Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Contoh 5 Jenis Entrepreneur Yang Sukses dan Kreatif di Negara Indonesia

Menjadi pengusaha / entrepreneur merupakan hal yang diminati orang banyak. Terdapat contoh 5 jenis atau macam entrepreneur yang sukses dan kreatif di negara Indonesia. Berbisnis merupakan suatu hal yang sangat di inginkan oleh banyak orang. Tentunya menjadi seorang pengusaha membutuhkan etos kerja yang memiliki sifat kerja keras tekun dan ulet.

contoh 5 jenis atau macam entrepreneur yang sukses dan kreatif di negara Indonesia

Banyak yang perlu Anda pelajari di dalam menempuh menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur yang berhasil sukses dan kreatif. Menjadi pengusaha atau wirausahawan membutuhkan management waktu yang baik serta mencari relasi yang bisa memberikan dukungan. 

Istilah entrepreneur tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Nah, kata entrepreneur ini bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia punya arti sebagai wirausahawan. Pada Intinya, seorang wirausahawan atau entrepreneur ini adalah orang yang membuka usahanya sendiri dengan berbagai sifat dan ciri khusus yang dimilikinya.

 

Apa itu Entrepreneur ?

Entrepreneur atau Wirausahawan (bahasa Inggris: entrepreneur) adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

 

Bagaimana Menjadi Seorang Entrepreneur?

Terdapat beberapa pertanyaan bagaimana caranya menjadi seorang entrepreneur yang sukses dan berhasil ? Nah ada nih beberapa langkah simpel untuk menjadi pemuda atau seseorang wirausahaan yang kreatif dan sukses. Simak tips singkat 7 langkah mudah menjadi entrepreneur sejati, yaitu:

    #1 Melihat Ke Depan.
    #2 Memperkenalkan Bisnis Anda Kepada Orang-Orang.
    #3 Memikirkan Sebuah Masalah.
    #4 Menemukan dan Mengikuti Passion Anda.
    #5 Menggunakan Keyakinan yang Kuat dari Diri Anda.
    #6 Mengambil Tindakan (Take Action)
    #7 Membuat Sebuah Prototype.

 

Apa Bedanya Pengusaha dan Entrepreneur Itu ? 


Apa sih bedanya seorang pengusaha dan entrepreneur itu ? Beberapa orang masih menganggap pengusaha dan entrepreneur itu sama, sekilas mereka memang terlihat sama. Dwi Larso, Ph.d, seorang pengajar di School of Business Management, Institut Teknologi Bandung mengatakan bahwa pengusaha adalah orang yang memiliki bisnis skala besar maupun kecil dan tidak semua pengusaha memiliki jiwa entrepreneur.

Sedangkan seorang entrepreneur pasti memiliki jiwa pengusaha, di mana mereka dapat memanfaatkan peluang dari setiap bisnisnya atau orang yang terjun ke dalam suatu bisnis. Di mana, jika kita memiliki jiwa entrepreneur, dapat dipastikan bisnis yang akan dijalani akan dapat terus bertahan. Lalu, apakah Anda termasuk pengusaha atau entrepreneur ?


Apa Saja Ciri Seorang Entrepreneur Yang Membedakannya Dengan Karyawan Biasa ?




Perlu kita ketahui apa saja ciri-ciri antara seorang entrepreneur yang membedakan dengan karyawan biasa. Dengan kita mengetahui ciri-ciri pengusaha, maka kita bisa mengira-ngira diri itu cocok sebagai apa ya kan ?  Simak 7 ciri-ciri yang membedakan antara entrepreneur dengan karyawan yaitu,

  1. Memiliki mimpi besar. ...
  2. Pandai mengatasi ketakutannya. ...
  3. Mempunyai cara pandang yang berbeda. ...
  4. Pemasar sejati atau penjual ulung. ...
  5. Menyukai tantangan. ...
  6. Mempunyai keyakinan yang kuat. ...
  7. Selalu mencari yang terbaik. 

 

Apa Saja Kelebihan Menjadi Seorang Entrepreneur Sukses ?


