Manfaat Daun Kelor Buat Kesehatan Tubuh Yang Bermanfaat


beberapa manfaat daun kelor buat kesehatan tubuh yang sangat bermanfaat
beberapa manfaat daun kelor buat kesehatan tubuh yang sangat bermanfaat




Berikut beberapa manfaat daun kelor buat kesehatan tubuh yang sangat bermanfaat. Bermodalkan berbagai nutrisi penting, membuat daun kelor menawarkan sejuta manfaat. Diantaranya mampu diandalkan dalam menjaga sistem imun tubuh, obat stres, mampu menjaga kesehatan mata juga tulang hingga dapat mencegah kanker.


Tanaman ini bisa hidup didaerah tropis serta daerah yang tidak begitu panas. Sangatlah banyak manfaat yang bisa kita ambil dari mengkonsumsi daun kelor ini. Selain banyak khasiat dan manfaat, tanaman ini bisa dikonsumsi sebagai bahan olahan buat sayur sayuran loh ya. 

Simaklah beberapa manfaat daun kelor buat kesehatan tubuh yang sangat bermanfaat:

1. Penambah Tenaga

Daun kelor dibekali dengan kandungan zat besi juga kalsium yang begitu tinggi. Keduanya berperan penting dalam proses pembentukan energi di dalam sel, sehingga sangat tepat dijadikan sebagai energy booster ketika tubuh sedang mengalami kelelahan karena sakit atau berbagai alasan lainnya.

2. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh memegang peranan teramat penting, guna mencegah kedatangan berbagai infeksi virus maupun bakteri pembawa penyakit. Agar sistem kekebalan tubuh selalu berada dalam kondisi yang optimal, dibutuhkan asupan nutrisi yang baik. Salah satunya dengan mengonsumsi daun kelor.

Manfaat daun kelor ini hadir berkat kandungan vitamin A, vitamin C dan zat besi didalamnya yang mampu meningkatkan produksi sel darah putih dan sel darah merah, sehingga secara langsung dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

3. Mempertahankan Massa Otot

Protein dan berbagai jenis asam amino essensial di dalam daun kelor berkombinasi dalam mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan massa otot. Bagi seorang vegetarian, tentunya manfaat daun kelor ini menjadi salah satu pilihan tepat dalam memenuhi pasokan protein harian meski tanpa konsumsi daging.

4. Anti-Stres

Berdasarkan hasil dari sebuah penelitian dalam Research Journal of Pharmacology and Pharmacodynamics, dikatakan bahwa, daun kelor merupakan salah satu adaptogen alami. Artinya, tanaman ini memiliki kemampuan dalam melindungi tubuh dari efek toksik yang dipicu oleh stres.

Dalam pengobatan Ayurveda dan pengobatan tradisional Tiongkok, manfaat daun kelor ini ternyata sudah digunakan berabad-abad yang lalu guna mengurangi stres sekaligus meningkatkan daya tahan serta kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ingin terbebas dari stres? Cobalah konsumsi daun kelor setiap harinya.

5. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan 

konsumsi daun kelor untuk kesehatan
konsumsi daun kelor untuk kesehatan

Daun kelor merupakan sumber kalsium dan serat yang berkontribusi besar terhadap kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh. Selain itu, kandungan serat tinggi di dalam daun kelor juga mampu membantu mengontrol berat badan dengan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan mendukung proses metabolisme tubuh yang optimal.

6. Manfaat Daun Kelor Untuk Menyehatkan Mata

Seperti yang dikatakan sebelumnya, daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang begitu tinggi, bahkan 4 kali lebih tinggi dibandingkan wortel yang selama ini digadang-gadang sebagai sumber vitamin A. Karena itu, tak heran apabila konsumsi daun kelor setiap hari mampu memberikan efek besar terhadap kesehatan mata. Serbuk daun kelur yang kaya manfaat.

7. Manfaat Daun Kelor Untuk Diabetes

Menurut satu studi ilmiah yang baru-baru ini dilakukan, daun kelor terbukti dapat dijadikan sebagai obat herbal diabetes karena mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

Penelitian lebih lanjut juga telah mengonfirmasi, bahwa konsumsi makanan kaya protein nabati dapat mengurangi risiko terjadinya diabetes tipe 2. Para ahli mengatakan, hanya dengan mengganti 5 gram konsumsi protein dari daging dengan protein nabati, sudah mampu mengurangi risiko onset diabetes tipe 2 sebesar 18%.

Untuk diketahui, dalam satu cangkir sari daun kelor terkandung protein yang sama besarnya dengan jumlah protein di dalam 100 gram daging.

