√ Tips Membangun Strategi Link Building Untuk Backlink Berkualitas - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Tips Membangun Strategi Link Building Untuk Backlink Berkualitas

Daftar Isi [Tampil]
    tips membangung strategi link building untuk backlink yang berkualitas pada website

    Pelajari bagaimana tips membangung strategi link building untuk backlink yang berkualitas pada website. Sehingga website bisa terus berkembang, mendapatkan traffic yang banyak serta akan memberikan dampak yang baik bagi pada pelaku blogger untuk mendapatkan uang dari layanan google adsense. Nah terus belajar berbagai cara, dan pada artikel ini akan dikupas terkait hal tersebut.

    Sebuah backlink berkualitas akan membuat blog anda semakin kuat karena berfungsi sebagai vote / nilai tambah / referensi dari web yang bagus yang menyatakan secara tidak langsung bahwa blog yang anda kelola itu baik . Sementara backlink dari situs kualitas rendah hanya akan membuat tautan buruk menuju blog utama yang berpotensi menurunkan ranking di mesin pencari.

     

    Definisi Backlink Adalah


    Pranala balik, juga dikenal sebagai Link Masuk, inbound link, inlink, dan backlink, adalah link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web. Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain. sumber wikipedia

     

    Apa Itu Backlink dan Fungsinya Untuk Website ?


    Apa Itu Backlink, Pengertian dan Fungsinya. ... Backlink adalah “Back” dan “Link“, yaitu Link Masuk, atau inbound link. Yang mana pengertiannya adalah link yang masuk ke sebuah post, halaman, atau website. Dulu sebelum adanya search engine, BackLink sangat penting untuk navigasi sebuah website. 

     

    Apa Itu Backlink Berkualitas ?


    Backlink berkualitas yaitu sebuah link building dengan suatu cara untuk mendapatkan backlink dari website lain menuju website anda. Kalau anda ingin mendapatkan banyak pengunjung, maka anda harus menempati posisi teratas di hasil pencarian.


    Sering saya tekankan carilah backlink yang berkualitas jangan mencari atau membeli backlink kualitas menengah kebawah karena backlink jenis ini hanya akan menghambat posisi blog anda di mesin pencarian sehingga sangat sulit untuk blog naik peringkat bahkan untuk berbulan-bulan kedepanya. Berikut kriteria sebuah situs yang dianggap berkualitas :
    • Backlink dari situs yang memiliki reputasi tinggi.
    • Backlink dari situs yang relevan dengan isi/tema blog Anda.
    • Backlink dari situs yang memiliki pagerank tinggi.
    • Backlink dari situs yang menggunakan attribute dofollow.
    • Backlink dari situs yang tidak menerapkan teknik optimasi blackhat.
    • Backlink dari situs yang tidak sedang masuk sandbox/penalty search engine.
    • Backlink dari situs social media bereputasi
    • Backlink dari situs social networking (Facebook, Twitter, Google+, Linkedin, dsb).
    Memang kebanyakan situs yang memiliki reputasi baik itu menerapkan rel nofollow baik kedalam link blog maupun pada komentar blog mereka , tentu saja hal ini dikarenakan pemilik situs tidak mau jika situs yang dikelolanya terlalu banyak mengalirkan link keluar karena hal ini akan menghabiskan kuota index untuk merayapi setiap link aktif yang bersifat dofollow.




    Namun backlink nofollow masih dianggap sebagai jenis backlink yang baik dan natural karena link ini nantinya akan dirayapi oleh visitor real human yang tertarik untuk mengikuti link jenis nofollow . Nah berikut strategi bagaimana cara membangun sebuah link atau link building yang baik dan aman dari sistem google ?

     

    Tips Membangun Strategi Link Building Untuk Backlink Berkualitas

     

    1. Strategi Link Building menggunakan Facebook

    Buatlah akun di Facebook, kemudian buat juga fans page. Hubungkan blog Anda dengan akun Facebook dan fans page. Sosialisasikan secara rutin fans page tersebut ke teman-teman Anda untuk mendapatkan Like mereka. Ketika Anda memposting artikel mereka akan mendapatkan notifikasi, dan jika artikel  dianggap menarik tentunya mereka akan mengunjungi blog Anda.

