Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. I am SEO Specialist and Digital Marketing Manager. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Pelajari 5 Hal Penting Dalam Penerapan Strategi Digital Marketing Masa Kini


penerapan strategi digital marketing masa kini

Hal penting didalam penerapan strategi digital marketing masa kini perlu Anda perhatikan sebaik mungkin, mengapa demikian ? Dikarenakan jika Anda keliru didalam menerapkan strategi digital marketing bisa menimbulkan hasil bisnis yang kurang memuaskan bahkan merugikan. Oleh sebab itu Anda harus mempelajari hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan didalam mengaplikasikan strategi digital marketing masa kini untuk mengoptimalkan bisnis Anda.


Nah ada artikel ini, Kang Yusuf akan berbagi mengenai 5 hal yang perlu Anda pelajari didalam penerapan strategi digital marketing masa kini. Tentunya sangatlah luas dan banyak wawasan terkait hal tersebut. Namun pada artikel ini hanya beberapa wawasan saja yang perlu Anda pelajari. Untuk lebih luas dan detailnya Anda bisa terus update dan membaca artikel yang ada pada blog Kang Yusuf.


Berikut 5 hal penting dalam penerapan strategi digital marketing


1.     Call to Action (CTA)


Call to Action merupakan beberapa kalimat ajakan yang bisa Anda jumpai baik di sebuah website maupun platform media social. Kalimat ini dipergunakan untuk mengajak kepada calon client atau pembeli untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dengan hal yang calon tersebut inginkan.

Adapun contoh kalimat ajakan atau Call to Action yaitu, “ Buruan Daftar Sekarang “ yang mana mengajak kepada si pembaca agar tertarik dan segera mendaftarkan dirinya. Tentunya hal ini sangatlah memberikan dampak positif bagi bisnis Anda, setidaknya Anda mendapatkan informasi data base dari calon client yang telah menghubungi yang mana sewaktu-waktu Anda bisa melakukan follow up jika ada informasi lainnya yng berkaitan dengan produk bisnis Anda.

2.       Bounce Rate



Bounce Rate atau rasio pentalan, hal ini bisa Anda lihat dan pantau menggunakan website, Google Ads dan Google Analytics. Bounce rate ini bisa kita simpulkan sebagai seberapa besar presentase orang yang berkunjung ke website Anda, baik itu secara sekilas, lanjut menelusuri halaman lainnkan bahkan langsung keluar dari website.




Presentase bounce rate yang bagus itu semakin kecil yaitu kisaran 20%-30%, sedang kisaran 40%-60%, cukup kisaran 70%-80% dan buruk 90%-100%. Pada umumnya sebuah website itu mendapatkan bounce rate kisaran 40%-60% untuk katagori berita, financial dan sejenisnya. Cukup banyak faktor-faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Maka bounce rate merupakan penting didalam penerapan strategi digital marketing masa kini yang perlu Anda perhatikan jika menggunakan platform website untuk bisnis Anda.

3.       Click Through Rate (CTR)


Click Through Rate atau total klik per tayangan atau jangkauan. Click through rate ini adalah sebuah indikator yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui seberapa persentase orang yang meng-klik iklan Anda (jika menggunakan Google Ads), meng-klik website Anda (menggunakan platform website by Google Webmaster Tool).

Sebuah gambaran yang mungkin bisa Anda pelajari, Anda menggunakan Google Ads sebagai strategi bisnis. Terdapat 100 jangkauan/tayangan orang yang melihat iklan bisnis Anda, dan yang meng-klik iklan tersebut berjumlah 10 orang. Berarti, CTR iklan Anda sebesar 10%.

Hal ini merupakan faktor penting didalam Anda melakukan optimasi bisnis, bisa terpantau apakah sesuai dengan target atau masih belum sesuai, ini bisa Anda cek melalui CTR tersebut. Semakin besar CTR berarti media promosi tersebut optimal yang mana bisa memberikan dampak positif dalam omzet perusahaan.

4.       Conversion Rate (Tingkat Konversi)


Conversion Rate (tingkat konversi) merupakan sebuah indikator yang cukup penting dalama penerapan  strategi digital marketing masa kini. Hampir tidak jauh berbeda dengan Click Through Rate (CTR). Pada Conversion rate ini sebagai indikator yang bisa Anda gunakan untuk menegetahui berapa konversi objektif yang sudah Anda targetkan atau tentukan.

Misalkan, Anda ingin objektif dari iklan pada Google Ads yaitu orang membeli 200 produk. Terdapat 1000 jangkauan orang yang melihat iklan tersebut dan 200 orang yang membeli produk Anda. Maka conversion rate iklan bisnis Anda sebesar 20%.

5.       Landing Page



Landing Page atau halaman arahan. Pada umumnya penggunaan media landing page ini diterapkan untuk Google Ads dan bisa juga untuk short link. Perlu Anda ketahui bahwa landing page merupakan halaman pertama yang orang lihat ketika dia berkunjung pada website Anda, baik melalui Google Ads maupun short link yang telah dibuat.

Biasanya landing page hanyalah halaman tunggal yang berisikan konten yang bersifat mengajak dan konversi yang diinginkan. Nah pada landing page Anda bisa mengoptimalkan CTA (call to action) untuk menarik calon pembeli sebanyak-banyaknya. Landing page adalah merupakan penting didalam penerapan strategi digital marketing masa kini untuk mendapatkan para pembeli baru dimana mereka benar-benar tertarik dengan layanan atau produk yang Anda perjualbelikan.




5 hal tesebut merupakan sebagian kecil yang perlu Anda pelajari didalam penerapan strategi digital marketing di era saat ini. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memahami dan faham strategi mana yang perlu diterapkan, disiapkan dan dilaksanakan untuk menumbuh kembangkan bisnis Anda.

Jangan sampai keliru dan salah didalam melakukan penerapan strategi digital marketingnya, karena bisa membuang waktu dan biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Jadi perhatikan baik-baik ya didalam melakukan strategi bisnis di era serba digital ini.

Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan buat Anda yang membutuhkan informasi seputaran hal penting didalam penerapan strategi digital marketing masa kini. Sukses dan jaya selalu yaaa.

Salam hangat … Kang Yusuf :-D

Kang Yusuf
Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. I am SEO Specialist and Digital Marketing Manager. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Comments