Berikut ini ada beberapa kelebihan menjadi seorang entrepreneur sukses. Simak kutipan singkatnya yuk agar kita bisa menjadi seorang pengusaha yang berhasil dan sukses ini.
  1. Memiliki Kesempatan untuk mewujudkan cita-cita.
  2. Memiliki Kesempatan untuk menciptakan perubahan.
  3. Untuk mencapai potensi penuh Anda.
  4. Untuk menuai keuntungan yang mengesankan.
  5. Memberikan kontribusi kepada masyarakat dan mendapatkan pengakuan untuk usaha Anda.
  6. Dapat melakukan apa yang disukai dan dapat memanfaatkan hasilnya untuk kabaikan.

Ternyata, penyebutan entrepreneur ini adalah penyebutan istilah yang masih terbilang umum untuk menjelaskan tentang seorang wirausahawan. Karena, rupanya masih ada lho penyebutan macam-macam entrepreneur lainnya yang lebih spesifik sesuai bidang dan tujuan yang dimaksud. Dilansir dari idntimes.com mari disimak dulu penjelasannya di bawah ini.

 

Contoh 5 Jenis Entrepreneur Yang Sukses Kreatif di Indonesia


1. Jenis Entrepreneur Sebagai Foodpreneur


Sering dengan gaya hidup khususnya berkembang di kota besar yaitu berkuliner. Saat ini istilah foodpreneur ini mungkin tidak begitu asing di telinga. Ya, foodpreneur adalah sebutan bagi mereka yang menjalankan usaha di bidang kuliner atau makanan.

Nah, para foodpreneur pada zaman sekarang ini makin eksis dengan adanya media sosial sehingga tak jarang produk kuliner maupun usaha kuliner mereka bisa makin dikenal oleh masyarakat umum, bahkan ada yang sampai viral lho. Jadi, gak heran nih kalau sampai saat ini menjadi seorang foodpreneur masih digemari terutama oleh para Milenial.

 

2. Jenis Entrepreneur Sebagai Technopreneur


Dengan semakin berkembangnya zaman, para entrepreneur pun sepertinya tak mau ketinggalan dengan perkembangan teknologi dan informasi. Ya, technopreneur itu sebutan bagi seorang entrepreneur dengan menggunakan bantuan teknologi untuk melakukan usaha sesuai maksud dan tujuannya. Walaupun technopreneur di Indonesia masih terbilang baru tapi perkembangan dan dampaknya sudah cukup terasa dan berlangsung dengan cepat.


Contoh technopreneur dunia yang sangat sukses membangun usahanya:

  • ·         Bill Gates yang terkenal dengan Microsoft.
  • ·         Mark Zuckerberg yang sukses dengan media sosialnya yang bernama Facebook.
  • ·         Larry Page dan Sergey Brin yang dikenal dengan mesin pencari terbesar di dunia, Google.

Nah, bisnis berbasis teknologi ini pastinya juga masih sangat potensial bagi kamu yang suka berinovasi dan mempunyai passion tinggi di bidang teknologi dan bisnis. Perlu Anda ketahui bahwa technopreneur merupakan contoh 5 jenis atau macam entrepreneur yang sukses dan kreatif di negara Indonesia sampai saat ini dan lagi booming bahas Start Up.



3. Jenis Entrepreneur Sebagai Ecopreneur


Tak jauh berbeda dari technopreneur, seorang ecopreneur juga mempunyai tujuan dalam menjalankan usahanya. Nah, ecopreneur adalah seorang wirausahawan yang dalam menjalankan usahanya sangat peduli akan kelestarian dan dampaknya bagi lingkungan.

Sehingga, secara langsung tak langsung usaha yang mereka lakukan berdampak positif bagi lingkungan. Misalnya, dengan menciptakan dan memasarkan produk-produk yang ramah lingkungan. Keren banget ya!

 

4. Jenis Entrepreneur Sebagai Mompreneur


Mompreneur berarti ibu-ibu yang menjalankan usaha atau bisnis di tengah kesibukannya sebagai seorang ibu rumah tangga. Hal ini benar-benar menjadi tantangan bagi seorang ibu, dimana ia harus mampu membagi waktu antara keluarga dan usaha.

