√ Penerapan SEO Dalam Dunia Digital Marketing Masa Kini - - Kang Yusuf -->
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Penerapan SEO Dalam Dunia Digital Marketing Masa Kini

Daftar Isi [Tampil]
    Penjelasan penerapan SEO dalam dunia digital marketing masa kini
    Penerapan SEO dalam dunia digital marketing masa kini

    Penerapan SEO dalam dunia digital marketing masa kini. Di era teknologi yang canggih dan serba instant ini, memudahkan kepada pelaku internet untuk mengakses informasi apapun yang diinginkan. Seperti mengakses media sosial, video di Youtube, berjualan di berbagai platform online yakni pada marketplace atau e commerce dan lain-lain. Perlu kawan kawan ketahui bahwa dengan berkembang begitu pesatnya kecanggihan teknologi ini, bisa kawan kawan gunakan sebagai media promosi atau strategi bisnis guna terus mengembangkan usaha kawan kawan.

    Sangatlah banyak cara serta tips yang bisa kawan kawan gunakan dalam hal mengoptimalkan bisnis. Saat ini digital marketing merupakan sebuah tindakan yang perlu kawan kawan perhatikan, karena ini sangat memberikan efek yang begitu efesien dan optimal untuk kemajuan bisnis yang sedang kawan kawan rintis. 


    Pada artikel kali ini, perkenankan saya untuk sharing mengenai Penjelasan penerapan SEO dalam dunia digital marketing masa kini. Setidaknya kawan kawan bisa mempelajari suatu ilmu baru didalam menumbuh kembangkan bisnisnya.

    Sebelumnya, kita pelajari terlebih dahulu mengenai SEO atau search engine optimization untuk penerapan didalam dunia digital marketing masa kini. Sehingga kawan kawan tidak keliru didalam mentafsirkan kegunaan dan definisi dari SEO tersebut.

    Penjelasan Mengenai Definisi SEO atau Search Engine Optimization

    Penjelasan definisi SEO
    Penjelasan definisi SEO

    Search Engine Optimization, biasa disingkat dengan SEO, merupakan istilah yang cukup populer di dunia digital marketing. Pertanyaan seperti “Apa itu SEO?” bisa jadi terlintas dibenak para pemula. Dan pertanyaan tersebut memang perlu diketahui dahulu jawabannya. Apalagi jika kawan kawan sangat tertarik untuk mempelajarinya untuk digital marketing masa kini.
    Cukup banyak definisi SEO yang bisa kawan kawan temukan di internet. Kawan kawan bisa melihat penjelasan panjang optimasi mesin pencari menurut wikipedia. Namun menurut kami, pengertian definisi SEO yang paling tepat adalah sebuah usaha yang dilakukan dengan memanfaatkan mesin pencari untuk mendatangkan pengunjung ke website kawan kawan secara natural. Cara memanfaatkan mesin pencari yang dimaksud adalah  melakukan serangkaian proses agar website kawan kawan memiliki peringkat yang baik pada hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang kawan kawan targetkan sebelumnya untuk target bisnis. 

    Tujuan dari melakukan SEO itu sendiri yaitu menempatkan website kawan kawan di peringkat teratas atau setidaknya di halaman pertama mesin pencari. a Perlu diketahui bahwa di negarIndonesia, SEO juga dikenal dengan istilah optimasi mesin pencari. Google, mesin pencari dengan pengguna terbanyak, juga mendefinisikan SEO sebagai Search Engine Optimizer. Dalam konteks pengertian tersebut SEO dianggap sebagai subyek atau orang yang melakukan optimasi mesin pencari. Namun pada dasarnya kedua istilah tersebut sama saja.


    Teknik SEO dapat dikatakan berhasil jika website kawan kawan memiliki peringkat yang baik pada Search Engine Result Page (SERP) untuk hasil pencarian organik. Seperti yang awalnya berada dihalaman 3 Google setelah melakukan teknik SEO menjadi Top 10 Google untuk kata kunci “SEO digital marketing”. 

    Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, mesin pencari seperti Google tidak hanya menampilkan hasil organik atau SEO saja, tetapi juga iklan berbayar AdWords. Hal tersebut seringkali membingungkan pemula. Untuk bisa membedakannya silahkan lihat gambar contoh SEO berikut.

    Contoh penjelasan hasil pencarian Keyword di Google
    Contoh penjelasan hasil pencarian Keyword di Google
    Penjesalan gambar diatas mengenai penjelasan penerapan SEO dalam dunia digital marketing masa kini, 

    Yang saya beri bingkai merah  adalah kata kunci yang ingin kawan kawan cari di Google. Nah adapun kotak yang berbingkai warna hijau itu merupakan hasil iklan berbayar atau dikenal Adsword. Hasil dari teknik SEO itu sendiri saya berikan tanda dengan bingkai berwarna hitam ke abu-abuan.

    Bisa dilihat pada gambar tersebut , bila kawan kawan mengetikan sebuah kata kunci pencarian maka Google akan menampilkan daftar website yang dianggap relevan. Halaman ini lah yang disebut dengan SERP. Ada 2 jenis hasil pencarian, pertama adalah hasil pencarian organik dan kedua adalah iklan berbayar atau adsword. Website yang muncul karena SEO pada gambar ditandai dengan bingkai berwarna hitam keabu abuan. Sedangkan bingkai berwarna hijau menunjukkan iklan AdWords.

    Ketahui Istilah Umum Yang Ada Pada Teknik SEO

    Penerapan SEO dalam dunia digital marketing masa kini
    Penerapan SEO dalam dunia digital marketing masa kini
    Selain mengetahui apa itu metode SEO. Kawan kawn juga perlu mengenal istilah-istilah umum yang ada di dalamnya. Sehingga kawan kawan tidak keliru didalam penjelasan penerapan SEO dalam dunia digital marketing masa kini. Berikut ini adalah istilah yang sering muncul tersebut:
    • Keyword Research, merupakan proses untuk menemukan kata kunci yang potensial. Biasanya kata kunci yang ingin didapatkan oleh praktisi SEO adalah yang memiliki volume pencarian tinggi. Salah satu tools penting yang biasanya digunakan untuk keyword research adalah Google AdWords Keyword Planner atau Ubersuggest.
    • On Page Optimization, adalah optimasi yang dilakukan pada halaman website Anda. On page optimization berkaitan dengan judul halaman website, heading, optimasi gambar pada website, struktur URL website, meta description, dan faktor lain yang berasal dari website kita.
    • Off Page Optimization, merupakan optimasi yang dilakukan di luar halaman website kita. Dapat dikatakan, ini sebagai faktor eksternal SEO karena sebenarnya kita tidak memiliki kontrol penuh untuk melakukan off page optimization. Optimasi ini berkaitan dengan backlink dan juga social media sharing.
    • White Hat SEO, yaitu menerapkan teknik SEO dengan cara yang sesuai dengan etika dan legal. Mesin pencari selalu menyukai penerapan white hat SEO. Kebanyakan website yang menerapkannya akan memiliki peringkat yang stabil.
    • Black Hat SEO, merupakan kebalikan dari white Hat. Black hat menggunakan cara-cara “curang” untuk meningkatkan ranking dalam waktu  yang relatif cepat. Namun biasanya tidak akan bertahan lama apalagi jika terjadi update algoritma penentuan ranking.

    Baca Juga Artikel : Belajar Dasar Digital Marketing Masa  Kini

    Selain 5 istilah tersebut tentu masih banyak istilah SEO lainnya. Kawan kawan bisa mencarinya dari buku atau internet jika ingin mengetahuinya lebih banyak lagi lebih bagus lagi menonton video sambil langsung praktis. Tidak sekedar membaca sampai habis namun tiada dipraktikan sama sekali. Maka jelas tidak akan menghasilka apa-apa atau ilmu SEO sekedar ilmu teori tanpa dipraktikan. 

    Pandangan Yang Keliru Mengenai Ilmu Teknik SEO

    Pada praktiknya sering terjadi salah persepsi tentang SEO, umumnya memang terjadi pada pemula. Agar tidak mendapatkan persepsi yang salah, maka kawan kawan perlu mengetahui bahwa:
    • SEO bukanlah tentang membeli keyword atau kata kunci.
    • SEO bukan proses meminta kepada Google untuk menempatkan website kawan kawan di peringkat tertentu.
    • SEO adalah sebuah proses yang tidak sebentar dan perlu dilakukan secara terus-menerus.
    • SEO bukanlah sebuah hasil yang instant, namun butuh waktu dan proses didalam menunggu hasilnya. 

    Sekian dulu artikel dari saya mengenai penjelasan penerapan SEO dalam dunia digital marketing masa kini. Semoga bisa memberikan kemanfaataan dan berguna buat kawan kawan yang sedang ingin mempelajari dan belajar terkait penerapan metode SEO pada digital marketing untuk bisnisnya.

    Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa kembali yaa ;-D

    Referensi artikel  : http://blog.idkeyword.com/apa-itu-seo-dalam-dunia-digital-marketing/

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Hai

    Klik Kontak Whatsapp Di Bawah Ini Untuk Mulai Mengobrol

    Pemilik Kang Yusuf
    +62 823-7775-4543
    Call us to +62 823-7775-4543 from 0:00hs a 24:00hs
    Hai, ada yang bisa saya bantu?
    ×
    Tanya Kami