Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Keunggulan Bahasa Pemrograman Bosque Buatan Microsoft

Daftar Isi [Tampil]
ketahui dan pelajari keunggulan bahasa pemprograman bosque

Yuk ketahui dan pelajari keunggulan bahasa pemrograman bosque yang telah diciptakan oleh perusahaan besar yaitu Microsoft. Perlu diketahui bahwa bahasa pemprograman bosque adalah sebuah bahasa koding yang masih dalam tahap pengembangkan oleh team Microsoft.  

Microsoft meluncurkan bahasa pemrograman open-source terbaru, Bosque. Kebetulan namanya sama dengan istilah kekininan yang sering diucapkan anak muda zaman now, " bosque" dari kata "bosku", sejenis dengan "panutanque" dari "panutanku" dan lain-lain. Bahasa pemrograman ini diluncurkan Microsoft sebagai upaya untuk membuat bahasa pemrograman yang lebih sederhana, jelas, dan mudah dimengerti, baik untuk programmer maupun untuk mesin (komputer).



"Bahasa pemrograman Bosque dirancang untuk membuat kode sederhana dan mudah dicerna manusia dan mesin," ujar pihak Microsoft di dalam blog resminya. Tidak dijelaskan secara detail sesederhana apa Bosque dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain seperti Java atu C++.



Kata 'Bosque' ini adalah sebuah bahasa pemrograman baru yang dirilis oleh Microsoft pada tanggal 15 April 2019 lalu. Tujuan dibuatnya Bosque sendiri, menurut Microsoft, adalah untuk meningkatkan produktifitas programmer, meningkatkan kualitas software, serta memberikan tool dan pengalaman baru bagi para programmer.
Meski begitu, untuk saat ini, pihak Microsoft menyarankan para pengembang agar tidak menggunakan Bosqueyang akan diwujudkan menjadi sebuah produk. Sebab, Bosque sendiri masih berada dalam tahap pengembangan awal.

Dengan kata lain, di dalam Bosque, masih akan ditemui beberapa "bug" lantaran beberapa tool fungsional masih belum stabil, sebagaimana dihimpun halaman resmi bahasa pemrograman Bosque di Github.

 

Bahasa Pemprograman Bosque Merupakan Open Source

 

Ketahui Bahasa Pemprograman Bosque By Microsoft


Karena Bosque merupakan open-source, maka bahasa pemrograman ini terbuka untuk para programmer lain di luar kalangan internal Microsoft. Oleh karena itu, pihak Microsoft pun mengajak sejumlah pihak yang berkecimpung di dunia bahasa pemrograman untuk ikut mengembangkan bahasa pemrograman Bosque. Nah keunggulan bahasa pemprograman bosque merupakan bahasa yang open source buatan Micrsoft.

Bahasa pemrograman ini bersifat open source yang terinspirasi dari sintaks TypeScript, simatik Machine Learning dan Node.js. Menurut pendirinya yaitu Mark Marron (computer scientist) Microsoft, Bosque merupakan bahasa pemrograman sederhana yang mudah dipahami oleh manusia dan mesin, sehingga dapat meningkatkan produktivitas pengembang dan kualitas perangkat lunak.
Memperkenalkan Bosque, Mark Marron mengatakan:
"Bahasa pemrograman Bosque dirancang untuk menulis kode yang sederhana, jelas, dan mudah digunakan untuk manusia dan mesin. Fitur desain utama dari Bosque menyediakan cara untuk menghindari kompleksitas yang tidak disengaja dalam proses pengembangan dan pengkodean. Sasarannya adalah meningkatkan produktivitas pengembang, meningkatkan kualitas perangkat lunak, dan memungkinkan berbagai kompiler baru dan pengalaman pengembang perangkat"

Bosque membahas lima sumber utama kompleksitas tidak disengaja, yaitu 'Status dan Frame Yang Dapat Diubah', 'Loop, Rekursi, dan Invarian', 'Perilaku tak tentu', 'Pelanggaran Invarian Data', dan 'Kesetaraan dan Pengasingan'. 