Adanya mompreneur juga membuktikan bahwa seorang ibu juga mampu mandiri, kreatif serta bertanggung jawab terhadap keluarga dan dirinya sendiri. Apalagi di era digital sekarang ini, mompreneur lebih leluasa untuk menjalankan usahanya dengan perkembangan teknologi dan informasi yang ada.

 

5. Jenis Entrepreneur Sebagai Sociopreneur


Nah, kalau jenis entrepreneur yang satu ini punya tujuan ganda dalam menjalankan usahanya. Sociopreneur berasal dari kata social dan entrepreneur sehingga jelas banget bahwa sociopreneur adalah mereka yang menjalankan usaha untuk mencapai tujuan keuntungan sekaligus tujuan sosial yang bermanfaat bagi banyak orang.

Wah, tentu jenis entrepreneur yang satu ini mulia banget ya guys. Apa sih contoh dari manfaat adanya sociopreneur yang sudah kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari? Salah satunya adalah dengan bermunculan perusahaan jasa transportasi online yang sangat membantu masyarakat umum mengenai masalah-masalah terkait transportasi sekarang ini, terlepas dari pro dan kontra yang terjadi.

Para penyedia jasa transportasi online seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya sebenarnya juga termasuk technopreneur sekaligus sociopreneur lho.

Intinya, dari sociopreneur ini kita bisa belajar bahwa dalam menjalankan usaha yang profit oriented  kita juga mampu menciptakan dampak positif bagi banyak orang lain melalui berbagai terobosan dan inovasi.

 

Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli


1. Pengertian Entrepreneur Menurut Robbin & Coulter


“Enterpreneur ialah suatu proses saat seseorang atau kelompok pribadi melakukan suatu upaya yang terorganisir, pun sarana guna mendapatkan kesempatan dan menghadirkan sebuah nilai yang tumbuh dengan mengisi kebutuhan pun keinginan. Hal tersebut didapat melewati sebuah keanehan dan inovasi, membiarkan apapun sumber daya yang dipakai pada ketika ini”

 

2. Pengertian Entrepreneur Menurut Hermawan kartajaya

“Enterpreneur artinya ialah sebuah upaya untuk membuat konteks nilai melewati proses pemantauan dalam kesempatan bisnis, membina manajemen guna menghindari bisa jadi timbulnya resiko, serta keterampilan berkomunikasi dan memanfaatkan sumber daya di sekitarnya. Cotntohnya ialah sumber daya manusia, untuk menciptakan sesuatu yang dapat mendatangkan keuntungan.”

 

3. Pengertian Entrepreneur Menurut Suryana

Enterpreneur atau Kewirausahaan ialah sebuah proses implementasi kreativitas dan pun inovasi yang dipakai untuk menggali solusi, guna memecahkan masalah yang lazimnya dihadapi seluruh orang dalam kehidupannya sehari-hari. Sedangkan kreativitas adalahskill menciptakan usulan baru berupa kombinasi, memperbarui gagasan lama, atau mengubah.

 

4. Pengertian Entrepreneur Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sebagai orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menyusun cara baru dalam berproduksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, mengatur permodalan operasinya, serta memasarkannya



Sekian dulu deh artikel seputar pengusaha dengan topik pembahasan contoh 5 jenis atau macam entrepreneur yang sukses dan kreatif di negara Indonesia. Semoga bisa memberikan wawasan dan informasi bermanfaat yang berhubungan dengan jenis wirausahawan atau pengusaha agar sukses dan kreatif di negara Indonesia.

Beberapa keyword yang berhubungan lainnay meliputi contoh entrepreneur sukses  entrepreneurship adalah  macam macam entrepreneur  pengertian entrepreneur dan contohnya  mindset entrepreneur adalah  contoh fabian entrepreneurship  entrepreneur adalah pdf  contoh ecopreneurship.

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.

Selamat Membaca Sobat...