Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Cara Mudah Mengecilkan Ukuran File PDF Online & Offline

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mudah Mengecilkan Ukuran File PDF Online & Offline
Cara Mudah Mengecilkan Ukuran File PDF Online & Offline

Cara Mudah Mengecilkan Ukuran File PDF Online Offline - Dokumen file dengan format PDF adalah sesuatu yang umum dijumpai. Terkadang kendala yang terjadi masih bingung bagaimana caranya mengecilkan ukuran file pdf dengan gampang baik online maupun offline. Langkah mudahnya bisa menggunakan hp android maupun pc komputer.

Nah apalagi saat ini sedang ramainya menjadi bahan pembicaraan di negara Indonesia. Dimana dokumen dengan format ini sangat dibutuhkan untuk mendaftar kerja di sebuah perusahaan, atau mendaftarkan diri sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS.

Nah permasalahannya, di website tempat mendaftar seringkali ukuran dokumen untuk diunggah dibatasi hingga 100kb saja. Padahal, ukuran PDF secara rata-rata adalah 1MB hingga 2MB. Untuk mengecilkan ukuran tersebut, hal yang bisa dilakukan adalah mengompresnya.



Apa itu File PDF ?


PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi.

 

Bagaimana Cara Mudah Membuat File PDF?

Berikut cara simpel membuat file PDF di Mic Word menjadi file PDF menggunakan Foxit Reader.
  1. Cari file MS Word yang ingin diubah dengan windows explorer.
  2. Kemudian klik kanan dan pilih Convert to PDF in Foxit Reader.
  3. Kemudian aplikasi Foxit Reader akan terbuka dan untuk menyimpan pilih Menu File – Save. 

Oke deh sudah pada faham dan tahu ya bagaimana cara membuat file PDF dengan mudah tersebut. Mari kita lanjutkan terkait cara mudah kompres atau mengecilkan file PDF online, menggunakan beberapa website kompres online yang bisa diakses hanya dengan sekali klik. Simak ulasannya dibawah ini ya temen temen :-D

 

Cara Mudah Mengecilkan Ukuran File PDF Online

 

1. Mengecilkan Ukuran File PDF dengan I Love PDF


Situs website yang menyediakan tools untuk kompres atau mengecilkan ukuran file  PDF yang bisa digunakan adalah ilovepdf.

Ketika sudah masuk, Anda hanya tinggal mengetuk tombol "Select PDF Files" atau Anda bisa men-drag dokumennya langsung ke tombol tersebut. Jika sudah, Anda akan diberi tiga pilihan: extreme, recommended, dan less. Anda bisa memilik antara extreme atau recommended untuk menjadikannya berukuran 100kb.

 

2. Mengecilkan Ukuran File PDF dengan Small PDF


Website kompres PDF selanjutnya adalah smallpdf. Cara kerjanya hampir sama dengan ilovepdf, namun dari smallpdf disediakan opsi untuk memilih dokumen langsung dari Google Drive atau Dropbox Anda.

Di smallpdf ini Anda hanya memiliki opsi basic compression, di mana Anda dapat mengecilkan ukuran PDF hanya 40 persen saja. Namun dokumen kerja Anda seharusnya sudah mencukupi untuk jadi di bawah 100kb, jika ukurannya di bawah 2MB.

 

3. Mengecilkan Ukuran File PDF dengan PDF Compressor


Pdfcompressor adalah salah satu website kompress PDF yang paling sederhana. Kelebihannya adalah, PDF Compressor tidak mengubah sama sekali piksel atau kerapatan dot per inci dari dokumennya. 

Di website ini, Anda tidak mendapatkan opsi apapun soal kualitas namun secara ringkas langsung menyediakan tautan unduh dokumen Anda sehingga lebih efisien. dikutip dari merdeka

 

Cara Mudah Mengecilkan Ukuran File PDF Offline


Setelah mengetahui cara mudah mengecilkan ukuran file PDF secara online, sekarang kita beralih pada cara mengecilkan ukuran PDF secara offline. Tentunya untuk mengecilkan file PDF secara offline kalian akan membutuhkan bantuan software khusus yang harus kalian download terlebih dahulu atau kalian juga bisa menggunakan software yang sudah ada sebelumnya. Kalian bisa mengikuti beberapa langkah yang akan saya jelaskan di bawah:

  • Kalian bisa menggunakan ORPALIS PDF Reducer Free     
  • Kalian bisa menggunakan Microsoft Word. Tentunya kalian sudah sangat familiar dengan microsoft word, software yang kalian gunakan untuk membuat berbagai file sehari – harinya.

