dan meltdown. Meltdown memang terlihat hampir sama dengan marah saat mengambek, tapi itu bukanlah hal yang sama.

Anak dengan autisme menggunakan perilaku stereotipikal dan mengulang-ulang disaat mereka semangat, bosan, ataupun saat stress. Anak dengan autisme akan sering mengulang-ulang. Prilaku ini akan membuat dia terlihat aneh dimata teman sebayanya, tolong pertimbangkan memberi pemahaman mengenai autisme yang bisa dipahami oleh anak seumurannya.

Dorongan yang bersifat positif akan membantu mereka, namun hukuman tidak akan. Hukuman atau ancaman akan adanya sangsi mungkin bisa menghasilkan kecemasan pada anak tersebut dan memperlambat progres. Mereka akan bekerja apabila ada hadiah, akan tetap, mereka cenderung akan menutup kalau mereka takut dengan sebuah hukuman.

Orang dengan autisme menyampaikan kenyataan sesuai dengan bagaimana mereka melihatnya. Anak dengan autisme sangatlah jujur, mereka mungkin akan mengatakan kalau anda kegemukan, membutuhkan cukur, atau nafas anda bau. Jangan mengambil hati hal tersebut. Rasa humor sangat diperlukan bila anda bekerja dengan anak-anak penyandang autisme.

Anak dengan autisme tidaklah menakutkan atau tidak bisa disayang, mereka hanya berbeda. Terkadang perbedaan itu menakutkan, tetapi jika anda mendidik diri anda mengenai autisme dan anak-anak penyandangnya, hal itu akan sangat menolong anda dalam membantu mereka.

Sekian dulu deh artikel seputar dunia pendidikan dengan judul pembahasan Bentuk Pengajaran dan Toleransi Autistik Anak Autis. Semoga bisa memberikan informasi yang berguna dan manfaat bagi Anda sebagai pembaca :-D

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.
Artikel Unggulan
Artikel Pilihan Pengunjung
Artikel Tentang Kesehatan

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Kang Yusuf
+6282377754543
Call us to +6282377754543 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami