Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. I am SEO Specialist and Digital Marketing Manager. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Cara Ampuh Meningkatkan Omzet Penjualan Produk

ketahui bagaimana cara ampuh untuk meningkatkan omzet penjualan produk bisnis

Mari kita ketahui bagaimana cara ampuh untuk meningkatkan omzet penjualan produk bisnis. Salah satu parameter penting dalam bisnis adalah seberapa besar omzet penjualan yang diperoleh. Bagi para pelaku bisnis harus mengetahui secara akurat berapa besar omzet yang didapatkan secara berkala. Selanjutnya, para pelaku bisnis juga harus memahami tentang bagaimana cara menaikkan atau meningkatkan omzet penjualan. 

Dengan meningkatnya omzen penjualan bisnis produk tentunya hal ini sangat penting. Sebab dengan omzet bisnis yang meningkat akan memberikan keuntungan yang baik untuk bisnis itu sendiri kedepannya. Maka dari itu kita perlu memperhatikan hal apa saja yang bisa memberikan meningkatnya omzet penjualan produk bisnis kita.


Karena tingkat keberhasilan sebuah bisnis dapat dilihat berdasarkan tingginya penjualan. Semakin tinggi penjualan, maka akan semakin banyak keuntungan yang akan didapatkan. Itulah mengapa, bagi para pelaku bisnis harus mengoptimalkan potensi aset yang dimiliki, agar bisnis yang dijalankannya memperoleh hasil yang maksimal.

Cara Menghitung Penjualan


Omzet merupakan suatu total pendapatan yang dihasilkan dari seluruh penjualan produk atau jasa dalam kurun waktu tertentu. Total pendapatan tersebut belum dikurangi dengan HPP (Harga Pokok Penjualan) dan biaya-biaya lainnya (listrik, air, gaji, perlengkapan, dan lain sebagainya). Jadi dapat dikatakan bahwa omzet adalah laba kotor yang dihasilkan oleh bisnis Anda.

Untuk menghitung omzet penjualan, maka Anda harus mengetahui berapa total penjualan bisnis Anda. Cara sederhana menghitungnya adalah seperti di bawah ini:

Omzet penjualan = jumlah produk terjual x harga produk

Terlihat sederhana bukan? Namun untuk bisnis yang menjual lebih dari satu jenis produk atau dengan variasi harga yang berbeda, maka perhitungan omzet penjualan harus disesuaikan.

Penyebab Penjualan Menurun


Jangan sampai Anda sebagai pelaku bisnis tidak peka terhadap penyebab adanya penurunan omzet penjualan. Jika Anda tidak ingin mengalami kerugian besar, simak 7 penyebab omzet penjualan menurun berikut ini:
  1.     Menurunnya kualitas suatu produk. Bisa saja pebisnis menggunakan bahan atau menjalankan proses produksi yang tidak konsisten. Padahal, kedua hal tersebut memiliki pengaruh yang sangat penting terhadap kualitas suatu produk.
  2.     Harga jual suatu produk yang terlalu tinggi. Biasanya ada saja pebisnis yang mematok harga terlalu tinggi tanpa melihat harga pasaran suatu produk. Hal tersebut tentu saja akan membuat calon pembeli pindah ke tempat lain yang menawarkan harga lebih murah atau sesuai dengan harga pasaran.
  3.     Kurang kreatif dalam menciptakan suatu produk. Terbatasnya kreativitas dalam menciptakan suatu produk yang akan dijual tentu saja akan menjadi hambatan terbesar datangnya peluang laris manis di pasaran. Misalnya, dari awal berbisnis hanya menjual produk yang itu-itu saja, maka hal tersebut akan membuat konsumen merasa bosan dan akhirnya tidak ingin membelinya lagi.
  4.     Pelayanan yang kurang memuaskan. Meskipun terlihat sepele, namun pelayanan memang menjadi kunci utama yang perlu diperhatikan. Ketika pelayanan yang diberikan buruk, maka konsumen tidak akan kembali berbelanja.

Cara Meningkatkan Penjualan


Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan omzet bisnis Anda:
  1.     Memperkuat brand. Karena tanpa brand yang kuat, maka pada umumnya persaingan akan langsung mengarah ke satu titik, yaitu persaingan harga. Jika sudah terjadi seperti itu, Anda tidak dapat berharap banyak untuk peningkatan omzet. Tapi jika Anda sudah membangun brand dengan baik, maka dengan mudah dapat keluar dari persaingan harga tersebut.
  2.     Meningkatkan traffic website. Traffic merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk kunjungan website. Bila traffic website Anda tinggi itu berarti banyak calon pelanggan yang mendapatkan informasi mengenai produk Anda, yang berujung pada kemungkinan pembelian. Salah satu cara meningkatkan traffic adalah dengan menerapkan SEO (Search Engine Optimization).
  3.     Menerapkan SMM (Social Media Marketing). Di era digital ini, media sosial sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, media sosial menjadi sarana yang tepat untuk melakukan pemasaran dan meningkatkan penjualan.

Itulah beberapa informasi tentang penyebab penjualan menurun dan bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan omzet penjualan. Untuk mendapatkan perhitungan yang pasti dari sebuah omzet penjualan, Anda dapat melihatnya melalui laporan keuangan. 

Sekian deh artikel seputar bisnis dengan judul ketahui bagaimana cara ampuh untuk meningkatkan omzet penjualan produk bisnis. Semoga bisa memberikan wawasan dan informasi yang bermanfaat bagi temen temen yang ingin mengetahui lebih dalam bagaimana cara untuk terus meningkatkan omzet penjualan produk bisnisnya.

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. I am SEO Specialist and Digital Marketing Manager. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.