 

Langkah – langkah untuk mengecilkan file pdf dengan microsoft word adalah sebagai berikut:

 

  1. Khusus kalian pengguna Ms Word 2013 sampai yang terbaru, kalian bisa menggunakan cara ini.
  2. Pertama, kalian buka file PDF yang ingin kalian compress ke Ms Word kalian. Loh ini Ms Word kan formatnya doc atau docx, emang bisa buka file dengan format PDF? Jawabannya ya bisa! Ms Word 2013 sampai yang terbaru akan meng-convert terlebih dahulu file PDF kalian itu kembali ke format doc atau docx
  3. Lalu jika kalian sudah membuka file PDF tersebut ke Ms Word, setelah itu kalian save as PDF lagi file kalian itu dengan cara: buka file –> save as –> pada save as type pilih PDF –> lalu kalian pilih semuanya yang minimum size –> save –> selesai
  4. Nah file PDF kalian itu akan tersimpan dengan minimum size
  5. Sayangnya yang menjadi kekurangan dari cara ini adalah, compress yang dihasilkan hanya memotong sedikut ukuran saja. Kompresinya tidak secara signifikan yang besar, tapi lumayan mengecilkan sedikit ukuran.
  6. Selamat mencoba dikutip dari futureloka.com

 

Cara Mudah Mengecilkan File PDF di Hp / Smartphone


1. Mengecilkan File PDF di Hp Memakai Compres PDF


Sebelum memulai tutorialnya, silahkan download dulu aplikasinya. Buka Google Play - ketikkan "Compres pdf" - kemudian pilih aplikasinya - kemudian Instal hingga selesai.
  1. Buka Aplikasi Kompres pdf. diagian awal tampilan, klik tanda "Plus" untuk memilih file pdf yang ingin dikecilkan ukurannya.
  2. Carilah file pdf tersebut kemudian klik.
  3. Maka aplikasi ini akan mulia konversi pdf tersebut. akan ada pemberitahuan " file akan dokonversi dalam 1 jam, anda akan mendapatkan pemberitahuan". jadi tunggu saja sambil bermain game atau minum kopi?

Sebenarnya kelemahan aplikasi diatas terlihat jelas pada lamanya proses konversi pdf. tapi mau diapain, karena itulah aplikasi yang paling tinggi ratingnya di android.


Apa ada cara lain yang lebih cepat ? Wahh ada dong. percuma gue posting kalau nggak ada solusinya.
Karena sudah memperlihatkan cara mengecilkan ukuran pdf dengan aplikasi android diatas. ternyata hasilnya memakan waktu lama. jadi kita pakai cara cepatnya. yaitu dengan kompres pdf secara online lewat android.

 

Cara Mudah Mengecilkan Kompres File Pdf di Hp Android Secara Online


1. Pastikan sobat memiliki browser Google Chrome di smartphone android. silahkan dibuka dulu aplikasinya.

2. Ketikkan pada Google Search "Pdf Compress" lalu Enter. maka akan muncul hasil pencarian dibawahnya. semuanya rata-rata situs untuk kompres pdf online.
  1.     Pililh yang pertama "ilovepdf.com". kemudian akan diarahkan langsung ke websitenya.
  2.     Setelah terbuka, pilih "Select Pdf Files".
  3.     Lalu pilih "Dokumen".

Selanjutkan tahap mudah mengecilkan ukuran file PDF di Hp Android
  1. Pilih file pdf sobat. ingat jangan sampai lupa dimana ditaruh. disini saya mau kompres file yang berukuran 312 kb.
  2. Setelah itu, proses upload dimulai hingga selesai. ada lagi pilihan pengaturan dibawahnya. saya pilih yang "Recomendation Compression" atau standar. kalau mau lebih kecil lagi, pilih yang "Extreme Compression". Lanjutkan klik "Compress PDF". tunggu sampai selesai.
  3. Akhirnya pdf selesai juga di kompres. lihat hasilnya dari 312kb menjadi 93kb. kerenkan.
  4. Terakhir, tinggal download. selesai. dikutip dari grafis-media

Sekian dulu deh ya artikel seputar teknologi dengan topik pembahasan Cara Mudah Mengecilkan Ukuran File PDF Online. Semoga bisa memberikan kemudahan dan informasi yang bermanfaat buat temen temen yang membutuhkan untuk mengecilkan ukuran file pdf di hp maupun di internet denga mudah.

Beberapa hasil penelusuran yang berkaitan dengan cara mengecilkan ukuran file pdf  cara compress pdf 200kb  mengecilkan ukuran pdf paling kecil  compress pdf file size  reduce pdf file size below 100 kb  how to reduce pdf file size without losing quality  resize pdf file to 200kb online  reduce pdf size mac  best pdf compressor online.

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.
Artikel Unggulan
Artikel Pilihan Pengunjung
Artikel Tentang Kesehatan

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Kang Yusuf
+6282377754543
Call us to +6282377754543 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami