√ Cara Ampuh Meningkatkan RPM Adsense Blog dan Website - Kang Yusuf
Kang Yusuf
Kang Yusuf Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D

Cara Ampuh Meningkatkan RPM Adsense Blog dan Website

Daftar Isi [Tampil]

    Meningkatkan RPM Adsense Blog

    Bagaimana cara yang mudah dan ampuh untuk meningkatkan RPM Adsense pada blog dan website ?. Mari kita kenali terlebih dahulu apa itu RPM Adsense pada blog dan website. Pada artikel kali ini saya akan memberikan wawasan kepada kawan kawan blogger yang ingin mencari tahu bagaimana meningkatkan RPM Adsense pada blog dan website beserta singkatan dari RPM Adsense itu sendiri. Silahkan kawan kawan simak dan baca artikel dibawah ini dengan baik dan seksama yaaa. 

     

    Apa itu (RPM) atau Pendapatan Per Seribu Tayangan


    Pendapatan per 1.000 tayangan (RPM) ini menunjukkan penghasilan tertaksir yang akan Anda dapatkan untuk setiap 1.000 tayangan yang Anda terima. RPM tidak menunjukkan penghasilan Anda sebenarnya; namun, jumlah itu dihitung dengan membagi penghasilan tertaksir dengan jumlah tampilan laman, atau kueri yang Anda terima, kemudian dikalikan 1.000.

    Definisi RPM Adsense adalah


    Defisini RPM Adsense merupakan nilai yang umum digunakan dalam program periklanan, RPM ini berguna untuk membandingkan penghasilan jika menggunakan beberapa channel yang berbeda. Nilai tersebut didapat dari hasil pembagian Penghasilan Tertaksir dengan jumlah Tampilan Laman, dikali 1000.


    Adapun Hitungan Rumusnya :


    RPM = (Penghasilan tertaksir/Jumlah tampilan laman) * 1.000

    Misalnya:
    • Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $0,15 dari 25 tampilan laman, RPM laman Anda sama dengan ($0,15/25) * 1.000 atau $6,00.
    • Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $180 dari 45.000 tayangan iklan, RPM iklan Anda sama dengan ($180/45.000) * 1.000 atau $4,00.

    RPM Adsense merupakan nilai yang umum digunakan dalam program periklanan, dan ini mungkin berguna bagi Anda untuk membandingkan pendapatan di berbagai saluran yang berbeda.

    Pertanyaan diatas saya ambil dari sumber terpercaya, berikut ini adalah link yang bisa kawan kawan pelajari https://support.google.com/adsense/answer/190515?hl=id

    Itulah pengertian dan penjelasan mengenai RPM Adsense yang perlu kawan kawan ketahui dan pelajari. Selanjutnya saya akan memberikan penjelasan untuk judul artikel kali yaitu bagaimana cara yang mudah untuk meningkatkan RPM Adsense pada blog dan website. Intinya agar penghasilan kawan kawan itu bertambah dengan optimal tanpa melakukan pelanggaran yang bisa menyebabkan terkena sanksi dari Google.

     

    Penjelasan Detail RPM Adsense


    RPM (Revenue Per Thousand Impression) adalah penghasilan tertaksir rata-rata yang akan kamu dapatkan dari setiap 1000 kali halaman yang tayang. Jadi RPM Laman hanya penghasilan tertaksir perseribu kali tayang, bukan menunjukkan berapa penghasilan yang akan kamu dapatkan sebenarnya.

    RPM merupakan nilai yang umum digunakan dalam program periklanan, RPM ini berguna untuk membandingkan penghasilan jika menggunakan beberapa channel yang berbeda.

    Nilai tersebut didapat dari hasil pembagian Penghasilan Tertaksir dengan jumlah Tampilan Laman, dikali 1000.
    RPM = (Penghasilan Tertaksir/jumlah Tampilan Laman) x 1.000


    Beberapa Istilah dalam Adsense


    Terdapat beberapa istilah dalam Adsense. Adsense masih menjadi salah satu primadona untuk menghasilkan uang melalui blog. Dengan Adsense, banyak blogger sukses yang mendapatkan ratusan hingga ribuan dollar per bulannya..

    Bagi blogger pemula atau yang baru saja diterima menjadi publisher Adsense, biasanya masih bingung saat melihat halaman Dashboard Google Adsense karena banyak istilah-istilah Adsense yang digunakan, misalnya :

    •     Penghasilan Tertaksir (Estimated Earnings );
    •     Tampilan Laman(Page Views);
    •     Tayangan (Impressions);
    •     Klik (Clicks);
    •     RKT Laman (Page CTR);
    •     BPK (CPC);
    •     RPM Laman (Page RPM);
    •     Saldo (Balance);
    •     .. dan lainnya.
    •  
    Tentunya kawan kawan tidak mau kan jikalau akun Adsensenya kena banned. Oleh karena itu mari kawan kawan simak dan baca artikel dibawah ini dengan teliti.

    Penjelasan Google Adsense Sebagai Media Iklan


    Google Adsense merupakan salah satu cara jitu atau program dari Google yang bisa mendapatkan penghasilan dari blog atau website. Sehingga kawan kawan tidak heran cukup banyak orang yang berbondong bondong untuk mendaftar di google adsense. Namun apakah benar semudah itu? Sebagai seorang pemula pasti akan sangat sulit karena sebenarnya tidak segampang yang dipikirkan, sebab perlu adanya ketekunan dan semangat untuk senantiasa menulis meskipun penyakit malas yang terus menghantui.


    Meningkatkan Penghasilan Adsense
    Meningkatkan RPM Adsense Blog dan Website - masminto

    Perlu kawan kawan ketahui didalam membangun sebuah blog atau website itu membutuhkan ketekukan serta komitmen untuk terus berusaha dan berjuang agar bisnis tersebut bisa jalan seara berkelanjutan bahkan bisa terus berkembang. Maka jika kawan kawan sudah berhasil membangun sebuah website milik sendiri, hal ini merupakan tindakan awal yang sangat hebat dan berani loh.

    Tinggal selanjutnya yang perlu kawan kawan pikirkan ialah disaat blog atau website yang kawan kawan miliki tersebut belum kunjung menghasilkan penghasilan dan peningkatan sesuai yang kawan kawan harapkan, padahal kawan kawan sudah sangat rajin updatedan membuat article.

    Hal ini dapat menimbulkan perasaan kawan kawan menjadi bosan dan jenuh terutama ketika penghasilan tidak kunjung naik, traffic blog atau website menurun padahal kawan kawan sudah melakukan optimasi kesana dan kesini namun hasilnya teteap saja kurang optimal bahkan cenderung menurun.



    Ketahuilah  beberapa situasi yang bisa saja membuat CPM atau RPM Adsense cenderung turun. Apa itu CPM atau RPM ? Untuk pengertiannya sendiri RPM adalah singkatan dari revenue permille yang inti sebenarnya ialah merujuk pada seberapa banyak yang dibayarkan kepada penayang atau publisher.

    Karena tidak stabilnya RPM Adsense pada blog dan website, maka hal ini menimbulkan perasaan yang merasa bingung tentang bagaimana caranya meningkatkan penghasilan online melalui Google Adsense atau mengoptimasi RPM Adsense blog dan website ? Nah disini ada beberapa saran bagus yang bisa kawan kawan pelajari dan ikuti secara mudah dan simple.

    Cara Ampuh Meningkatkan RPM Adsense Blog dan Website

     

    1. Tentukan Lokasi Penempatan Iklan, Atur Ukuran Unit Iklan Lalu Modifikasi

    Meningkatkan RPM Adsense Pada Google Adsense

    Proggram iklan pada Google adalah salah satu faktor yang bisa membantu kawan kawan untuk mendapatkan penghasilan dari Google Adsense. Sarannya didalam menempatkan lah posisi iklan di tempat yang strategis. Adapun posisi yang baik untuk menempatkan iklan adalah di atas postingan article, di tengah article dan pada bagian akhir article. Nah, selain daripada saran itu kawan kawan perlu melakukan pengamatan secara saksama dan menyeluruh dari setiap iklan klik yang sudah kawan kawan dapatkan dari blog dan website.



    Cara mengamatinya hal tersebut kawan kawan bisa langsung lihat rincian laporan yang sudah disediakan pada akun Adsense yang telah dikelola. Dengan mengetahui posisi iklan yang cocok dan bagus, sehingga akan menambah performa traffic pada blog. Dari segi ukuran juga perlu diperhatikan ukuran yang paling tinggi untuk meningkatkan RPM dan CTR.

    Misalnya satu atau dua link Ads dengan format responsive bisa mendongkrak nilai CTR. Selain itu modifikasi gaya tampilan iklan yang sesuai dengan template blog juga bisa mendatangkan pengunjung sehingga akan tampak menyatu dan optimal yaitu memberikan hasil yang bagus dan penghasilan kawan kawan bertambah.

     

    2. Buatlah Konten Yang Unik dan Bersifat Organik (Alami, Beda dan Bermanfaat)

    Content is the King atau konten adalah raja dan ratu dalam formula dunia per bloggan. Semakin unik article yang di buat dan original maka semakin besar pula peluang blog dan websie kawan kawan untuk mendapatkan peringkat pertama dalam pencarian google. Perlu diketahui Google sangat menyukai dan mengapresiasi terhadap konten yang unik dan bermanfaat sehingga bisa bersaing dihalaman pertama search engine Google bahkan memberikan traffic ke blog yang terus meningkat.




    Hal lainnya yang perlu kawan kawan perhatikan yaitu berilah kejelasan dan perhatikan jumlah kata yang diposting dalam sebuah article ini juga mempengaruhi popularitas sebuah blog dan website. Maka alangkah baiknnya  didalam memposting article tidak menggunakan jumlah kata yang terlalu pendek.

    Yaa sekiranya kurang lebih gunakan jumlah kata sebanyak minimal 500 kata atau kalau bisa lebih banyak itu lebih bagus dan baik buat perkembangan blog dan website kawan kawan. Sehingga  article yang sudah berhasil kawan kawan buat akan terlihat lebih optimal dan akan memiliki nilai yang positif dan trends di mata search engine Google.

     

    3. Lakukan Analisis Data Secara Berkala Dari Tools Performance Report

    Nah hal ini perlu kawan kawan lakukan selanjutnya untuk memeriksa performa adsense dan metrik meliputi page views, jumlah klik iklan, page RPM. Karena pada umumnya apabila Pageview nya bertambah maka secara otomatis jumlah klik pada blog  dan website tentunya akan bertambah. Apabila tidak demikian maka ada yang keliru didalam penempatan iklan pada blog kawan kawan.  Bisa jadi ada iklan yang belum muncul dan terimplementasi dengan baik dan optimal. 



    Namun apabila Pageview terus bertambah namun klik cenderung turun maka mungkin juga ada yang kurang sesuai didalam konten artikel yang kawan kawan buat. Kebanyakan dari visitor sebagai market blogger biasanya jarang dalam mengeklik iklan advertiser ini.

     

    4. Manfaatkan Fungsi Tool Ad Balance Pada Dashbord Adsense

    Penjelasan Ad balance merupakan salah satu fitur yang bisa bantu kawan kawan dalam mengurangi jumlah iklan yang akan tayang pada blog dan website. Adapun caranya cukup dengan menggeser slider di bagian bawah sesuai dengan keinginan. Saat sedang menurunkan slide “ad fill rate” pihak Google akan memberikan estimasi berapa persen revenue yang akan kawan kawan dapatkan dan seberapa besar pengaruhnya apabila berkurangnya iklan tersebut. 

    Ad balance ini memiliki fungsi untuk lebih fokus pada tayangan iklan yang paling menghasilkan saja, jadi iklan yang klik CPC nya kecil tidak akan muncul di blog dan website tersebut. Hal ini akan sangat memberikan hasil yang lebih efesien buat blog dan website kawan kawan.



    Uraian diatas merupakan langkah -langkah yang perlu kawan pelajari sebagai cara meningkatkan performa RPM Adsense blog dan website secara cepat dan mudah. Kawan kawan bisa langsung coba dan lakukan sesuai dengan hal -hal yang sudah dijelaskan tersebut. Akan ada manfaat dan hasil yang baik jika kawan kawan melakukannya sesuai dengan tahapannya.

    Semoga dengan adanya article ini dapat membantu dalam meningkatkan RPM blog kesayangan kawan kawan, agar sesuai dengan impian serta memiliki blog dengan kualitas penghasil pundi-pundi rupiah yang meningkat di setiap bulannya.

    Semoga bisa memberikan kemanfaat dan kesuksesan buat kawan kawan terlebih lagi sebagai referensi dari Mas Timon :-D

    Referensi : https://www.mastimon.com/

    Kang Yusuf
    Kang Yusuf  Hi, You can call me Kang Yusuf. Learning by Doing and Just 4 Fun :-D
    Note: Only a member of this blog may post a comment.
    Baca Juga