Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Memperingati Hari Ayah Nasional 12 November 2019

Daftar Isi [Tampil]
Memperingati Hari Ayah Nasional 12 November 2019

Memperingati hari ayah nasional pada tanggal 12 november 2019. Hingga akhirnya, setelah melalui kajian yang cukup panjang, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal 12 November sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional.

Hari Ayah Nasional diperingati setiap 12 November 2019. Peringatan Hari Ayah Nasional yang jatuh hari ini Selasa (12/11/2019) turut dirayakan Google dengan doodlenya. Hari Ayah dirayakan dengan memberi hadiah bagi bapak dan berkumpul bersama anggota keluarga lainnya. Ungkapan terima kasih kepada ayah ini disampaikan atas perannya sebagai tulang punggung, sandaran dan pelindung dalam rumah tangga. 

Memperingati Hari Ayah Nasional 12 November 2019

 
Di Indonesia, Hari Ayah dirayakan pada 12 November berawal dari prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP), dikutip dari website kemdikbud.go.id. Awalnya, tahun 2014, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan cara mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu. Acara ini disambut antusias oleh peserta sehingga menanyakan kapan peringatan yang sama untuk Ayah digelar.

Hingga pada 12 November, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal tersebut sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional. Deklarasi tersebut digabung dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan ‘Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya'. 

Deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku ‘Kenangan untuk Ayah’ yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah. Selepas deklarasi, mereka mengirimkan buku tersebut dan piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di 4 penjuru Indonesia yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote. 

Deklarasi Hari Ayah Nasional 12 November 


Usai deklarasi ini, setiap tanggal 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional. Selain Indonesia, negara-negara lain juga merayakan Hari Ayah hanya waktunya yang berbeda. Lebih dari 75 negara merayakan peringatan ini yakni AS, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hong Kong. 

Perayaan Hari Ayah di negara-negara tersebut jatuh pada hari minggu di pekan ketiga bulan Juni dan dirayakan hampir di seluruh dunia sejak awal abad ke -12. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Laki-Laki Internasional diperingati setiap 19 November. Untuk Indonesia sendiri, Google meramaikan perayaan Hari Ayah Nasional melalui ilustrasi doodlenya.

Doodle Google Merayakan Hari Ayah Nasional

 
Jika Anda membuka laman Google.com, pagi hari ini (12/11/2019), tampak ilustrasi seekor burung besar yang sedang memberikan makanan untuk anak-anaknya. Doodle tersebut diperuntukan untuk memperingati Hari Ayah Nasional yang jatuh setiap tanggal 12 November 2019. 

Doodle Hari Ayah Nasional tersebut jika diklik akan menampilkan animasi sang ayah burung yang dikelilingi enam anaknya dalam beragam warna khas logo Google. Ada tiga mode yang bisa dipilih, masing-masing menampilkan keakraban sang ayah dan anak-anaknya. 

Hari Ayah Nasional mulai dideklarasikan di Solo pada tahun 2006 silam pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Dihimpun dari situs sahabatkeluarga.kemendikbud.go.id, peringatan Hari Ayah di Indonesia sendiri diprakarsai oleh paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). 

Ide ini pun tercetus secara mendadak setelah PPIP mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu tahun 2014 lalu. "Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah?" tanya seorang peserta secara mengejutkan. Dari situlah PPIP mulai mencari tahu kapan harus memperingati Hari Ayah Nasional hingga melakukan audiensi ke DPRD Kota Surakarta. Setelah melalui kajian dan proses yang cukup panjang, PPIP mendeklarasikan 12 November sebagai Hari Ayah di Indonesia.

Selamat memperingati Hari Ayah Nasional tanggal 12 November 2019 temen temen. Terus berkomitmen dan menjaga ayah sampai akhir hayat masing-masing. Ayah kita sangatlah berjasa dan luar biasa sekali pengorbananya.

Referensi artikel tirto dan kompas

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.
Artikel Unggulan
Artikel Pilihan Pengunjung
Artikel Tentang Kesehatan

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Kang Yusuf
+6282377754543
Call us to +6282377754543 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami