Beberapa Kesalahan Harus Hindari Waktu Magang di Perusahaan

beberapa kesalahan yang perlu dihindari selama masa magang di perusahaan dan startup di Indonesia


Pada umumnya kegiatan magang di alami oleh para siswa/i SMK dan mahasiswa. Perlu di ketahui beberapa kesalahan yang perlu dihindari selama masa magang di perusahaan dan startup di Indonesia. Hal ini perlu diperhatikan oleh mereka agar tidak mendapatkan kejadian yang tidak diinginkan selama waktu magang Ya harapannya setelah magang bisa menjadi karyawan disana dan bahkan bisa berkarier di perusahaan atau startup tersebut.

Perlu kita ketahui terkait tips untuk anak magang. Magang adalah salah satu hal yang biasa dilakukan untuk mendapatkan pengalaman bekerja, entah itu di suatu perusahaan ataupun industry. Beberapa perusahaan ataupun industri memberikan kesempatan magang kepada para fresh graduated ataupun mahasiswa untuk memberikan pengalaman kerja kepada lulusan sekaligus menjadi tahapan recruitment pegawai/karyawan yang memiliki potensi.

Dalam proses magang, biasanya terdapat beberapa kesalahan yang umum dilakukan oleh anak magang. Meskipun demikian, tetap saja kesalahan tersebut akan memberikan poin minus pada performa magang dan sebaiknya dihindari. Pada kesempatan kali ini sedikit berbagi tentang beberapa kesalahan yang sebaiknya kamu hindari saat menjalani magang. Berikut ulasan lengkapnya terkait tips ampuh dalam menjalani magang di perusahaan agar sukses dan berhasil.

 

Beberapa Kesalahan Harus Hindari Waktu Magang di Perusahaan


1. Menganggap Magang Sebagai Pekerjaan Tidak Serius


Meskipun anak magang tidak memiliki tanggung jawab yang sama dengan karyawan, namun bukan berarti kamu dapat menanggapi magang sebagai pekerjaan yang tidak serius. Bekerja dengan serius dan rajin akan memberikan kamu kesempatan untuk mendapatkan jenjang karir yang baik ke depannya.
 

 

2. Tidak Masuk ke Kantor Tanpa Memberi Kabar


Perusahaan membuka kesempatan magang biasanya untuk membantu perusahaan tersebut menyelesaikan beberapa pekerjaan atau project dan sekaligus memberikan kesempatan kepada anak magang untuk dapat belajar. Absennya kamu dari kantor, apalagi tanpa kabar/izin dapat menyulitkan dan menghambat kerja perusahaan. Kamu juga dapat dilabel sebagai anak magang yang tidak profesional dalam bekerja.
 

 

3. Terus Melakukan Kesalahan


Sebagai anak magang, kamu adalah pembelajar di perusahaan tersebut. Melakukan kesalahan adalah suatu hal yang wajar, namun bukan berarti kamu dapat melakukan kesalahan terus menerus. Ketika melakukan kesalahan, kamu harus segera belajar, sehingga tidak melakukan kesalahan yang sama.
 

 

4. Berpakaian Kurang Sopan


Cara berpakaian adalah cara pertama orang menilai kamu, hal tersebutlah yang membuat cara kamu berpakaian adalah hal penting yang harus kamu perhatikan. Berpakaian rapi dan sopan saat menjalani magang adalah keharusan, berpakaian kurang rapi dan sopan akan membuat atasan kamu menanggap kamu sebagai karyawan/pekerja yang kurang baik.
 

 

5. Tidak Beradaptasi/Bergaul


Magang bukan berarti kamu bekerja sepanjang hari di meja kerja kamu. Kamu juga harus beradaptasi dan menjalin relasi dengan karyawan lain. Menjalin relasi akan membuat karyawan lain mengenal kamu dan menumbuhkan kepercayaan terhadap kamu.
 

 

6. Mencampurkan Masalah Personal dengan Pekerjaan


Pekerjaan dan masalah personal adalah hal yang tidak boleh dicampur adukan. Membawa masalah pribadi/personal ke kantor akan membuat performa kerja kamu kurang optimal dan tentunya hal tersebut juga bukan merupakan hal yang profesional untuk dilakukan. Ketika bekerja, usahakanlah untuk melupakan sejenak masalah personal kamu, sehingga hal tersebut tidak menggangu kinerja kamu saat bekerja.

Itulah sharing beberapa kesalahan yang sebaiknya temen temen tidak lakukan atau hindari saat menjalani magang di suatu perusahaan. Semoga dapat membantu temen temen yang tengah menjalani atau berencana magang dalam waktu dekat ini. 

Sekian dulu deh ya artikel seputar tips dalam magang dengan judul pembahasan beberapa kesalahan yang perlu dihindari selama masa magang di perusahaan dan startup di Indonesia. Semoga temen temen bisa menjadi siswa/i yang magang bisa menjalani semua tugasnya masing-masing yaa.

Semoga sukses dan berhasil yaa ;-D