Bosque tidak memerlukan for, while dan do while ia mendekati kondisional dengan cara yang berbeda. Microsoft memeperkenalkan Functors yang melayani tujuan Loop dan dapat meningkatkan kualitas dari perangkat lunak.

 

Berikut perbedaan fungsi dari Loop dan Functor:


Gb. 1.1 Loop (Javascript)
Gb. 1.1 Loop (Javascript)
 
Gb. 1.2 Functor (Bosque)
Gb. 1.2 Functor (Bosque)
Untuk menyederhanakan kolaborasi dengan peneliti lain dan komunitas pengembang yang lebih luas, proyek ini dikembangkan di repository GitHub berlisensi Open Source (MIT). Bosque sedang dalam tahap pengembangan dan para ahli tidak merekomendasikan untuk digunakan dalam segala jenis pekerjaan produksi. Namun, dapat digunakan sebagai edukasi atau pembelajaran.


Baca Juga Trend Strategi Content Marketing Masa Kini


Alasan mengapa pengembang Bosque belum menyarankan penggunaannya, karena masih terdapat bug dan ada beberapa fungsi yang belum lengkap dalam bahasa pemrograman ini, selain itu juga Bosque ini dalam segi kinerja masih terbatas.

 

Mengapa Bosque lebih sederhana dari bahasa pemrograman yang lain ?


Bosque dikatakan lebih sederhana karena terdapat fitur untuk menyederhanakan blok perulangan. Sebagai contoh, jika dalam bahasa C memiliki perulangan seperti:

int a[3] = {1,2,3};
int b[3];
for(int i=0; 1<3 a="" b="" code="" i="">
 
Maka dalam bahasa Bosque hanya perlu menulis:

var a = List[Int]@{1,2,3};

var b = a.map[Int](fn(x) => x*2); 
 
 

Hal yang Perlu Teman-Teman Ketahui Mengenai Bosque


Selain 2 hal yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa hal yang perlu teman-teman ketahui yaitu sebagai berikut:
  • Fungsi input/output belum dimiliki oleh Bosque
  • Bosque baru saja lahir alias masih bayi
  • Dokumentasi Bosque belum sempurna/lengkap
Berikut contoh source code untuk menampilkan tulisan hello word dengan menggunakan bahasa pemrograman ini:

namespace NSMain;

entrypoint function main(): Int {
    var _ = "Hello, world!"->display();
    return 0;
}
Contoh cara menghilangkan pengembalian nilai dengan bahasa pemrograman ini:



function internString(ref env: Map, str: String): Int {
    if(env.has(str)) {              //use the ref parameter
        return env.get(str);
    }
    env = env.add(str, env.size()); //update the ref parameter
    return env.size();
}
Contoh operasi aljabar pada bahasa pemrograman ini:
var x = @{f=1, g=2, h=3};
x<~(f=-1, g=-2); //@{f=-1, @g=-2, h=3}
Tipe string dalam bahasa pemrograman ini:
function foo(zip: String[Zipcode], name: String) {...}

var zc: String[Zipcode] = ...;
var user: String = ...;

foo(user, zc) //Type error String not convertible to String[Zipcode]
foo(zc, user) //ok
 

Sekian dulu deh yah terkait artikel teknologi tentang pengetahuan didalam mempelajari keunggulan bahasa pemrograman bosque yang telah diciptakan oleh perusahaan besar yaitu Microsoft. Silahkan teman teman bisa mencoba bahasa pemprograman bosque ini buat latihan dan uji coba.
Referensi:

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
Note: Only a member of this blog may post a comment.
Artikel Unggulan
Artikel Pilihan Pengunjung
Artikel Tentang Kesehatan

Hai

Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

Pemilik Kang Yusuf
+6282377754543
Call us to +6282377754543 from 0:00hs a 24:00hs
Hai, ada yang bisa saya bantu?
×
Tanya Kami