8. Mempertahankan Kesehatan Tulang

Kadar kalsium yang 4 kali lebih besar dari susu, di tambah dengan vitamin K dan protein yang begitu besar, membuat manfaat daun kelor semakin mengagumkan. Kalsium, vitamin K dan protein sendiri merupakan komponen penting dalam menjaga kesehatan tulang. Memastikan pertumbuhan tulang tetap sehat sekaligus mencegah dari berbagai jenis gangguan fungsi tulang, seperti osteoporois.

9. Manfaat Daun Kelor Untuk Membantu Mencegah Kanker

Seiring bertambahnya usia, diperparah lagi dengan polusi udara yang semakin tak wajar, membuat tubuh semakin terbebani dalam mengatasi radikal bebas yang masuk dan merusak sel di dalam tubuh. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker.


Baca Juga Artikel : Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Rahim

Oleh karena itu, tubuh membutuhkan asupan senyawa antioksidan tambahan agar sistem kekebalan tubuh beserta organ-organ di dalamnya tetap terlindungi. Untungnya, di dalam daun kelor terkandung berbagai senyawa antioksidan yang begitu tinggi. Bahkan, melebihi anggur merah, bawang putih hingga teh hijau yang begitu populer akan kandungan antioksidannya.

Berbagai senyawa antioksidan dalam daun kelor dapat membantu mempercepat regenerasi sel dan mencegah kerusakan berbagai sel tubuh, sehingga mampu menghambat proliferasi sel kanker.

10. Memperlambat Efek Penuaan Dini 

manfaat daun kelor untuk kesehatan
manfaat daun kelor untuk kesehatan
 
Senyawa zeatin yang terkandung dalam daun kelor terbukti mampu memperlambat efek penuaan dini. Selain itu, berbagai kandungan mineral dan asam amino pada daun kelor juga dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan keratin, yang berperan penting bagi kesehatan seluruh jaringan kulit.

11. Mengobati rematik

Daun kelor bermanfaat mengurangi rasa sakit pada sendi dan mengurangi penumpukan asam urat di sendi. Selain itu, daun kelor juga bermanfaat untuk mengatasi pegal linu, nyeri, dan sebagainya.

12. Mengatasi alergi
 
Ternyata manfaat daun kelor juga mampu mengatasi alergi. Caranya dengan merebus tiga gagang daun kelor, kemudian ditambahkan pulasari secukupnya, satu siung bawah, dan 3 gelas air, lalu rebus sampai mendidih dan tersisa dua gelas, saring dan minum setiap hari dengan rutin.

13. Mengobati cacingan

Tidak perlu khawatir ketika anak anda mengalami cacingan, karena anda bisa memanfaatkan daun kelor untuk menyembuhkannya. Caranya dengan siapkan 3 gagang daun kelor, 1-2 batang mineran, 1 gagang daun cabai, dan rebus dengan 2 gelas air mendidih hingga tersisa 1 gelas. Kemudian disaring dan diminum.

14. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Tati Winarto (seorang pakar herbal) mengemukakan bahwa salah satu manfaat daun kelor yaitu mencegah kolesterol tinggi dan menjaga kadar darah. Karena daun kelor mengandung zat hiocarbamate glikosida, nitrile, serta glikosida minyak mustard yang bermanfaat menurunkan tekanan darah.

15. Penyakit Jantung

Sebuah studi pada hewan laboratorium yang diterbitkan dalam edisi Februari 2009 dari “Journal of Medicinal Food” menemukan bahwa daun kelor mencegah kerusakan jantung dan memberikan manfaat antioksidan. Dalam studi tersebut, pemberian dosis 200 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama 30 hari, menghasilkan tingkat lebih rendah dari lipid teroksidasi dan jaringan jantung dilindungi dari kerusakan struktural. Para peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor dapat menawarkan manfaat yang signifikan untuk kesehatan jantung. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah bermanfaat mencakup manusia.

16. Bantuan Arthritis


Daun kelor dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit beberapa bentuk arthritis, menurut sebuah studi yang muncul di edisi Februari 2011 dari “Journal of Chinese Integrative Medicine.” Dalam studi hewan laboratorium, ekstrak daun dan akan kelor mengurangi kepekaan terhadap rangsangan yang menyakitkan pada sendi rematik. Para peneliti juga mencatat bahwa kombinasi akar dan ekstrak daun memiliki “efek sinergis” untuk mengurangi rasa sakit.

Sekian artikel terkait beberapa manfaat daun kelor buat kesehatan tubuh yang sangat bermanfaat. Semoga anda yang membutuhkan bisa mengambil manfaat dari artikel ini ya. Semoga lekas sembuh sehat selalu yaa..