Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. I am SEO Specialist and Digital Marketing Manager. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Ketahui Dasar-Dasar Search Engine Marketing Masa Kini

dasar-dasar search engine marketing masa kini

Ketahui secara mendalam terkait dasar-dasar search engine marketing masa kini. Search engine marketing (SEM) adalah bentuk pemasaran di internet untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencarian melalui kegiatan promosi website. Atau dengan kata lain “membeli” traffic dengan membayar mesin pencarian seperti Google. Mesin pencarian banyak diakses oleh khalayak untuk mencari berbagai informasi di internet. 

Termasuk untuk mencari informasi produk atau jasa beserta ulasannya. Dengan menggunakan strategi SEM, pemasar dapat meningkatkan kemungkinan calon konsumen mengunjungi website bisnis ketika mereka mencari informasi.

Ada beberapa format dalam search engine marketing, yakni text dan PLAs (Product Listing Ads/Shopping ads) berbentuk produk, harga, review, dan rating yang bersifat visual. Dalam sistem search engine marketing Anda dapat melakukan request terhadap keyword atau kata kunci yang akan disematkan pada format SEM yang digunakan. 



Harapannya adalah setiap orang yang melakukan pencarian dengan keyword tersebut, akan memilih website Anda untuk dikunjungi. Nah mari kita pelajari lebih dalam terkait dasar-dasar search engine marketing masa kini.

 

Apa Pentingnya Menggunakan SEM ?


SEM menjadi media promosi yang efektif dan menjadi cara tercepat untuk mengarahkan calon konsumen ke website Anda. Mengapa? Karena SEM yang efektif dapat menempatkan website Anda di halaman pertama dalam mesin pencarian. 

Di mana pengguna mesin pencarian umumnya hanya mengakses situs-situs pada halaman pertama di mesin pencarian ketika mereka mencari informasi. Dengan begitu, SEM yang efektif akan meningkatkan kemungkinan website Anda dipilih oleh calon konsumen yang membutuhkan informasi.

Calon konsumen yang melakukan pencarian akan informasi secara sadar mengunjungi website Anda karena dilakukan atas kemauannya sendiri. Sehingga mereka dalam keadaan yang sangat baik untuk menerima informasi pemasaran dan produk. Berbeda dengan iklan di televisi, radio atau media sosial lainnya yang muncul dengan menginterupsi kegiatan konsumen. 

Search Engine Marketing menjangkau konsumen pada waktu yang tepat, yakni ketika mereka terbuka untuk informasi baru.

SEM memiliki jenis yang berbeda-beda dan masing-masingnya memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah pay per click. Keuntungan dari jenis SEM ini dapat menghemat biaya pemasaran Anda, karena pemasar hanya membayar iklan bila pengguna internet mengunjungi website saja.

 

Perbedaan dengan SEO


Pada dasarnya search engine optimization atau SEO merupakan salah satu jenis dari search engine marketing. SEO mengoptimalkan hasil pencarian organik dengan membuat website Anda berada di poisi tertinggi pada halaman hasil pencarian search engine. 

Sementara SEM melakukan pemasaran dengan meningkatkan visibilitas website lewat hasil pencarian organik dan juga lewat iklan. Jadi SEM mencakup berbagai kegiatan, yakni SEO serta strategi pemasaran di mesin pencarian lainnya seperti pay per click (PPC) dan bahkan social media marketing (SMM).

 

Sistem Kerja Search Engine Marketing (SEM)


Search engine masa kini menggunakan algoritma rumit untuk memastikan hasil yang paling relevan untuk setiap pencarian. Namun dengan SEM iklan Anda akan muncul di bagian atas dan di samping halaman hasil mesin telusur untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas dibandingkan dengan pencarian organik. Untuk mencapai hasil tersebut, cara ini bisa Anda lakukan ketika ingin mengadopsi layanan search engine marketing:
  •     Lakukan registrasi pada penyedia layanan search engine marketing.
  •     Tentukan detail iklan yang diinginkan seperti kata kunci, lokasi dan lain sebagainya.
  •     Search engine akan melakukan pelelangan antara para pengiklan dengan keyword yang sama.
  •     Search engine akan menampilkan pemenang lelang pada halaman hasil mesin telusur.
  •     Anda mendapat laporan kinerja iklan dan selanjutnya membayar sejumlah klik yang didapatkan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya SEM diwujudkan dengan menyematkan keyword pada format yang digunakan. Sebelum menentukan keyword yang akan disematkan seperti pada poin kedua, biasanya dilakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui tren apa yang paling banyak dicari saat itu. Lalu dari tren tersebut, tentukan mana yang relevan dan yang memungkinkan dipakai ketika mencari produk atau jasa yang Anda sediakan.

Ketika melakukan riset, Anda juga bisa menambahkan keyword yang berhubungan dengan kegiatan pembelian seperti beli, diskon, kupon, promo, dan kata kunci lain yang memiliki intensi pembelian. Ada banyak webiste yang memberi layanan riset ini seperti Ahrefs, Google Trends, hingga Ubersuggest. 



Sebagai contoh Google Trends yang memberikan saran keyword yang sedang tren secara real time. Selain itu Google Trends juga dapat menunjukkan informasi di wilayah mana yang volume pencariannya tinggi.

Itulah tadi beberapa dasar dari search engine marketing yang diharapkan semakin meningkatkan pemasaran Anda. Untuk melakukan kegiatan pemasaran yang efisien, sebaiknya diimbangi dengan pengelolaan keuangan yang baik.

Sekian dulu deh artikel terkait SEO dengan judul dasar-dasar search engine marketing masa kini. Semoga bisa memberikan wawasan dan informasi seputar search engine masa kini. Optimalkan search engine sebagai media yang dipergunakan untuk memberikan traffic yang bagus untuk website bisnis Anda.

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. I am SEO Specialist and Digital Marketing Manager. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.