     

    2. Strategi Link Building menggunakan Google+

    Buatlah akun Google+ dan integrasikan dengan blog utama. Aktifkan Google+ Author di blog Anda lalu hubungkan blog dengan akun Google+ . Artikel yang Anda share di Google+ akan terbaca oleh search engine. Selain mendapatkan backlink yang berpotensi untuk meningkatkan trafik blog juga share postingan di group - group google + lebih aman karena tidak banyak spam seperti di sosial media lainya.

     

    3. Strategi Link Building menggunakan situs social bookmark


    Buatlah akun di situs-situs social bookmark. Submit artikel  blog Anda ke situs-situs social bookmark tersebut untuk mendapatkan backlink dan visitor baru. Pilihlah situs sosial bookmark yang memang ramai lalu lintas pembaca bukan situs sosial bookmark yang dijadikan sebagai ajang tempat spam oleh beberapa sales penjual obat kuat.

     

    4. Strategi Link Building memanfaatkan forum 

    Terdapat sekian banyak forum online yang bisa Anda jadikan media untuk membangun backlink. Buatlah akun di forum-forum populer kemudian masuk ke ruang/room yang bahasannya sesuai dengan niche blog Anda. Beberapa forum online terpopuler lokal diantaranya Detik, Viva, dan KasKus.

    Jangan sungkan untuk mempromosikan blog milik anda atau malah membantu menjawab beberapa pertanyaan sambil memberikan tautan link pada salah satu artikel blog yang dianggap paling relevan. Ini termasuk tips membangung strategi link building untuk backlink yang berkualitas pada website.

     

    5. Strategi Link Building dengan cara pinging blog/artikel

    Teknik ini sebenarnya tidak perlu dilakukan jika blog Anda sudah eksis cukup lama. Namun, bagi blog yang masih relatif baru yang tentunya masih minim backlink cara ini bisa Anda lakukan untuk membantu proses index artikel berjalan lebih cepat.


    Anda dapat menggunakan blog pinger tool pilihan untuk pinging blog Anda. Beberapa blog pinger yang banyak digunakan oleh blogger, diantaranya totalping, feedshark, brainbliss.com, blogpingtool. com, pingates.com, dan pingler.com. Kualitas backlink dengan cara pinging memang tidak terlalu bagus, namun ini bisa menjadi alternatif bagi blog-blog yang masih baru untuk menampakkan eksistensinya di mesin pencari.

     

    6. Membangun backlink dengan modal artikel berkualitas

    Menulis artikel berkualitas selalu menjadi prioritas utama berkaitan dengan teknik optimasi blog. Keuntungan lainnya yang bisa didapat dengan menulis artikel berkualitas adalah memungkinkan blogger lain untuk link back/memberikan referensi dari sumber artikel yang ditulis ulang. Hal tersebut tips membangung strategi link building untuk backlink yang berkualitas pada website.

     

    7. Menanam backlink dengan memanfaatkan RSS feed submission

    Submit feed blog Anda ke sejumlah situs penampung feed untuk mendapatkan backlink dari situs-situs tersebut. Metode link building dengan cara yang satu ini terbukti cukup efektif untuk meningkatkan posisi artikel di SERP. Ada banyak sekali situs feed submission, dan cukup gunakan yang gratisan jika Anda tidak menginginkan yang berbayar.

     

    8. Strategi Link Building dengan mencari blog yang relevan dengan tema blog Anda

    Carilah informasi melalui Google Search untuk menemukan blog-blog yang memiliki persamaan niche dengan blog Anda. Untuk melakukannya gunakan query pencarian “intitle:judul/temabloganda”. Tinggalkan komentar yang relevan pada masing-masing blog yang di kunjungi agar komentar Anda disetujui oleh pemilik blog.


    Janganlah melakukan tindakan spamming  , jumlah backlink yang sangat banyak dari situs kualitas rendah tidak akan membuat blog mu diakui oleh google malahan dalam beberapa kasus menyebabkan beberapa artikel blog menjadi deindex dampak lebih buruknya adalah menyebabkan blog anda susah sekali muncul di google akibat kebanyakan backlink kualitas sampah yang anda build dengan software maupun membeli di fiverr maupun seoestore.


    Sekian dulu ya artikel mengenai cara membangung strategi link building untuk mendapatkan backlink yang berkualitas optimal pada website.Semoga berguna dan bermanfaat bagi kawan kawan. Silahkan di praktikan dengan tekun serta konsisten yaaa.

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.
    Baca Juga