Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Tips Menjadi Pebisnis Muda Yang Kreatif dan Sukses


Mari kita pelajari strategi dan tips yang ampuh untuk menjadi pebisnis muda yang kreatif dan sukses. Perlu kita ketahui bahwa sebuah kreativitas merupakan suatu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru yang ditimbulkan dari ide baru. 

Hal ini merupakan keahlian yang sangat penting bagi para pebisnis muda agar bisnis usahanya bisa menjadi lebih baik, inovatif, kreatif dan semakin maju kedepannya. Dengan mempelajari berbagai ilmu yang diiringi dengan banyak praktik akan menghasilkan sebuah karya yang baik.

Cara menjadi pelaku usaha kreatif tentunya dengan cara menciptakan sesuatu yang berbeda dan benar-benar baru. Biasanya bibit kreativitas akan sangat terlihat pada pengusaha muda. Anda juga bisa menjadi seorang pengusaha kreatif muda yang sukses meskipun harus memulai dari nol.

Menjadi Pengusaha Yang Kreatif

Berikut ini adalah beberapa hal yang akan sangat Anda butuhkan jika Anda berniat untuk menjadi seorang pengusaha yang kreatif :

  1. Kreatif dalam membuat brand.  Di dalam dunia perdagangan atau bisnis, brand atau merek merupakan hal yang paling penting dan dapat menjadi nilai lebih untuk produk yang dijual.
  2. Kreatif dalam membuat kemasan. Sama dengan brand, kemasan juga harus sesuai dengan produk yang dijual. Pikirkan kemasan yang tidak hanya unik dan berbeda, tetapi juga sesuai dengan produk yang dijual dan dapat menopang serta menjaga bentuk produk yang dijual agar tidak mudah rusak.
  3. Kreatif dalam membuat produk. Produk tentu saja akan menjadi fokus utama pada saat akan memulai sebuah bisnis. Tanpa produk yang berkualitas baik, maka tidak mungkin suatu bisnis akan meraih reputasi yang baik. Dan tanpa kreatifitas yang baik dalam menciptakan produk yang unik dan baru, maka tidak mungkin bisnis dapat bersaing dengan para pebisnis lain yang sudah lebih dulu menciptakan hal yang serupa.
  4. Kreatif dalam melakukan pemasaran. Pemasaran atau promosi merupakan hal yang pada akhirnya akan menentukan seberapa banyak penjualan yang dapat dilakukan. Disinilah pentingnya para pelaku bisnis untuk belajar ilmu marketing.

Kebiasaan Para Pengusaha Kreatif



Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang menjadi ciri-ciri para pebisnis kreatif :
  1. Salah satu ciri yang paling utama adalah bangun lebih pagi dan segera memulai harinya. Dengan bangun lebih pagi, maka Anda akan memiliki banyak waktu untuk bersiap-siap dan tidak terburu-buru. Selain itu, dengan bangun lebih pagi Anda juga akan mendapatkan udara segar dan sinar matahari yang hangat untuk menyegarkan pikiran dan bersiap dengan kehadiran ide-ide kreatif baru.
  2. Mereka yang meraih kesuksesan di usia muda pasti memiliki kebiasaan untuk tidak pernah berhenti belajar hal baru dan tidak pernah merasa cukup dengan ilmu yang mereka miliki. Semakin banyak ilmu yang Anda miliki, maka akan semakin banyak juga bekal Anda untuk berinovasi dalam berbisnis.
  3. Selain inovasi, hal lain yang dapat membuat Anda sukses dalam berbisnis adalah jaringan atau networking yang luas untuk memasarkan bisnis Anda. Oleh karena itu, para pengusaha kreatif muda yang sukses dalam berbisnis pasti memiliki kebiasaan untuk membangun pertemanan yang seluas-luasnya.
  4. Anda tidak perlu meningkatkan tingkat gaya hidup Anda ketika income dari bisnis Anda meningkat. Dengan begitu, Anda akan bisa banyak berinvestasi ketimbang harus menghabiskan uang untuk hal-hal yang bersifat tersier.
  5. Selain gaya hidup yang sederhana, para pengusaha kreatif muda yang sukses dalam berbisnis juga mempunyai kebiasaan untuk mempertahankan gaya hidup sehat dengan olahraga dan makan sehat. Karena dengan tubuh yang bugar, Anda akan mempunyai lebih banyak energi untuk didedikasikan pada bisnis Anda agar segera mencapai kesuksesan.

Macam-Macam Ide Bisnis Usaha Kreatif

Ada berbagai macam ide usaha kreatif yang bisa Anda coba. Beberapa di antaranya memang membutuhkan modal besar, namun beberapa lainnya tidak. Ada beberapa ide usaha kreatif yang dapat dikerjakan sendiri. 

Sebelum memilih untuk terjun dalam usaha kreatif, maka sebaiknya Anda mempertimbangkan terlebih dahulu sumber daya dan kapasitas diri sendiri. Jangan sampai bisnis yang Anda mulai dengan susah payah, harus hancur karena salah perkiraan.
  1. Menjadi seorang dropshipper. Cara menjadi seorang dropshipper cukup mudah karena saat ini sudah banyak situs e-commerce yang memungkinkan Anda menjadi dropshipper.
  2. Jasa pembuatan konten. Saat ini sudah ada banyak brand atau merk yang memilih untuk mengiklankan produknya melalui konten. Baik itu berupa tulisan atau video.
  3. Jika Anda memiliki ketertarikan dalam dunia desain, maka Anda bisa mendalami profesi sebagai desainer grafis. Anda bisa menjadi desainer grafis secara freelance.
  4. Menjadi admin sosial media. Saat ini sudah ada banyak orang yang menjalankan bisnisnya melalui internet, salah satunya adalah di media sosial. Namun karena satu dan lain hal, banyak dari pemilik akun sosial media yang tidak bisa mengelola akunnya. Oleh karena itu, tidak sedikit dari mereka yang mulai menggunakan jasa admin sosial media untuk mengelola akunnya dengan baik.
  5. Menjadi seorang animator. Selain freelance desain grafis, menjadi seorang animator juga cukup menjanjikan. Terlebih lagi dengan pesatnya perkembangan dunia digital advertising saat ini.
Itulah bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk menjadi pelaku usaha kreatif yang sukses di usia muda. Tanpa kreativitas dan inovasi yang baik, maka bisnis Anda mungkin tidak akan bisa berjalan seperti seharusnya.
Sekian deh artikel seputar bisnis yang membahas tentang strategi dan tips yang ampuh untuk menjadi pebisnis muda yang kreatif dan sukses.  Semoga bisa memberikan inspirasi dan wawasan bisnis buat Anda yang membutuhkan tips mantap bagi pebisnis muda ini. 

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.

Selamat Membaca Sobat...